Panduan Lengkap Merawat Kulit Wajah Agar Sehat dan Kencang

Posted by Husnul Cantik Menawan on

Merawat kulit wajah adalah salah satu cara (yang bisa dengan mudah kita lakukan) untuk menjaga agar kulit tetap sehat, kencang, terlihat lebih glowing, dan awet muda. Akan tetapi, di luar sana ada banyak jenis produk skin care ataupun produk perawatan kulit alami yang bisa dipilih dan kita gunakan. Tapi masalahnya, manakah dari sekian banyak produk tersebut yang cocok untuk kulitmu?

Kamu mungkin berpikir, produk yang mahal atau skincare alami buatan sendiri sudah pasti bagus dan cocok untuk semua jenis kulit. Tapi sayangnya, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, sebuah produk perawatan kulit seringkali diformulasikan secara khusus untuk jenis kulit tertentu.

Jadi, sebelum mulai melakukan perawatan kulit. Kita wajib Mengidentifikasi jenis kulit yang kita miliki terlebih dahulu agar bisa memilih produk yang tepat.

Pernahkah kamu mencoba untuk mengidentifikasi jenis kulitmu? Apakah kulitmu adalah jenis kulit berminyak, kering, sensitif, atau kulit normal?

Mengapa Kita Perlu Mengidentifikasi Jenis Kulit?

Dengan mengetahui jenis kulit kita yang sebenarnya akan sangat membantu dalam memilih kosmetik yang paling tepat ataupun produk perawatan kulit yang paling cocok untuk digunakan.

Jika kamu hanya mencoba-coba dan berusaha mencari produk yang cocok tanpa mengidentifikasi jenis kulit terlebih dahulu. Saya khawatir, cara tersebut akan meningkatkan resiko kulit. Misalnya, resiko jerawat, atau muka yang berjerawat jadi tambah parah, kulit yang tadinya lembab jadi kering, atau berbagai masalah kulit lainnya yang tentu akan membutuhkan perawatan perawatan lain untuk mengembalikannya ke kondisi semula.Ā 

Intinya, kesalahan memilih produk bisa membuat kita justru menambah derita kulit. Jadi, pastikan kamu mengidentifikasi jenis kulitmu terlebih dahulu sebelum mulai memilih atau menggunakan produk tertentu untuk merawatnya.

Setelah mengetahui secara pasti jenis kulit yang kamu miliki, barulah kamu bisa membuat rutinitas perawatan kulit harian dengan menggunakan produk-produk yang banyak dijual di toko kosmetik maupun toko skin care serta toko online.

Cara Merawat Kulit Wajah Agar Sehat dan Kencang

Untuk bisa merawat kulit wajah dengan benar agar tetap sehat dan kencang sehingga bisa membuat kamu terlihat awet muda hingga usia tua, maka kamu wajib:

  • Membuat rutinitas perawatan kulit harian menggunakan produk yang tepat dan dengan cara yang benar,
  • Mengetahui apa saja produk-produk yang sebaiknya tidak kamu gunakan, dan
  • Tahu cara mengatasi setiap masalah kulit muka.

Untuk memulai panduan lengkap merawat kulit muka agar sehat dan kencang ini, terlebih dahulu kita akan membahas hal paling penting yaitu, cara mengetahui jenis kulit wajah kita masing-masing.

1. Cara Mengetahui Jenis Kulit

Mengidentifikasi jenis kulit bisa dilakukan sendiri di rumah dengan melakukan beberapa tes. Tes tersebut berguna untuk mengukur produksi sebum pada kulit.Ā 

Buat kamu yang belum tahu apa yang dimaksud dengan sebum, ini adalah cairan lilin yang berminyak dan keluar dari pori-pori kulit. Jumlah sebum yang dihasilkan kulit bisa menentukan apakah kulitmu adalah jenis,

