Perawatan Wajah Agar Cantik Alami yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Posted by Dea Cantik Menawan on

Setelah sebelumnya menulis Rahasia Tampil Cantik Menawan dengan "Tidur" Menurut Ahli Nutrisi dan Kebugaran, kembali saya ingin berbagi beberapa tips lainnya yang bisa membuat Anda tampil cantik, terutama yang berhubungan dengan perawatan wajah.

Mulai dari... cara mengatasi jerawat dan bekasnya, tips menghilangkan komedo, rahasia memutihkan kulit dan menghaluskan kulit, cara mengatasi kulit kering dan kusam, serta trik mengatasi kulit berminyak.

Melalui artikel Perawatan Wajah agar Cantik Alami yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah ini, saya berharap wanita Indonesia lebih mencintai diri mereka dan mau menggunakan bahan-bahan alami yang kualitasnya tidak kalah dibandingkan dengan produk kecantikan yang dijual di pasaran.


Perawatan wajah untuk mengatasi jerawat dan bekas jerawat

 

 Perawatan wajah untuk mengatasi jerawat dan bekas jerawat


Siapa pun pasti akan merasa sebal jika mendapati wajahnya berjerawat. Apalagi jika jerawat tersebut sampai menyebabkan luka dan meninggalkan bekas. Muka pasti akan terlihat tidak menarik dan bikin kita tidak percaya diri, apalagi kalau tampil tanpa make up. Jerawat dan bekas jerawat juga bikin kita kesulitan menerapkan make up natural yang sekarang lagi trend.

Nah, agar jerawat di wajah dan bekasnya bisa disamarkan, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.


Atasi jerawat dengan cuka sari apel (Apple Cider Vinegar)


Cuka sari apel adalah hasil fermentasi dari sari apel, yang memiliki kemampuan melawan berbagai jenis bakteri dan virus karena mengandung asam organik dan asam suksinat, yang secara khusus bisa menekan peradangan akibat jerawat. Karena alasan itulah saya memasukkan cuka sari apel

ke dalam perawatan wajah agar cantik alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah ini. Cuka sari apel merupakan salah satu treatment terbaik untuk menghilangkan jerawat.

Cara menggunakannya pun cukup gampang, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Campurkan 1 bagian cuka sari apel dengan 3 bagian air biasa. Kalau kulitmu adalah kulit sensitif, tambahkan lebih banyak air.

  • Setelah wajahmu dibersihkan, oleskan secara lembut campuran cuka tersebut menggunakan bola kapas di seluruh wajah

  • Setelah itu, diamkan selama 5-20 detik lalu bilas dan keringkan

  • Ulangi proses ini sebanyak 1 atau 2 kali per hari (sesuaikan dengan kebutuhan) 

Peringatan. Sebelum Anda mencoba menggunakan cuka sari apel untuk mengobati jerawat, Anda harus tahu kalau cuka sari apel bisa menyebabkan iritasi dan luka bakar pada kulit, sehingga tidak boleh digunakan terlalu banyak atau tanpa diencerkan dengan air.

Konsumsi suplemen zinc

Mineral zinc atau seng adalah nutrisi esensial yang sangat penting dalam mendukung: pertumbuhan sel, produksi hormon, mendukung sistem fungsi kekebalan tubuh, hingga metabolisme tubuh. Menurut penelitian, ada kecenderungan orang-orang yang berjerawat merupakan orang-orang yang kekurangan zinc di dalam darah mereka. Di dalam studi lain ditemukan bahwa, rutin mengkonsumsi suplemen zinc secara oral bisa membantu mengurangi jerawat.

Di dalam studi yang melibatkan 48 pasien jerawat, yang masing-masing diberikan suplemen zinc secara oral 3 kali per hari selama 8 minggu, hasilnya cukup mengejutkan.

Dari 48 pasien tersebut, 38 di antaranya mengalami pengurangan atau penurunan jumlah jerawat hingga 80-100%. Dosis optimal mengkonsumsi suplemen zinc berkisar antara 30-45 mg per hari. Walau demikian, batas aman yang dianjurkan adalah 40 mg per hari.

