Tips Memilih Baju Yoga yang Nyaman dan Tepat

Posted by Husnul Cantik Menawan on

Tahukah kamu? Tidak menggunakan perlengkapan olahraga atau baju yoga yang tepat bisa meningkatkan resiko cedera. Tapi, malas olahraga karena takut cedera, justru bisa meningkatkan risiko kematian dini. Jadi, tinggal #dirumahaja selama pandemi tidak seharusnya membuat kamu malas-malasan dan men-skip olahraga. Sebaliknya, meski WFH (work from home) atau SFH (study from home), kita justru dituntut lebih banyak bergerak. Misalnya, dengan menerapkan pilihan olahraga terbaik saat #dirumahaja agar tubuh tetap sehat dan fit. Entah itu dengan melakukan yoga, aerobik, senam, ataupun melakukan aktivitas lain yang dapat memaksa tubuh untuk terus bergerak.

Malas bergerak tidak hanya bisa membuat tubuh dan persendian jadi kaku. Lebih dari itu, berdasarkan hasil peneliti yang dipimpin oleh Dr Trine Moholdt, yang dipresentasikan pada kongres European Society of Cardiology (ECS) tahun 2019 lalu membuktikan bahwa, tidak aktif secara fisik dapat meningkatkan risiko kematian dini hingga 2-3 kali lebih tinggi dibandingkan dengan orang-orang yang aktif bergerak atau rajin berolahraga. Secara spesifik, disebutkan bahwa kematian dini akibat minim aktivitas dapat dipicu oleh penyakit kardiovaskular.

Lebih lanjut, Dr Trine Moholdt menjelaskan bahwa, sekecil apapun gerakan yang kita lakukan bisa memberikan dampak yang positif untuk kesehatan. Ia juga mengatakan, orang yang sebelumnya tidak aktif secara fisik, tetap akan mendapatkan manfaat apabila di kemudian hari aktif bergerak atau berolahraga.

Karena, olahraga berguna untuk mempertahankan dan membantu agar fungsi organ tubuh maupun fungsi kognitif tetap bekerja dengan baik.
Apapun jenis olahraga yang kamu pilih, semuanya pasti bisa memberikan dampak yang positif.

Khusus saat di rumah. Yoga, adalah pilihan olahraga yang cocok. Yoga bisa dipilih sebagai olahraga untuk menjaga kesehatan selama #dirumahaja karena beberapa alasan berikut ini.

  • Bisa dipraktikkan di ruangan sempit
  • Tidak menimbulkan suara yang berisik/gaduh, serta
  • Tidak membutuhkan terlalu banyak peralatan

Berbekal baju yoga, yoga mat, handuk, dan sejumlah alat bantu, kita bisa melakukan olahraga ini di ruang tamu, di teras, bahkan di dalam kamar sekalipun. Agar setiap gerakan yoga dapat dilakukan dengan sempurna, tentu akan lebih bijak apabila kita memilih menggunakan pakaian yang tepat dan yang dirancang secara khusus untuk yoga. Bagi kamu yang tertarik untuk beli pakaian yoga, berikut tips-nya agar dapat yang terbaik.

Tips Memilih Baju Yoga

Kamu mungkin berpikir bahwa, memilih baju yoga itu mudah. Dengan mengenakan pakaian yang tidak membatasi gerakan, itu saja sudah cukup.

Tapi, tunggu dulu! meski memilih pakaian yang tidak menghambat gerakan adalah ide yang tepat. Akan tetapi, beberapa jenis pakaian mungkin, tidak begitu nyaman ketika ketika digunakan untuk melakukan berbagai yoga poses.

Baju Yoga

Beberapa diantaranya, tidak menyerap keringat sehingga membuat ruangan jadi licin dan berbahaya. Dan, beberapa baju yoga yang lain bisa saja berkualitas rendah sehingga mudah robek atau terlalu transparan. Karena itulah, kami sengaja menulis tips memilih baju yoga ini agar kamu bisa memilih yang terbaik. Mari kita mulai.

