9 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan Yang Wajib Anda Ketahui

Posted by Nurus Cantik Menawan on

Siapa yang tak kenal dengan alpukat? Buah yang mempunyai cita rasa lezat dan manis ini selalu jadi primadona. Selain enak dikonsumsi, nyatanya buah alpukat ini juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Kandungan buah alpukat seperti vitamin dan lemak baik ini bisa mengatasi beragam gangguan kesehatan. Anda bisa mengkonsumsi alpukat sesuai dengan selera. Mulai dari memakan daging buahnya secara langsung, dibuat jus hingga olahan lainnya. Manfaat  buah alpukat tetap bisa anda rasakan.

Tekstur daging buah alpukat yang lembut dan creamy ini juga sangat pas digunakan sebagai bahan dasar perawatan kecantikan kulit. Bahkan anda juga bisa menjadikan alpukat ini menjadi masker rambut, rasakan rambut anda akan semakin lembut, sehat dan berkilau.

Jika sebelumnya dunia kecantikan pernah booming tentang perawatan kulit dengan cuka apel, nyatanya alpukat juga tidak kalah berkhasiat dibandingkan buah apel. Untuk mengetahui beragam tips perawatan menggunakan bahan alami, anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada artikel Cara Merawat Wajah Dengan Bahan Alami Agar Cantik dan Mulus.

Bagaimana Cara Konsumsi Alpukat yang Benar?

manfaat buah alpukat

Image Source : Seputar Informasi

Alpukat dengan segala macam kandungan nutrisi didalamnya tentu membuat anda semakin semangat mengkonsumsi buah yang satu ini bukan?

Nah supaya khasiat buah alpukat bisa anda peroleh secara optimal, tentu anda juga perlu memperhatikan bagaimana cara konsumsi alpukat yang benar. Mulai dari cara pengolahan hingga campuran bahan yang anda gunakan. Berikut ini beberapa tips pengolahan dan variasi konsumsi buah alpukat yang perlu anda ketahui:

  1. Jangan tambahkan susu kental manis pada jus alpukat. Hal ini akan membuat manfaat alpukat tidak optimal. Susu kental manis umumnya mengandung krimer yang tinggi gula sehingga membuat kebaikan kandungan alpukat berkurang.
  2. Lebih baik tidak menggunakan tambahan gula ketika membuat jus alpukat, tapi ganti dengan madu sebagai pemanis
  3. Untuk cara konsumsi buah alpukat, anda bisa memakan daging buahnya langsung tanpa ditambah bahan makanan lainnya. Kreasi lainnya yakni membuat alpukat menjadi smoothie atau dijadikan topping roti.

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pernahkah anda mendengar mitos bahwa alpukat mengandung kolesterol? Faktanya lemak yang terkandung dalam alpukat adalah lemak baik. Justru konsumsi alpukat ini bisa menyeimbangi kadar lemak jahat dalam tubuh. Jadi, asalkan dikonsumsi dengan benar dan tidak berlebihan, alpukat ini tetap aman dan bahkan bisa meningkatkan kesehatan.

Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh ketika dikonsumsi, masker alpukat bahkan menjadi bahan perawatan kecantikan kulit yang wajib anda coba. Mulai dari perawatan kulit wajah hingga rambut bisa menggunakan buah yang kaya manfaat ini.

Alpukat Bisa Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

manfaat alpukat untuk kanker

Image Source : Tribun

Tahukah anda, penelitian medis pernah mengungkap bahwa setiap tubuh manusia berpotensi mengidap kanker? Sel kanker dalam tubuh ini akan terus berkembang jika kesehatan dan gaya hidup sehat tidak anda terapkan. Apapun yang masuk ke dalam tubuh akan menentukan tingkat kesehatan anda. Termasuk ketika anda mengkonsumsi buah alpukat ini.

Kandungan alpukat mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Bahkan dengan bantuan senyawa lainnya, sel kanker ini akan dihancurkan sebelum mengganggu sel aktif dalam tubuh.

Lemak yang terkandung dalam buah alpukat yakni asam oleat yang merupakan lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan lemak tak jenuh ini juga merupakan komponen utama minyak zaitun. Kandungan asam oleat pada alpukat dipercaya dapat mengurangi peradangan dan berdampak baik pada gen yang berhubungan dengan penyakit kanker.
Baik biji alpukat maupun daun alpukat juga terus diteliti karena dipercaya dapat mengatasi penyakit kanker.

Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil

manfaat alpukat untuk ibu hamil

Image Source : Pop Mana

Kandunan kalsium pada buah alpukat tidak hanya menjadikannya kaya manfaat untuk ibu hamil. Alpukat ini bahkan dijadikan sebagai makanan untuk program hamil. Jika anda bosan mengkonsumsi buah secara langsung, anda bisa mengolahnya menjadi kreasi makanan yang lebih menggugah selera. Berikut ini kreasi olahan buah alpukat ketika hamil yang bisa anda coba.

  1. Siapkan daging buah alpukat yang sudah matang
  2. Tambahkan sedikit potongan pisang atau buah pir
  3. Tambahkan yogurt atau susu segar
  4. Blender hingga halus dan konsumsi segera

 Buah Alpukat Cocok untuk Anda yang Berdiet

manfaat alpukat untuk diet

Image Source : Hello Sehat

Apakah anda pernah mengurungkan niat untuk mengkonsumsi alpukat ketika sedang dalam program diet? Tahukah anda, lemak tak jenuh dalam alpukat ini tidak membuat lemak bertumpuk. Justru sebaliknya, selain bebas kolesterol, kaya serat, alpukat juga rendah kalori. Alpukat ini bisa jadi salah satu solusi pilihan makanan yang bisa bikin kurus. Anda bisa mencampurkan alpukat pada salad sayur atau menu rendah kalori lainnya. Selain cocok dijadikan menu diet untuk mengulangi kegemukan, konsumsi buah alpukat juga bisa dijadikan alternatif makanan untuk anda yang sedang menjaga berat badan supaya tetap ideal.

Buah Alpukat Bagus untuk Kesehatan Mata

manfaat alpukat untuk kesehatan mata

Image Source : Info Tanaman Buah

Penglihatan tentu segala bagi setiap manusia. Tanpa melihat, tentu banyak yang mudah menjadi lebih sulit dilakukan. Untuk itu, penting bagi anda menjaga kesehatan mata sebaik mungkin. Menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan mengurangi intensitas menatap gadget atau layar komputer. Anda juga bisa mengkomsi makanan sehat yang baik untuk mata.

Selain wortel, anda bisa mengkonsumsi buah alpukat secara rutin. Senyawa lutein yang terdapat pada buah alpukat dapat melindungi mata dari gangguan kesehatan seperti katarak dan age macular degeration. Alpukat yang kaya akan antioksidan ini juga dapat membuat mata selalu sehat dan segar. Dan yang terpenting kandungan antioksidan ini dapat berkhasiat meminimalisir resiko katarak pada lansia.

Alpukat Bisa Mencegah Gejala Depresi

manfaat alpukat untuk mengatasi depresi

Image Source : Derie 

Bicara tentang kesehatan, tentu tidak hanya terbatas pada kondisi fisik yang prima. Kesehatan psikis juga berperan penting menentukan sebarapa bagus kualitas hidup seseorang. Depresi menyerang kesehatan mental, salah satu gejalanya yakni cemas berlebihan. Tidak selalu menggunakan obat kimia, anda ternyata juga bisa menggunakan bahan alami. Salah satunya yakni buah alpukat.

Khasiat buah alpukat untuk tangani gejala depresi ini berasal dari kandungan vitamin B. Seperti yang kita ketahui, vitamin B mempunyai fungsi melepaskan serotonon dan dopamine pada tubuh manusia. Tubuh akan lebih rileks dan perlahan kecemasan juga bisa berkurang.

Manfaat Masket Alpukat untuk Rambut

manfaat alpukat untuk rambut

Image Source : Lifestyle

Alpukat tidak hanya membuat tubuh anda semakin sehat dan segar. Daging buah alpukat bahkan bisa di aplikasikan menjadi masker rambut. Fungsi buah alpukat ini bisa merangsang pertumbuhan rambut dan membuat rambut lebih lembut, sehat, dan berkilau. Berikut ini cara membuat masker alpukat untuk rambut yang bisa anda coba:

  • Siapkan daging buah alpukat mentega matang yang telah dihaluskan
  • Anda juga bisa menambahkan kuning telur dan madu pada adonan masker alpukat
  • Aplikasikan pada rambut dengan disertai pijatan yang lembut
  • Setelah masker alpukat merata, diamkan selama 15 manit
  • Bilas rambut hingga bersih menggunakan air biasa

Masker Alpukat Menjadikan Wajah Cerah dan Bersinar

manfaat alpukat untuk wajah

Image Source : Kawaii Beauty

Manfaat buah alpukat untuk wajah selain mencerahkan tone kulit, ternyata bisa juga membuat kulit bersih bersinar. Vitamin E yang terdapat pada buah alpukat ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Anda bisa menambahkan bahan alami lainnya seperti lidah buaya dan madu. Sesuaikan dengan masalah kulit yang anda alami. Berikut ini cara membuat masker alpukat.