Jika Anda memutuskan untuk mencoba metode ini, cobalah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Mengkonsumsi suplemen zinc dapat menyebabkan efek samping seperti sakit perut serta iritasi usus.


Masker madu dan kayu manis

Benarkah Madu bisa mengobati jerawat?

Menurut studi, madu dan kayu manis merupakan sumber antioksidan yang sangat baik dan efektif untuk mengurangi jerawat karena di dalamnya juga terkandung benzoil peroksida dan retinoid yang secara alami memiliki sifat anti-bakteri.

Itulah alasan mengapa madu sangat cocok apabila digunakan sebagai obat jerawat, baik untuk mengurangi maupun untuk mengatasi peradangan. Selain itu, madu juga efektif dimanfaatkan untuk mengurangi faktor-faktor pemicu jerawat. Adapun cara memanfaatkannya adalah:

  • Campurkan 2 sdm (sendok makan) madu dengan 1 sdt (sendok teh) kayu manis (bubuk) kemudian aduk hingga membentuk pasta

  • Setelah Anda membersihkan wajah, oleskan pasta tersebut ke seluruh wajah dan biarkan selama 10-15 menit

  • Setelah itu, bersihkan dan cuci wajah. Lalu keringkan menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuknya secara lembut

Perawatan wajah untuk mengatasi komedo

Komedo di hidung tidak hanya mengganggu penampilan, tapi kadang-kadang juga bikin pori-pori kita terlihat besar dan mencolok. Agar perhatian ke kulit cantik di wajah Anda tidak diambil alih oleh komedo, Anda bisa mencobamengatasinya dengan beberapa bahan alami berikut ini.
  • Buah strawberry. Adapun cara memanfaatkan buah stroberi untuk mengatasi komedo adalah:

    • Sediakan 3 buah strawberry yang sudah matang (haluskan)

    • Lalu campur dengan 1 sdm (sendok makan) madu

    • Setelah tercampur dengan baik, oleskan campuran tersebut secara merata di sekitar hidung sambil di berikan pijatan-pijatan lembut dengan gerakan melingkar

    • Diamkan selama menit sebelum dibilas dan dibersihkan

  • Air jeruk lemon, gula, dan madu. Cara membuatnya:

    • Sediakan air lemon sebanyak kurang lebih 1 sdm (sendok makan) kemudian campurkan dengan 1 sdm (sendok makan) gula pasir, dan 1 sdm (sendok makan) madu

    • Gunakan campuran tersebut untuk memijat-mijat dengan gerakan melingkar pada area hidung yang banyak terdapat komedo

    • Setelah 5-7 menit, bersihkan lalu bilas dengan air dingin. Metode ini bisa Anda ulangi 1-2 kali dalam seminggu

Perawatan wajah untuk memutihkan kulit 

 

Perawatan wajah untuk memutihkan kulit


Tidak bisa dipungkiri kalau banyak wanita Indonesia yang mengidam-idamkan kulit putih dan mulus. Walaupun sejatinya, warna kulit asli wanita Indonesia rata-rata adalah sawo matang dan kuning langsat.

Perawatan wajah alami di rumah agar putih bersih

Bagi Anda yang tertarik dan ingin tahu bagaimana cara memutihkan kulit menggunakan bahan alami yang ampuh dan bisa cepat memberikan hasil, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

perawatan wajah alami dengan lemon

  • Air lemon. Sudah sejak lama air lemon dikenal bisa membantu memutihkan kulit karena mengandung bleaching agent. Cara memanfaatkannya: Potonglah buah lemon yang sudah matang menjadi 2 bagian. Kemudian gunakan untuk menggosok gosok kulit wajah secara teratur. Cara ini akan membantu mencerahkan kulit. Tapi ingat, metode memutihkan wajah dengan lemon tidak dianjurkan untuk kulit sensitif.

    perawatan wajah akar putih dengan jeruk nipis

  • Selanjutnya jeruk nipis atau lime juga menjadi alternatif untuk perawatan wajah alami yang Anda bisa dilakukan dengan mudah di rumah untuk mendapatkan kulit putih bersih:
    Caranya: belah jeruk nipis dengan rata sehingga menjadi dua bagian, terus oleskan ke wajah secara rata dan tunggu selama 30 menit dan sampai kering. Untuk hasil akhir yang maksimal silahkan bilas dengan air bersih.