1. Jangan lupa beli bra olahraga

Item pertama yang wajib dimiliki oleh setiap Yogi wanita adalah sport bra. Namun tidak seperti running bra (bra untuk berlari) yang ketat, memilih bra untuk yoga bisa yang agak longgar namun tetap harus dapat menyangga payudara dengan baik, nyaman saat dikenakan, dan harus bisa menjaga agar payudara tidak mengganggu gerakan.

Bra YogaHindari memilih bra yang dilengkapi dengan pengait di bagian punggung. Sebaliknya, pilihlah yang langsung menggunakan jahitan karena, akan membuat kamu tetap merasa nyaman ketika berbaring di atas matras. Hindari juga memilih bra yoga yang terlalu dekoratif. Sebaliknya, pilihlah yang bentuknya sederhana.

2. Tips memilih celana atau legging Yoga

Kamu bisa memilih antara, menggunakan legging atau celana yoga yang longgar. Semua itu tergantung dari pilihan pribadimu. Jika dahulu celana longgar lebih banyak digunakan. kini, legging lebih banyak dipilih karena dianggap lebih praktis dan modis.

Legging sendiri, mulai banyak digunakan oleh Yogi sekitar satu dasawarsa belakangan ini. Sekarang, legging yoga semakin mudah dijumpai, dan harganya pun relatif terjangkau.

Dalam memilih legging yoga, hindari yang transparan. Legging yang tampangnya tidak transparan, juga bisa berubah jadi transparan ketika kamu melakukan gerakan Downward Dog Pose atau Downward-facing Dog Pose. Karena itu, pastikan legging yang kamu pilih tidak tembus pandang ketika meregang.

Downward dog poseJika sudah menemukan legging yang tidak transparan. Selanjutnya, kamu juga harus memperhatikan bagian lain yang tidak kalah penting. Yaitu, legging yang bagus tidak boleh mudah merosot ketika kamu mempraktikkan berbagai pose yoga.

Salah satu ciri legging yoga yang bagus adalah yang memiliki pinggang (cukup) tinggi serta menawarkan dukungan yang bagus. Legging juga ada yang dilengkapi dengan motif. Memilih yang bermotif, bisa membantu mengurangi tingkat transparansi legging ketika meregang.

4. Memilih baju yoga yang tepat

Kamu bisa memilih model dan bentuk atasan sesukamu saat mempraktikkan yoga di dalam kamar. Tapi ceritanya akan sedikit berbeda jika kamu berolahraga di ruang keluarga atau di teras.

Pakaian YogaJika ingin melakukan gerakan yoga di ruang terbuka terbuka. Kamu jelas membutuhkan pakaian yang berbeda. Yaitu, baju olahraga yang tidak melorot ke atas kepala saat kamu jungkir balik, dan bisa menutupi seluruh bagian tubuhmu dengan baik saat kamu melakukan peregangan.

5. Kaos kaki Yoga

Beberapa orang, ada yang suka mengenakan kaos kaki saat latihan. Memilih kaos kaki untuk yoga tidak boleh sembarangan karena bisa meningkatkan risiko cedera.

Agar, kaki tetap bisa menapak dengan baik dan tidak tergelincir di atas matras. Maka, memilih kaus kaki yang dirancang secara khusus untuk yoga adalah pilihan tepat.

Kaos kaki yoga umumnya dilengkapi dengan tapak karet yang akan membantu memperkuat cengkraman kaki pada permukaan lantai atau matras sehingga tidak mudah tergelincir.

Sebaliknya, bagi kamu yang tidak terlalu suka memakai kaos kaki saat Yoga. Sebaiknya memilih matras anti slip. Atau, kamu juga bisa menghamparkan handuk yoga di atas matras agar matras tidak menjadi licin saat kamu berkeringat.

Kesimpulan Memilih Baju Yoga yang Tepat

Memilih pakaian yoga yang terbuat dari campuran polyester, nilon, dan spandex, merupakan pilihan terbaik. Karena, kain seperti ini menawarkan keseimbangan yang tepat antara kenyamanan, fleksibilitas, dan menawarkan ruang bernapas untuk kulit. Selain memilih bahan yang tepat, kaos kaki, baju, dan legging yoga yang kamu gunakan juga harus terasa nyaman, tidak mudah melorot, bisa menyerap keringat dengan baik, tidak transparan, dan harus bisa menutupi bagian-bagian tubuhmu dengan baik.


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.