Tips Memakai Sepatu Flat agar Gaya Makin Chic (Khusus Wanita)

Posted by Husnul Cantik Menawan on

Memakai sepatu high heels (berhak tinggi) memang bisa bikin kita terlihat lebih seksi dan menarik. Tapi sayang, studi dari Harvard Medical Publishing tahun 2012 mengungkapkan bahwa, menggunakan sepatu high heels dapat menyebabkan, otot betis memendek, sakit punggung, dan membuat jari-jari kaki tertekuk.

Menurut Harvard Medical Publishing sepatu yang ideal untuk menjaga kesehatan, terutama kesehatan otot, adalah sepatu yang ujungnya lebar (tidak lancip), terbuat dari material yang lembut, serta memiliki permukaan (sol) yang rata. Sepatu ini lebih dikenal dengan sebutan sepatu flat.

Meski daya tariknya tidak sekuat high heels, sepatu flat tetap bisa digunakan untuk menciptakan gaya yang chic. Bagaimana Caranya?

Cara Memakai Sepatu Flat agar Gaya Lebih Chic

Sepatu hak tinggi memang punya tempat tersendiri di hati para wanita. Pasalnya, selain bisa membuat wanita terlihat lebih tinggi, sepatu ini juga bisa menciptakan postur tubuh yang seksi.

Namun, bukan berarti sepatu flat tidak bisa dipakai untuk bergaya. Karena jika kita tahu cara memaksimalkannya, sepatu bersol datar ini justru bisa membuat kita (para wanita) terlihat menarik.

Outfit Sepatu Flat

Sebaliknya, jika tidak tahu bagaimana cara mengkombinasikannya dengan gaya berpakaian yang tepat, alih-alih terlihat gaya dan menarik, sepatu jenis flat justru bisa membuat kita terlihat biasa-biasa saja.

Nah, agar kamu tetap bisa kelihatan lebih chic saat pakai sepatu flat, kamu bisa mencoba beberapa variasi yang kami sarankan di bawah ini.

1. Pastikan kamu membeli sepatu dengan ukuran yang pas

Banyak wanita yang sengaja membeli sepatu yang ukurannya agak sedikit kebesaran. Karena mereka berasumsi bahwa, seiring dengan bertambahnya usia, mereka akan jadi tambah gemuk dan ukuran sepatu yang mereka butuhkan pun terus membesar.

Tapi kalau kamu ingin terlihat gaya, kamu tidak perlu merisaukan bagaimana ukuran kakimu di masa yang akan datang. Karena yang terpenting adalah saat ini, saat di mana kamu akan menggunakan sepatu tersebut.

2. Utamakan kualitas daripada kuantitas

Beberapa orang lebih suka membeli sepatu wanita murah, agar uangnya cukup untuk digunakan membeli beberapa pasang sepatu. Akan tetapi, kalau kamu ingin terlihat menarik dan benar-benar chic, kamu perlu berinvestasi dengan membeli sepatu yang berkualitas meskipun harganya mahal.

Karena sebanyak apapun sepatu yang kamu miliki, jika kualitasnya biasa-biasa saja, maka penampilanmu pun akan terlihat biasa-biasa saja. Bahkan, sepatu murahan justru berpotensi bikin penampilanmu jadi tak berkelas sama sekali.

3. Beli model terbaru

Kalau pakaian yang kamu kenakan rata-rata didesain secara sederhana dan biasa-biasa saja, sebaiknya pilihlah sepatu model terbaru yang trendy. Pilihan ini akan membuat penampilanmu justru jadi lebih menarik.

Sebaliknya, kalau koleksi outfit-mu sudah kelihatan keren dan trendy, cobalah untuk memilih sepatu yang sederhana namun elegan. Tips ini akan membantumu tampil lebih seimbang dan terlihat berlebihan serta norak.

4. Belajarlah memadukan pakaian dan alas kaki

Perpaduan warna adalah kunci berpakaian. Jika kombinasinya tepat, maka kamu akan terlihat keren. Sebaliknya, jika warna yang kamu pilih kurang tepat, maka penampilanmu pun akan terkesan berantakan.

