Tips Beli Sepatu Olahraga Wanita Terbaru 2021

Posted by Husnul Cantik Menawan on

Meski tidak sedominan laki-laki namun, banyak wanita yang juga suka berolahraga. Jenis olahraga yang mereka gemari pun sangat beragam. Mulai dari senam aerobik, jogging, renang, hingga bersepeda.

Namun tidak seperti laki-laki, kebanyakan wanita selalu ingin tampil cantik dan menarik sekalipun saat berolahraga. Karena itu, tidak mengherankan apabila pilihan pakaian hingga sepatu olahraga yang mereka kenakan haruslah yang terlihat keren.

Meski “gaya” itu penting, namun keselamatan selama berolahraga juga tidak kalah penting. Agar sepatu olahraga wanita terbaru yang kamu beli tidak hanya sekedar gaya, tapi juga bisa menjaga keselamatanmu saat aktif bergerak, cobalah mengikuti beberapa tips beli sepatu olahraga berikut ini.

Tips Memilih Sepatu Olahraga Wanita Terbaru 2021

Bahkan Jauh sebelum pandemi Covid-19 ada, menjaga kebugaran selalu menjadi concern setiap orang. Hal ini tidak begitu mengherankan mengingat, kebugaran tidak hanya membantu kita terhindar dari jatuh sakit. Tapi juga, bisa membantu kita mempertahankan kecantikan, membuat kita awet muda, dan bahkan, bisa membantu kita agar tetap produktif hingga usia lanjut.

Untuk menjaga kebugaran, olahraga adalah salah satu jenis aktivitas yang paling banyak dipilih. Dan, seperti yang telah disampaikan di atas, jenis olahraga yang bisa dipilih untuk menjaga kebugaran pun sangat beragam. Mulai dari senam aerobik, jogging, bersepeda, berenang, hingga kardio.

Model Sepatu olahraga wanita terbaru 2021

Berbagai pilihan olahraga tersebut tentu saja memiliki stressing yang berbeda-beda. Ada yang mengutamakan kelincahan kaki, kekuatan tubuh, kekuatan tangan, atau mungkin kekuatan seluruh anggota tubuh.

Perbedaan sifat olahraga tersebut membuat kebutuhan akan peralatan olahraga ataupun perlengkapan dan pakaian yang perlu dikenakan pun jadi bermacam-macam.

Jika memilih olahraga jogging misalnya. Jenis sepatu yang harus kita gunakan pun akan berbeda dengan (jenis) sepatu senam aerobik. Begitu juga jika memilih jenis olahraga lain seperti bersepeda atau cardio.

Di era modern seperti di tahun 2021 ini, banyak perusahaan olahraga yang menawarkan perlengkapan olahraga yang didesain secara khusus. Mengapa? Karena sepatu bisa,

  1. Membantu meningkatkan performa semaksimal mungkin. Dan,
  2. Membantu menghindari cedera seminim mungkin

Karena itu, tidak mengherankan apabila kita akan menjumpai bermacam-macam sepatu olahraga wanita terbaru di toko. Seperti misalnya, sepatu lari (running shoes), sepatu senam aerobik, sepatu voli, sepatu basket, sepatu hiking, sepatu training, dan masih banyak yang lainnya.

Tidak hanya hadir dalam berbagai pilihan desain spesial, sepatu juga tersedia dalam berbagai pilihan material atau bahan, warna, dan peruntukan berdasarkan jenis kelamin.

Agar tak salah memilih sepatu wanita untuk olahraga yang tidak hanya gaya dan trendy tapi juga nyaman digunakan, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

Beli sepatu olahraga yang dirancang khusus untuk wanita

Kamu mungkin tidak pernah menduga apabila sepatu olahraga wanita dan laki-laki didesain berbeda.

Bukan dimaksudkan untuk mendiskriminasi wanita atau semacamnya. Perbedaan desain sepatu pria dan wanita ternyata didasarkan pada sejumlah fakta.

Perbedaan sepatu olahraga wanita dan pria

Misal, secara fisiologis kaki wanita dan pria itu berbeda. Mari kita lihat satu persatu perbedaan tersebut.

a. Bentuk kaki laki-laki dan wanita berbeda

Menurut penelitian yang diterbitkan di dalam Journal of American Podiatric Medical Association, ujung kaki wanita cenderung lebih lebar akan tetapi lebih sempit dan lebih tinggi secara keseluruhan.

b. Bentuk pinggul wanita dan pria berbeda

Faktor selanjutnya yang mengharuskan desain sepatu wanita berbeda dengan pria adalah, pinggul. Secara umum, karakter pinggul pria dan wanita yang berbeda membuat pria maupun wanita berlari dengan cara yang berbeda pula.

Berdasarkan karakter pinggulnya, wanita lebih mungkin menekuk kaki ke dalam saat mendarat di sepatu bagian luar. Karena itulah, sol sepatu lari wanita didesain lebih melengkung dibandingkan dengan sepatu pria.

c. Rata-rata pria lebih berat dibandingkan wanita

Selain beberapa perbedaan di atas, wanita dan laki-laki juga punya perbedaan pada berat badan. Laki-laki cenderung lebih berat karena memiliki massa otot yang lebih banyak.

Karena perbedaan berat badan tersebut maka, tingkat impact yang dihasilkan oleh tubuh pada sepatu pun jadi berbeda pula. Itulah sebabnya mengapa, sepatu lari wanita dibuat dengan sol tengah yang umumnya lebih tipis dibandingkan dengan sepatu pria.

2. Sesuaikan dengan bentuk kaki

Wanita yang sehari-hari sering menggunakan high heels cenderung memiliki ujung kaki yang lebih lebar dibandingkan dengan wanita yang jarang memakai high heels atau tidak pernah sama sekali.

Jadi, kalau kamu termasuk wanita yang punya ujung kaki agak lebar, pastikan kamu menghindari memilih sepatu olahraga dengan ujung yang terlalu lancip. Karena alas kaki seperti ini pasti akan membuat ujung kakimu berhimpitan dan bisa meningkatkan resiko cedera.

3. Pilih sepatu olahraga berdasarkan material sol

Kalau kamu lebih sering jogging dibandingkan dengan jalan kaki, kamu harus memilih sepatu yang sol-nya terbuat dari bahan EVA.

Tapi kalau kamu lebih sering jalan kaki daripada lari, sebaiknya belilah walking shoes yang sol-nya terbuat dari bahan PU. Karena bahan ini sudah cukup ringan tapi juga kuat serta mumpuni apabila digunakan untuk berjalan jarak jauh.

4. Pilih warna sepatu yang cocok dengan pakaian olahragamu

Kalau kamu membeli sepatu setelah membeli pakaian olahraga, sebaiknya pilihlah warna sepatu yang kira-kira cocok dengan pakaian tersebut.

Tapi, kalau kamu membeli sepatu sebelum pakaian olahraga, kamu bisa bebas memilih warna sepatu olahraga wanita terbaru yang paling kamu sukai. Atau, kamu bisa memilih warna sepatu yang kira-kira cocok dengan pilihan pakaian olahraga yang akan kamu beli nanti.

Kesimpulan

Di tahun 2021 ini, banyak sepatu sneaker yang diciptakan secara khusus untuk wanita berdasarkan karakter kaki dan tubuh mereka. Karena itulah, memilih sepatu olahraga wanita terbaru untuk jogging, senam aerobik, bermain basket, atau jalan kaki, sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan. Memilih sepatu yang tepat tidak hanya bisa membantu kita terhindar dari cedera saat berolahraga, tapi juga bisa membuat kita agar lebih maksimal saat bergerak.


Share this post



← Older Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.