7 Tips Memakai High Heels agar Tidak Bikin Kaki Sakit

Posted by Husnul Cantik Menawan on

Siapapun yang pernah belajar menggunakan sepatu hak tinggi (high heels) pasti pernah mengalami keseleo, atau minimal pernah merasakan nyeri pada ujung tulang kaki dan jari-jari kaki, betis pegal, hingga sakit punggung. Berbagai kondisi tersebut sebenarnya dianggap lumrah oleh para pengguna high heels. Karena memang, desain sepatu ini akan mengubah keseimbangan tubuh kita saat berdiri dan berjalan, mengubah postur tubuh, dan mengubah tumpuan kaki. Jadi, jangan heran apabila sepatu hak tinggi erat kaitannya dengan sakit punggung, sakit kaki, hingga masalah penebalan tendon achilles . Agar tak lagi bikin kaki sakit dan badan pegal, cobalah menerapkan beberapa tips memakai sepatu hak tinggi berikut.

Tips Memakai High Heels

Minggu lalu, saya telah membahas beberapa cara memakai sepatu hak tinggi agar tak menyebabkan sakit yang berlebihan disamping beberapa tips merawat dan menyimpan high heels.

Saya juga menyisipkan saran ahli bagi para pengguna high heels agar menyatukan jari kaki nomor 3 dan nomor 4 ( jari manis dan jari tengah). Karena menurut mereka (para ahli), cara tersebut bisa membantu mengurangi tekanan pada ujung kaki (the ball of the foot).

 

Merekatkan jari kaki tengah dan jari manis

 

Salah satu ahli yang menyarankan cara ini adalah Osteopath Anisha Joshi dari Woodside Clinic Regent Street. Menurutnya, merekatkan jari kaki tengah dan jari manis dapat membantu mengurangi tekanan di ujung kaki. Pasalnya, diantara kedua jari kaki tersebut terdapat saraf yang membelah. Dengan mengurangi tekanan pada kedua jari tersebut, sensasi rasa sakit akan berkurang secara signifikan.

Meski cara-cara yang telah saya ungkapkan pada artikel sebelumnya sudah cukup banyak. Tapi, masih ada beberapa tips yang belum saya ungkapkan. Melengkapi artikel tersebut, saya akan mencoba menambahkan beberapa tips memakai high heels agar tidak bikin kaki jadi sakit. Seperti yang bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Jangan lupa membawa bekal plester luka

Bekal yang saya maksud disini bukanlah bekal makanan atau minuman. Melainkan, bekal beberapa hal yang bisa membantu mengurangi rasa sakit pada kaki atau untuk mengatasi beberapa masalah yang mungkin saja akan kamu alami.

Untuk mengurangi rasa sakit ketika memakai sepatu hak tinggi, seorang Podiatrist Carnation Footcare bernama Dave Wain menyarankan kita untuk selalu membawa semua hal yang kita butuhkan, berupa:

  • Plester luka yang pasti akan sangat berguna untuk mengatasi apabila kaki lecet atau luka akibat kuku
  • Jangan lupa juga membawa alas kaki seperti sepatu flat. Serta
  • Anti-slip yang mungkin akan kamu butuhkan ketika harus mengenakan sepatu di permukaan yang licin

2. Perkuat otot kaki

Pada artikel sebelumnya, banyak ahli yang menyarankan kepada siapapun yang akan memakai sepatu high heels untuk melakukan peregangan sebelum dan sesudah menggunakannya. Selain melakukan peregangan, kita juga disarankan untuk memperkuat otot kaki agar tidak mudah pegal selama memakai sepatu ber-hak tinggi.

 

Perkuat otot kaki

 

Menurut Dave Wain, selain menggunakan bantalan seperti Gel Carnation Footcare, ia juga menyarankan kita memperkuat kaki dan jari-jari kaki sebelum mengenakan sepatu. Berikut adalah caranya memperkuat otot-otot kaki.