Kunci utama dalam memadukan antara sepatu dan outfit adalah dengan berpatokan pada saturasi warna. Meski demikian, kamu juga bisa mencoba memadukan warna-warna kontras jika ingin tampil lebih berani.

Tapi, kalau kamu merasa tidak begitu pandai mengkombinasikan warna pakaian, kamu bisa cari aman dengan memilih warna-warna netral. Misal, dengan memilih sepatu flat warna hitam atau putih yang bisa dipadukan dengan berbagai outfit berwarna merah, kuning, hijau, ataupun biru.

5. Memilih sepatu berujung lancip

Kalau tubuhmu nggak terlalu tinggi, memilih sepatu flat berujung lancip adalah ide tepat. Karena, dengan memakai sepatu berujung lancip, kamu akan kelihatan lebih tinggi.

Apabila kamu ingin menciptakan ilusi kaki yang jenjang, memilih sepatu berujung lancip lebih disarankan daripada memilih sepatu flat bersol tinggi.

6. Beli sepatu berdasarkan koleksi bawahanmu

Saat akan beli sepatu, cobalah untuk memilih yang paling cocok dengan celana atau rok yang sudah kamu miliki di rumah. Jangan lakukan hal sebaliknya! Yaitu, memaksa untuk mencocokan celana dengan sepatu yang baru kamu beli.

7. Pilih bentuk sepatu flat yang cocok dengan postur tubuhmu

Tips memakai sepatu flat agar gaya makin chic selanjutnya yang sebaiknya tidak kamu lewatkan adalah, memilih panjang sepatu berdasarkan postur tubuh.

Berdasarkan ketinggiannya, sepatu flat dapat digolongkan menjadi 4 kategori utama yaitu,

  1. Sepatu dengan tinggi di bawah pergelangan kaki. Sepatu model ini umumnya cocok digunakan oleh hampir semua bentuk tubuh. Juga, dapat dipadankan dengan berbagai model pakaian.
    Sepatu Flat dibawah pergelangan kaki
    Mulai dari gaun hingga celana longgar. Contoh model sepatu wanita jenis ini diantaranya adalah, sepatu ballet flats, loafers, oxfords, hingga sepatu sandal.
  2. Sepatu flat dengan tinggi sepergelangan kaki. Beberapa contohnya adalah, peep toe shoes/sandals hingga ankle boots. Sepatu jenis ini lebih cocok digunakan oleh mereka yang bertubuh langsing dan berkaki jenjang.
    Ankle Flats
    Kalau kamu bertubuh pendek, kamu perlu sedikit berhati-hati. Karena, model sepatu ini bisa bikin kamu terlihat makin pendek.
  3. Sepatu dengan tinggi diatas mata kaki atau sampai betis. Sepatu datar yang dirancang dengan tinggi hingga mencapai tulang pergelangan kaki atau area betis biasanya agak sedikit canggung ketika digunakan untuk bergaya.
    Laceup flats
    Jenis sepatu ini benar-benar bisa membuat kita kelihatan sangat pendek apabila tidak dipadankan dengan pilihan pakaian yang tepat. Jika ingin memakai sepatu jenis ini, kamu wajib mempertimbangkan sepatu dengan nuansa dan warna yang minimalis.
  4. Sepatu flat setinggi lutut. Model sepatu wanita ini lumayan populer beberapa tahun belakangan ini. Akan tetapi, menemukan paduan pakaian yang tepat untuk mengenakan sepatu datar jenis ini tidaklah mudah.
    gladiator flat shoes long dress outfits
    Beberapa perancang gaya menyarankan kita untuk mengenakan gaun panjang dengan belahan samping yang tinggi jika ingin menggunakan sepatu setinggi lutut.

Kesimpulan

Sepatu flat adalah jenis alas kaki yang serbaguna. Sepatu jenis ini juga bisa digunakan menghadiri berbagai macam acara, baik formal atau non-formal. Jika ingin gaya terlihat makin chic saat mengenakan sepatu datar, jangan melulu hanya memperhatikan gaya tetapi, perhatikan juga kualitasnya, kenyamanan saat memakainya, dan belilah sepatu wanita berdasarkan koleksi pakaianmu.


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.