  • Kulit kering
  • Kulit berminyak
  • Kulit normal, atau
  • Kulit kombinasi

Macam-macam tipe kulitJika tidak ingin ke dokter kulit atau dermatologis atau ke pusat skin care untuk mengidentifikasi jenis kulit, kamu bisa mencoba menentukan sendiri di rumah dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Cuci muka tanpa menggunakan sabun lalu keringkan. Setelah itu, tunggulah 30 menit
  2. Ambil 3 lembar tisu wajah lalu tekan perlahan di wajah. Teken tisu pada area yang berbeda dari mukamu. Mulai dari, area dahi dan hidung, pipi, serta dagu
  3. Arahkan tisu yang kamu gunakan untuk mengecek kadar serum wajahmu ke sumber cahaya untuk melihat seberapa transparan tisu tersebut
  4. Hasil tes:
    1. Kulit kering. Tisu tampak normal dan tidak transparan serta nyaris tanpa ada jejak-jejak minyak sedikit pun
    2. Kulit berminyak. Ketiga tisu yang kamu gunakan untuk menguji bagian-bagian kulit muka. Mulai dari hidung, pipi, dan dagu, semuanya sangat berminyak
    3. Kulit kombinasi. Tisu tampak berminyak di beberapa area dan kering di beberapa area yang lain. Misalnya, tisu yang kamu gunakan untuk menguji dahi dan hidung tampak berminyak, tapi tisu yang kamu gunakan untuk menguji bagian pipi terlihat kering
    4. Kulit normal. Tisu yang kamu gunakan untuk melakukan tes menyisakan sedikit jejak-jejak minyak tapi tidak separah hasil dari jenis kulit berminyak

Selain 4 jenis kulit di atas, sebenarnya masih ada satu jenis kulit lain yang juga kadang dimiliki oleh beberapa orang. Jenis kulit yang saya maksud tersebut adalah, jenis kulit sensitif. Ciri-ciri kulit sensitif diantaranya adalah:

  1. Sangat cepat bereaksi terhadap produk baru, bahkan sesaat setelah diaplikasikan
  2. Kulit sangat mudah memerah ketika terkena bahan-bahan kimia dari berbagai macam kosmetik atau skin care serta produk kimia
  3. Gampang mengalami alergi kulit
  4. Kulit tidak bisa melindungi dirinya dengan baik

2. Membuat rutinitas perawatan kulit

Terlepas dari apapun jenis kulitmu, membuat rutinitas perawatan kulit harian bisa membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan dan mengatasi berbagai masalah kulit. Mulai dari jerawat, komedo, bintik-bintik hitam, kulit belang, hingga tanda-tanda penuaan.

Rutinitas perawaran wajahRutinitas perawatan kulit harian umumnya terdiri atas empat langkah dasar yang dilakukan pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Keempat langkah rutinitas perawatan kulit muka tersebut serta cara perawatan kulit yang perlu dihindari, akan saya bahas tuntas pada artikel berikutnya, yang akan kami publish seminggu kemudian. So, stay tune guysā€¦

Kesimpulan

Jenis kulit yang kita miliki bisa mempengaruhi cara kerja produk skin care dan kosmetik yang kita gunakan. Oleh sebab itu, apabila menggunakan produk yang salah, meskipun itu adalah produk alami atau buatan sendiri, tidak menutup kemungkinan apabila produk tersebut bisa membuat wajah justru jadi berjerawat, bernoda, memunculkan bintik-bintik hitam, menyebabkan iritasi atau kemerah-merahan pada kulit, dan berbagai masalah kulit wajah lainnya. Karena itu, sangat penting untuk mengidentifikasi kulit sebelum mulai memilih produk perawatan kulit ataupun kosmetik untuk digunakan.

Setelah mengidentifikasi jenis kulit dan memilih produk perawatan yang benar untuk digunakan. Selanjutnya, kamu bisa membuat penampilanmu lebih menarik dan atraktif dengan mengenakan pakaian yang trendy serta aksesoris fashion yang menarik. Seperti tas, jam tangan wanita, sepatu lucu, hingga perhiasan.


Share this post



ā† Older Post Newer Post ā†’


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.