  1. Luruskan jari-jari kaki lalu goyang-goyangkan ke kiri dan ke kanan serta ke bawah dan ke atas dengan menggunakan tangan
  2. Tingkatkan fleksibilitas kaki dengan cara,
    1. Berdiri menghadap dinding, kira-kira sejauh 50 atau 60 cm dari dinding
    2. Kemudian tempelkan salah satu ujung kaki ke dinding, lalu gerakan lutut secara perlahan ke arah dinding sampai kamu merasakan otot-otot kaki agak meregang. Tahan selama kurang lebih 30. Lalu,
    3. Ulangi langkah tersebut secara bergantian selama 5 kali

3. Biasakan diri menggunakan sepatu hak tinggi

Semakin sering kamu menggunakan sepatu hak tinggi, kamu akan semakin terbiasa dan jadi tahu cara mencegah rasa sakit, lecet, dan lain sebagainya. Semakin sering memakai, kamu akan semakin mudah membayangkan jenis sepatu seperti apa yang kamu butuhkan dan harus kamu beli, kamu juga akan jadi tahu apa yang harus dilakukan untuk mengurangi rasa sakit, dan kamu juga akan mengetahui cara berjalan yang benar agar tidak mudah pegal dan lecet serta teratuk.

4. Potong kuku kaki (pedicure) secara teratur

Sade Solomon, pendiri Conversations Beyond mengatakan bahwa, ia sangat suka mengenakan sepatu hak tinggi karena sepatu jenis ini bisa membuatnya lebih percaya diri. Melakukan pedicure atau memotong kuku secara teratur akan sangat membantu dalam mengurangi rasa sakit akibat kuku yang bergesekan.

5. Pijat kaki setelah menggunakan high heels

 

Pijat kaki

 

Berbeda dengan tips memakai high heel agar tidak bikin kaki sakit dari Sade Solomon, Hooria Nekzai seorang wedding planner dan lifestyle content creator mengatakan bahwa, pijat kaki sangat membantunya dalam mengurangi rasa sakit setelah memakai high heels selama berjam-jam.

6. Beli sepatu yang kebesaran

Ericka N. Goodman-Hughey adalah editor senior di ESPNW. Iya sangat menikmati dan menyukai memakai high heels karena sepatu jenis ini bisa membuatnya terlihat lebih tinggi dan penampilannya jadi lebih menarik. Ia juga mengatakan bahwa high heels membuat style fashion-nya (yang kerap mengandalkan celana jeans belel) jadi lebih berkelas.

 

Ukuran sepatu yang kebesaran

 

Untuk mengatasi sakit akibat menggunakan high heels, Ericka N. Goodman-Hughey biasanya akan membeli sepatu yang sedikit agak kebesaran. Biasanya, ia akan membeli sepatu yang lebih besar setengah ukuran agar bisa menggunakan sol atau bantalan pada ruang-ruang ekstra yang tersedia. Menurutnya, cara ini bisa membantunya memakai high heel selama berjam-jam tanpa rasa sakit yang berarti.

7. Sepatu berkualitas tinggi

Seorang blogger pembesut thegirlfrompanama.com bernama Pam Hetlinger, mengatakan bahwa ia menyukai sepatu high heels karena sepatu ini bisa menciptakan ilusi kaki yang panjang dan membuat fashion style-nya terlihat lebih menarik.

Untuk mencegah rasa sakit saat menggunakan high heels, ia menekankan pentingnya membeli sepatu yang berkualitas tinggi. Karena menurutnya, sepatu yang dibuat dengan baik biasanya jauh lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan sepatu sepatu yang berkualitas rendah.

Kesimpulan

Saya berharap, dengan menerapkan beberapa tips pakai high heels agar tidak bikin sakit kaki di atas kamu kini bisa lebih nyaman dan lebih percaya diri saat mengenakan sepatu berhak tinggi. Dan, meski bisa membuatmu tampil lebih cantik dan lebih percaya diri, Jangan lupa untuk selalu membawa sepatu flat favoritmu agar kami bisa ganti sepatu jika tidak lagi membutuhkannya. Dan, terutama saat kamu akan berjalan jauh saat pulang kerja atau setelah menghadiri berbagai macam acara.


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.