Tips Memilih Sepatu Senam Aerobic Wanita

Posted by Husnul Cantik Menawan on

Telah kami sebutkan pada artikel sebelumnya bahwa, travelling bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Terutama untuk merilis stres dan membantu agar pikiran dan tubuh lebih rileks.

Selain dengan pergi berwisata (travelling), menjaga kesehatan untuk mempertahankan imun tubuh agar tetap kuat juga bisa peroleh melalui olahraga.

Senam adalah salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan di mana saja. Baik itu di lapangan, halaman atau teras rumah, hingga di dalam rumah sekalipun.

Agar leluasa melakukan setiap gerakan senam, sebaiknya gunakanlah pakaian dan sepatu senam. Tidak hanya bisa membantu kita bergerak lebih bebas, berikut adalah manfaat memakai perlengkapan olahraga dan sejumlah manfaat senam.

Sepatu Senam Aerobic untuk Wanita

Seperti yang telah dijelaskan di atas, senam aerobik bisa dilakukan di dalam rumah ataupun di luar ruangan. Olahraga di dalam maupun luar ruangan tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Aerobic outdoor

Dirimu sendirilah yang akan menentukan, apakah akan memilih berolahraga di dalam atau luar ruangan? Semuanya tergantung pada tingkat kenyamanan yang kamu rasakan.

Tapi yang jelas, memilih berolahraga di luar ruangan akan memberikan efek yang lebih baik dibandingkan dengan olahraga di dalam ruangan.

Diantara manfaat berolahraga di luar ruangan adalah,

  • Udara di luar ruangan jauh lebih sehat karena sirkulasi udara lebih lancar
  • Pemandangan alam yang indah bisa memberikan perasaan bahagia dan meningkatkan mood
  • Kita bisa memaksimalkan manfaat sinar matahari yang terkenal sangat baik untuk kesehatan dan bisa memberikan perasaan bahagia

Hanya saja, berolahraga di luar ruangan, kerap menuntut kita untuk menggunakan pelindung seperti karpet (mat) serta sepatu. Pasalnya, banyak permukaan di luar ruangan yang berbatu, terbuat dari beton, dan juga tidak rata.

Memilih menggunakan sepatu senam aerobik wanita saat latihan kebugaran sangat disarankan untuk meminimalisir cedera. Bagaimana cara memilih sepatu olahraga yang tepat?

  • Ukurannya harus pas. Aerobik adalah olahraga yang banyak melibatkan gerakan kaki yang cepat. Sepasang sepatu yang tidak pas (kekecilan atau kebesaran) akan membuat latihan menjadi kurang nyaman. Lebih dari itu, sepatu yang tidak nyaman justru bisa menimbulkan cedera selama latihan
  • Hindari sepatu yang longgar dan licin. Karena sepatu seperti ini tidak cocok untuk aktivitas aerobik
  • Pilihlah sepatu yang bisa menyerap goncangan
    Model sepatu aerobic wanita terbaru
  • Pilihlah sepatu yang dibuat oleh perusahaan terkemuka. Karena sepatu yang diproduksi produsen sport apparel sudah melalui proses uji
  • Jangan menggunakan sepatu lari. Karena sepatu lari didesain berbeda dengan sepatu aerobik. Kecuali kalau kamu memang memilih lari sebagai bagian dari senam aerobic yang kamu lakukan

Manfaat Senam Aerobic

Pada dasarnya, aerobik adalah olahraga atau aktivitas apapun yang bisa membuat darah di tubuh kita terpompa dan membuat otot besar bekerja.

Manfaat Senam AerobicKarena itulah, seorang pakar olahraga dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang, Dr. Umar, MS., AIFO menyebutkan bahwa, “aerobik juga sering dikenal dengan sebutan aktivitas kardiovaskular. Karena sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kardiovaskular.”

Berikut adalah beberapa contoh latihan aerobik,

  • Jalan cepat
  • Berenang
  • Berlari
  • Bersepeda
  • Bermain bola
  • Senam irama

Dari sekian banyak jenis latihan aerobik, senam irama adalah salah satu yang paling disukai. Selain karena menyenangkan, juga bisa dipraktikkan di ruangan sempit. Bahkan sering juga dipraktikkan beramai-ramai di lapangan kecil.

