Masker Rambut Alami Terbaik untuk Mengatasi Rambut Kering

Posted by Husnul Cantik Menawan on

Tampil cantik menawan dengan model dan warna rambut kekinian yang lagi trending pasti membuat kita merasa bangga dan lebih percaya diri. Tapi sayangnya, semir/pewarna dapat mengakibatkan rambut jadi rapuh, kusam, dan kering. Untungnya, ada banyak bahan alami di sekitar kita yang bisa dibuat menjadi masker rambut. Apa saja pilihan masker rambut alami terbaik yang bisa digunakan untuk perawatan rambut sekaligus untuk mengatasi rambut kering? Temukan jawabannya di bawah ini. 

 

Penyebab Rambut Kering

Perawatan Rambut Kering

Disebutkan di atas bahwa, mewarnai rambut adalah salah satu penyebab rambut kering. Selain karena diwarnai, rambut juga bisa kering karena beberapa faktor lain, seperti:

  • Kulit kepala tidak bisa menghasilkan minyak yang cukup untuk melembabkan rambut. Kulit kepala yang kering tidak hanya menyebabkan rambut menjadi kering, tapi juga bisa mengelupas dan menyebabkan ketombe.
  • Perubahan hormon, seperti saat menopause, adalah penyebab lain rambut kehilangan kelembabannya.
  • Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan rambut dalam menghasilkan minyak juga akan terus menurun. Semakin tua usia seseorang, maka rambutnya pun akan semakin kering.
  • Penyebab selanjutnya adalah faktor lingkungan. Cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin serta iklim yang kering dapat mengakibatkan rambut jadi kering. Paparan sinar matahari, angin, hingga air yang mengandung klor atau air asin seperti air laut juga bisa menjadi penyebab rambut kehilangan kelembabannya.
  • Kurang perlindungan. Setiap helai rambut kita memiliki lapisan pelindung yang disebut kutikula. Apabila kutikula rambut pecah atau terkelupas, minyak alami rambut yang ada di dalam kutikula akan keluar.
  • Perawatan rambut yang berlebihan seperti, terlalu sering mencuci rambut atau menggunakan shampo, terlalu sering mengeringkan rambut dengan hair dryer, penggunaan catok, serta penggunaan bahan kimia untuk mengeritingkan dan meluruskan rambut juga bisa menjadi penyebab rambut kering.

Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Kering

Untuk menjaga kelembaban rambut, kamu disarankan untuk mengurangi frekuensi keramas atau gunakan shampoo ringan. Jangan lupa, gunakan juga conditioner. Pangkas ujung rambut yang bercabang dan penuhi kebutuhan asupan vitamin serta mineral harianmu. 

Beberapa contoh vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh rambut agar tetap sehat dan lembab diantaranya adalah: zat besi, vitamin D, asam folat, vitamin B12, dan selenium. Kebutuhan vitamin. Selain dipenuhi dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi, kebutuhan vitamin dan mineral juga dapat diberikan kepada rambut melalui masker alami.

Masker Rambut Alami untuk Mengatasi Rambut Kering

1. Minyak Hangat Adalah Salah Satu Masker Rambut Terbaik

Masker Rambut Minyak Kelapa

Ada banyak pilihan minyak yang dapat digunakan untuk melembabkan rambut. Mulai dari minyak kelapa murni, minyak zaitun, minyak jarak, minyak jojoba, minyak jagung, hingga minyak almond.

Berbagai jenis minyak tersebut kaya vitamin E dan antioksidan serta bisa membantu menguatkan kutikula rambut sehingga kelembaban rambut akan terus terjaga. Adapun cara menggunakan minyak panas untuk melembabkan rambut adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan setengah cangkir minyak lalu hangatkan hingga mencapai suhu suam-suam kuku
  2. Terapkan ke seluruh bagian rambut dari mulai pangkal hingga ujungnya sambil dipijat-pijat secara lembut selama beberapa menit
  3. Tutup rambut dengan handuk hangat
  4. Diamkan selama kurang lebih 30 hingga 40 menit. Atau bisa juga didiamkan semalaman
  5. Setelah itu, cuci rambut dan keramas dengan menggunakan shampoo ringan. Selain bermanfaat untuk menjaga kelembaban rambut. Masker alami rambut yang terbuat dari minyak panas juga efektif untuk memperkuat dan menambah kilau pada rambut.