  • Jus kentang. Air kentang bisa diterapkan di seluruh wajah secara teratur untuk membuat kulit terlihat makin bercahaya.

  • Campuran madu dan kayu manis. Tidak hanya bisa diandalkan untuk mengatasi jerawat, ternyata madu dan kayu manis apabila dicampurkan juga efektif untuk memutihkan kulit.
    Bagi Anda yang ingin tampil cantik alami serta menawan, Anda bisa mencoba mencampurkan madu dan bubuk kayu manis dengan perbandingan yang sama. Lalu aduk hingga rata. Kemudian oleskan di sekujur wajah dan diamkan selama 15 menit sebelum dibersihkan dan dibilas 
  • Memutihkan wajah dengan susu. Susu kaya akan asam laktat dan asam zinc. Kedua kandungan tersebut sangat efektif untuk mencerahkan kulit. Itulah alasan mengapa banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk mandi susu demi mencerahkan warna kulit. 
Silahkan juga simak video di bawah untuk perawatan wajah alami di rumah agar kulit Anda putih bersih:

Perawatan wajah untuk menghaluskan dan melembutkan kulit


Melanjutkan artikel perawatan wajah agar cantik alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah ini, saya tertarik untuk membahas perawatan muka untuk menghaluskan dan melembutkan kulit, karena wanita identik dan wajib memiliki kulit yang halus serta lembut. Beberapa cara dan bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kulit putih antara lain:


Masker pisang

Tidak sulit menemukan pisang di Indonesia. Karena memang pisang adalah salah satu buah yang paling banyak dipananen dan tersedia sepanjang tahun. Pisang bisa dimanfaatkan untuk menghaluskan dan melembutkan kulit. Cara menggunakannya:
  • Ambil satu buah pisang berukuran sedang kemudian lumat dengan menggunakan garpu hingga membentuk pasta

  • Setelah itu terapkan sebagai masker pisang ke seluruh permukaan wajah dan leher

  • Diamkan selama 10-20 menit sebelum dibilas dan dibersihkan dengan air dingin

  • Cara lainnya, campurkan: 1/4 cangkir yoghurt plain dengan 2 sdm (sendok makan) madu dan 1 buah pisang matang berukuran sedang. Kemudian gunakan sebagai masker wajah untuk menghaluskan kulit 

Masker wajah dari susu

Tidak hanya bisa diandalkan untuk memutihkan wajah, susu juga bisa diandalkan untuk melembutkan dan menghaluskan kulit. Cara memanfaatkannya :
  • Campurkan seperempat cangkir susu bubuk dengan sedikit air, kemudian aduk hingga membentuk pasta

  • Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan hingga kering

  • Setelah itu bersihkan dan bilas dengan air dingin 

Perawatan wajah untuk mengatasi kulit kering dan kusam

  • Olive oil. Olive oil atau minyak zaitun mengandung banyak antioksidan serta asam lemak yang sehat dan baik untuk kulit. Anda bisa mengoleskan (secara) tipis-tipis minyak zaitun (Extra Virgin) ke seluruh permukaan kulit wajah dan leher agar kulit menjadi lembab.