Siapkan daging buah alpukat mentega secukupnya

Tambahkan bahan alami lainnya sesuai dengan kondisi kulit wajah.

Untuk wajah berjerawat, bisa menggunakan tambahan bahan tomat. Untuk melembutkan dan menjaga kelembaban kulit bisa menggunakan susu atau yogurt. Mentimun untuk mengegarkan kulit serta jeruk nipis untuk menghaluskan kulit wajah.

  • Campur rata dan haluskan daging alpukat beserta tambahan bahan yang anda pilih
  • Lakukan steam wajah dengan uapan air panas atau mencuci wajah dengan air hangat untuk proses yang lebih cepat.
  • Balurkan ke wajah  secara merata menggunakan kuas yang sudah dibersihkan sebelumnya
  • Biarkan selama 30 menit atau hingga mengeras
  • Bersihkan wajah menggunakan air hangat

Masker Alpukat untuk Wajah Awet Muda

manfaat alpukat agar awet muda

Image Source : Tradisional

Seriring bertambahnya usia, tentu kecantikan kulit harus tetap dijaga agar gejala penuaan bisa diminimalisir. Tidak perlu mendatangi klinik kecantikan dengan biaya yang sangat mahal karena anda bisa merawat diri memanfaatkan bahan alami dirumah anda. Kandungan vitamin E pada buah alpukat bisa membantu mengatasi masalah kulit seperti flek hitam dan kerutan. Selain dikonsumsi, anda bisa membuat alpukat menjadi masker wajah. Berikut ini cara membuat masker alpukat agar wajah anda selalu awet muda.

  • Siapkan separuh daging alpukat yang sudah matang, satu yogurt dan setengah sendok minyak alpukat
  • Lumatkan semua bahan hingga halus
  • Balurkan secara merata pada wajah yang sudah dibersihkan
  • Diamkan selama 20 menit hingga 30 menit
  • Basahi handuk dengan air hangat dan gunakan untuk membersihkan masker tipis – tipis
  • Sisakan lapisan masker pada wajah kemudain pijat ke arah
  • Bersihkan wajah dengan air hangat
  • Aplikasikan toner dan pelembab pada wajah


Manfaat Masker Alpukat untuk Mengatasi Kerutan Dibawah Mata

buah alpukat untuk kerutan di bawah mata

Image Source : Teen

Kerutan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari pertamahan usia, paparan sinar matahari hingga aplikasi make up yang tidak benar. Gunakan masker alpukat untuk mengembalikan kesegaran area mata serta menghilangkan kerutannya. Hydratingfats, vitamin E serta fatty acids bisa mengembalikan kelembaban area mata. Berikut ini cara membuat masker alpukat untuk mata.

  • Buat potongan tipis daging buah alpukat lalu letakkan pada area bawah bawah
  • Alternatif lain yakni menghaluskan terlebih dahulu daging buah alpukat
  • Tekan dengan gerakan perlahan supaya minyak alami pada buah alpukat dapat terserap kulit
  • Diamkan selama 15 – 20 menit

Buah alpukat ini nyatanya mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk anda yang masih bingung bagaimana cara mudah membuat masker alpukat untuk wajah, simak video berikut ini.

 

Supaya anda semakin cantik dan menawan, poleskan make up pada wajah anda. Penampilan anda akan semakin terlihat menarik. Jangan asal membeli produk kecantikan atau make up, pastikan produk tersebut berkualitas.

Kesimpulan

Buah alpukat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan mulai dari kecantikan wajah sampai dengan diet dengan step-step yang sudah saya jabarkan secara detail di atas.
Tampil cantik dan lebih sehat tidak selalu mahal ya kan, kini giliran Anda untuk mencoba.

Oh ya untuk mendapatkan make up kualitas import dengan harga terjangkau, Klik Disini. Hanya disini anda juga bisa mendapatkan gratis ongkir hingga garansi 100 % uang kembali.


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.