2. Masker Rambut Putih Telur

Masker Rambut Putih Telur

Telur mengandung banyak protein yang bisa membantu memperkuat, mengokohkan, dan mengembalikan kelembaban rambut. Berikut adalah cara membuat masker alami rambut dari telur.

  1. Sediakan 1 atau 2 butir telur, kemudian pisahkan bagian kuning dan putih telur. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan panjang rambut.
  2. Campuran setiap 1 bagian putih telur dengan 2 sendok makan air hangat, kemudian kocok hingga berbusa. Jika kamu menggunakan 2 bagian putih telur, kamu perlu menambahkan 4 sendok makan air hangat. Begitu seterusnya.
  3. Terapkan campuran putih telur tersebut ke seluruh bagian rambut sambil dipijat-pijat menggunakan ujung jari dengan gerakan memutar selama beberapa menit.
  4. Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin serta keramas dengan menggunakan sampo ringan untuk menghilangkan bau telur.

3. Masker Rambut Kering dari Telur + Minyak Zaitun + Madu

  1. Sediakan 3 butir telur. Kemudian ambil bagian putihnya letakkan di dalam mangkok
  2. Tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan madu
  3. Kocok hingga berbusa atau hingga tercampur rata, kemudian
  4. Oleskan campuran tersebut ke seluruh bagian kulit kepala dan rambut tutupi dengan menggunakan plastik atau topi mandi selama 30 menit
  5. Bilas dengan menggunakan air dingin dan sampo ringan

4. Mayones, Alternatif Masker Rambut Terbaik yang Kaya Protein

Mayonaise atau mayones terbuat dari beberapa bahan alami yang kaya nutrisi. Seperti minyak, kuning telur, air lemon, cuka, hingga garam dan mustard. Karena itu, tidak mengherankan apabila di dalamnya terkandung banyak vitamin dan mineral seperti kalium natrium, protein, vitamin A, vitamin B12, zat besi, vitamin E, vitamin K, hingga vitamin D.

Karena itulah, mayonnaise selain baik untuk dikonsumsi agar kulit dan rambut jadi sehat, juga dapat digunakan sebagai masker. Adapun cara memanfaatkan masker rambut alami mayonaise adalah sebagai berikut.

  1. Terlebih dahulu basahi rambut dengan menggunakan air hangat. Lalu,
  2. Oleskan mayonaise yang agak tebal ke seluruh bagian kulit kepala dan rambut sambil dipijat dengan lembut selama beberapa menit
  3. Setelah itu, tutupi kepala dengan menggunakan plastik selama kurang lebih sebelum kemudian dicuci dengan air dingin dan shampoo

5. Masker Rambut Alami dari Pisang

Selain memiliki kadar air yang tinggi, pisang juga banyak mengandung kalium. Karena itulah, buah yang sangat mudah kita temukan di Indonesia ini cocok digunakan untuk merawat rambut kering. 

Selain dapat mengembalikan dan menjaga kelembaban rambut, pisang juga bermanfaat untuk mencegah ujung rambut bercabang dan meningkatkan elastisitasnya.

Cara membuat masker rambut dari pisang sangat mudah. Kamu hanya perlu menyediakan 1 buah pisang yang sudah matang. Kemudian haluskan lalu Jelaskan secara menyeluruh. Mulai dari akar rambut hingga ujungnya. Diamkan selama kurang lebih satu jam sebelum dicuci dan dibilas dengan menggunakan air hangat.

Kesimpulan Masker Rambut Alami Terbaik untuk Rambut Kering

Membalut tubuh dengan baju wanita model kekinian yang gaya dan trendy sudah pasti bisa membuat kita tampil lebih cantik dan menawan. Kecantikan kita akan terlihat semakin sempurna jika rambut yang menjadi mahkota kita sebagai wanita juga terlihat sehat dan berkilau. Selain menerapkan pola makan sehat dan mengkonsumsi makanan bernutrisi, masker bisa mengubah rambut yang kusam dan kering kembali terlihat berkilau, kuat, elastis, dan sehat. Masker alami yang mengandung vitamin dan mineral bisa dibuat dari pisang, minyak jojoba, minyak kelapa, mayonaise, hingga telur.


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.