  • Setengah jam sebelum mandi, gosokan sedikit minyak zaitun pada tangan, kaki, dan daerah lain termasuk wajah sambil di berikan pijatan-pijatan ringan agar meresap. Setelah itu, mandilah seperti biasa dan oleskan kembali pelembab ringan alami ini setelah mandi

  • Cara lain memanfaatkan minyak zaitun, Anda bisa mencampurkan 2 sdm (sendok makan) minyak zaitun dengan 4 sdm (sendok makan) gula merah yang sudah dihaluskan serta 1 sdm (sendok makan) madu. Gunakan campuran tersebut untuk memijat-mijat kulit wajah dengan gerakan melingkar selama kurang lebih 5 menit sebelum mandi

Perawatan wajah untuk mengatasi kulit berminyak

Contoh bahan terbaik untuk mengatasi kelebihan minyak pada wajah secara alami di antaranya adalah putih telur, air lemon, yogurt plain, tomat, apel, mentimun, cuka sari apel, susu; dan Anda juga bisa memanfaatkan tanaman lidah buaya serta madu. Di sini, saya akan mencoba mengulas beberapa yang paling efektif untuk mengatasi kulit berminyak saja seperti:
  • Putih telur. Bahan alami yang paling efektif untuk mengatasi kulit berminyak yang pertama adalah putih telur. Bahan alami ini banyak mengandung vitamin A yang baik untuk menyingkirkan sekaligus mengurangi minyka di wajah. Putih telir juga efektif digunakan untuk mengencangkan kulit dan mengatasi noda-noda pada wajah. Cara memanfaatkannya :

    • Sediakan 1 butir telur kemudian pisahkan antara kuning dan putihnya

    • Ambil putih telur dan aduk menggunakan garpu hingga berbusa. Lalu terapkan di seluruh kulit wajah

    • Biarkan mengering kemudian bersihkan dan bilas dengan menggunakan sabun wajah (untuk menghilangkan bau amis) dan air hangat

    • Cara ini bisa Anda terapkan dua kali dalam seminggu

  • Air lemon. Bahan alami terbaik kedua yang efektif untuk mengatasi kulit berminyak adalah air lemon. Namun air lemon tidak dianjurkan untuk kulit sensitif. Cara memanfaatkannya :

    • Campurkan 1 sdt (sendok teh) air lemon yang masih segar dengan 1,5 sdt (sendok teh) air sulingan atau air biasa

    • Kemudian oleskan campuran tersebut ke seluruh permukaan wajah dengan menggunakan kapas

    • Diamkan selama 10 menit lalu bersihkan dan cuci dengan air hangat

    • Setelahnya, jangan lupa menerapkan pelembab berbasis minyak seperti minyak zaitun

Tips tampil cantik alami

 

Baju wanita model terbaru


Setelah mencoba menerapkan beberapa metode untuk membuat wajah tampil lebih cantik dan menawan di atas, sempurnakan penampilanmu dengan beberapa tips berikut ini:

  • Biasakan diri berolahraga kurang lebih 45 menit setiap hari agar peredaran darah di dalam tubuh lebih lancar sehingga wajah akan terlihat lebih cerah dan bersemu 

  • Kenakan pakaian yang bagus dan cantik. Baju wanita model terbaru atau pakaian yang didesain gaya dan trendy umumnya bisa membuat kita tampil lebih menarik. Agar terlihat lebih cerah dan bercahaya, Anda wajib memilih pakaian dengan warna-warna yang cocok dengan warna kulit Anda.

  • Biasakan minum air putih minimal 2 liter per hari. Karena air sangat dibutuhkan oleh kulit untuk membantunya memproduksi sel baru yang segar dan cerah, membantunya agar lebih kenyal, kencang, lembab, dan sehat

Share this post



← Older Post Newer Post →


8 comments

  • Makasih infonya sangat membantu,coba mau saya pratekkan kk…

    Farah on
  • Wah infonya bermanfaat banget kak😍
    Jangan bosen-bosen ngepost yah hehe😁

    Firia Dwifa Jannah on
  • Sangat membantu dan terbukti
    Recommended banget 💖

    Naning on
  • Sangat membantu dan terbukti
    Recommended banget 💖

    Naning on
  • Sangat membantu dan terbukti
    Recommended banget !!!

    Naning on

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.