Selain untuk meningkatkan kesehatan jantung, berikut adalah beberapa manfaat senam aerobik yang perlu kamu tahu.

1. Menjaga berat badan ideal

Kalau kamu punya berat badan ideal dan ingin mempertahankannya. Selain dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi, kamu juga perlu melakukan olahraga. Salah satu pilihan olahraga untuk menjaga berat badan ideal adalah senam aerobik.

2. Mengurangi stres dan meningkatkan mood

Covid-19 yang terus-menerus menciptakan rekor kematian di Indonesia tentu membuat banyak orang merasa stres. Apalagi, kondisi ini memaksa sebagian besar orang untuk membatasi aktivitas mereka di luar ruangan.

Tak pelak, pembatasan aktivitas tersebut membuat sebagian besar masyarakat kesulitan untuk mencari uang yang akan mereka gunakan menopang ekonomi keluarga, kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain, kesulitan untuk pergi rekreasi atau berlibur, dan masih banyak kesulitan-kesulitan lain yang tentu saja berpotensi mendatangkan stres.

Untungnya, olahraga bisa dimanfaatkan untuk merilis stres. Berdasarkan penelitian, berolahraga bisa membantu melepaskan hormon endorfin yang akan membuat kita merasa bahagia.

3. Meningkatkan stamina

Stamina yang kuat sangat kita butuhkan agar bisa bekerja secara kontinyu tanpa mudah merasa lelah. Untuk membangun stamina yang kuat, kita harus berlatih. Dan salah satu caranya bisa dengan melakukan senam aerobik.

Rutin melakukan senam aerobik akan membuat stamina meningkat secara perlahan. Peningkatan stamina ini tidak lepas dari berbagai gerakan yang dilakukan selama senam, yang berdampak pada kekuatan otot, tulang, paru-paru, dan jantung.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Metabolisme tubuh yang cepat akan membantu mengoptimalkan proses pembakaran kalori. Jadi, jika ingin mempertahankan berat badan atau jika ingin menurunkan berat badan, maka kita harus menaikkan tingkat metabolisme tuubh kita.

Meski banyak dipengaruhi oleh genetik dan jenis kelamin serta usia, metabolisme tubuh juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal.

Seperti misalnya, rutin sarapan dengan makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks serta protein, istirahat cukup, banyak minum air putih, dan melakukan olahraga yang gerakannya continue seperti senam aerobik.

5. Mengurangi resiko penyakit jantung dan beberapa penyakit kronis

Tidak ada yang memungkiri bahwa olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan. Bahkan, resiko terkena beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, osteoporosis, stroke, obesitas, hingga diabetes tipe 2, juga dapat diminimalisir dengan rutin melakukan senam aerobik.

Kesimpulan

Jumlah pengidap stres terus meningkat dari waktu ke waktu karena lapangan pekerjaan yang semakin minim, kondisi ekonomi yang terus memburuk, serta pandemi Covid-19 yang membatasi gerak dan interaksi kita.

Stres sendiri dianggap sangat berbahaya karena bisa meningkatkan resiko berbagai macam penyakit kronis seperti, penyakit jantung, diabetes tipe2, penyakit stroke, kanker, obesitas, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk mengurangi stres, selain dengan pergi berlibur atau melakukan aktivitas di luar ruangan, juga bisa dikurangi dengan melakukan olahraga. Senam aerobik adalah salah satu jenis olahraga yang menyenangkan dan bisa dilakukan di ruangan sempit serta dengan peralatan yang terbatas.

Hanya dengan bermodalkan baju olahraga dan sepatu senam, kita sudah bisa melakukan senam aerobik. Entah itu, di teras rumah atau di halaman belakang maupun depan rumah yang sempit sekalipun. Baik sendiri, maupun beramai-ramai dengan anggota keluarga yang lain.


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.