5 Exfoliasi Alami Terbaik untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Posted by Husnul Cantik Menawan on

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas panjang lebar mengenai alasan mengapa kita perlu mengelupas sel kulit mati. Pada artikel tersebut, saya juga membeberkan beberapa metode mengangkat sel kulit mati (eksfoliasi) yang bisa kita gunakan. Mulai dari metode manual menggunakan penggosok atau exfoliator alami hingga menggunakan zat kimia yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Melengkapi artikel tersebut, kali ini saya akan mencoba mengulas 5 exfoliator alami terbaik yang bisa kamu pilih untuk mengangkat sel-sel kulit mati, lengkap dengan cara membuatnya. Saya sengaja menyuguhkan beberapa metode eksfoliasi alami karena, setiap wanita pasti punya jenis kulit yang berbeda-beda. Mulai dari, kulit sensitif hingga kulit kombinasi.

Setiap jenis kulit tersebut tentu saja membutuhkan teknik pengelupasan yang tepat berdasarkan jenisnya. Tujuannya adalah untuk meminimalkan resiko iritasi dan untuk membantu mencapai hasil terbaik.

Tips Memilih Exfoliator yang Cocok Berdasarkan Jenis Kulit

Memilih teknik eksfoliasi yang tepat bermanfaat untuk mencegah agar kulit tidak mengalami iritasi. Atau paling tidak, meminimalkan resiko iritasi, disamping bisa membantu kita mendapatkan hasil yang terbaik. Nah, berdasarkan jenis kulit, berikut adalah beberapa teknik eksfoliasi yang bisa kamu gunakan.

1. Kulit normal

Kulit normal tidak membutuhkan tips khusus. Pasalnya, kulit normal umumnya tidak mudah teriritasi. Orang-orang yang memiliki kulit normal bisa menggunakan berbagai teknik eksfoliasi ataupun menggunakan berbagai macam exfoliator tanpa khawatir mengalami efek samping.

2. Kulit sensitif

Kalau kamu sering mengalami iritasi atau merasakan kulit agak perih ketika menggunakan produk baru. Itu menandakan bahwa jenis kulitmu adalah kulit sensitif.

Kulit sensitif biasanya direkomendasikan untuk menggunakan exfoliator jenis asam beta hidroksi. Keterangan lebih lanjut mengenai macam-macam zat kimia asam beta hidroksi yang berasal dari tumbuh-tumbuhan bisa kamu baca pada artikel yang saya publish satu minggu sebelumnya.

3. Kulit kering

Kulit kering biasanya bersisik dan kasar. Exfoliator asam beta hidroksi seperti asam glikolat biasanya cocok untuk kulit kering karena bisa menembus lapisan permukaan jenis kulit kering.

4. Kulit berminyak

Ciri-ciri kulit berminyak diantaranya adalah, tampak berkilau dan terasa agak licin karena berminyak. Kalau kamu punya kulit berminyak, kamu bisa menggunakan exfoliator kimia ataupun berbagai macam exfoliator alami seperti yang bisa kamu baca di bagian bawah nanti.

5. Kulit kombinasi

Kulit kombinasi adalah jenis kulit yang di beberapa bagian terasa kering dan di bagian-bagian lain terasa agak berminyak. Untuk kulit kombinasi, kamu perlu menggunakan dua jenis eksfoliasi. Yaitu exfoliator untuk kulit berminyak yang harus diterapkan di area-area yang berminyak dan exfoliator kulit kering untuk diterapkan di area-area kulit yang kering.

Exfoliasi Alami untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Saat ini berbagai macam exfoliator sebenarnya bisa kita jumpai dengan mudah di toko kosmetik maupun di toko online. Salah satu jenisnya adalah, lulur mandi.Ā 

Cara membuat lulur alami

Macam-macam lulur mandi bisa kita beli dengan harga yang beragam. Tapi, bagi kamu yang ingin berhemat dan mencoba menggunakan lulur alami buatan sendiri, kamu bisa mencoba 5 eksfoliasi alami terbaik untuk mengangkat sel kulit mati berikut ini.

1. Lulur alami ampas kopi

Kalau kamu suka ngopi atau kebetulan punya anggota keluarga yang suka ngopi di rumah. Sisa ampas kopinya bisa kamu simpan dan gunakan untuk membuat lulur alami. Caranya,

  • Sediakan sekitar 1/4 cangkir ampas kopi
  • Tambahkan 1/4 cangkir gula merah
  • 2 sdt susu atau buttermilk. Dan,
  • 1 sdt madu

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan-bahan tersebut, lalu aduk hingga tercampur rata
  2. Basahi kulit dan tangan dengan air
  3. Balurkan lulur alami tersebut ke seluruh tubuh. Selain di kulit tubuh, kamu juga bisa menggunakan lulur ini untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah dan leher
  4. Gosok-gosokkan lulur alami tersebut selama kurang lebih 3 sampai 4 menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat, lalu keringkan tubuhmu
  5. Sisa lulur yang tidak habis terpakai bisa kamu simpan di kulkas

2. Lulur gula merah

Gula merah adalah bahan lulur alami lainnya yang bisa dengan mudah kita buat di rumah. Lulur ini juga cukup efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

DIY exfoliating skin

Lulur gula merah bisa jadi pilihan terbaik untuk jenis kulit sensitif karena lebih lembut jika dibandingkan dengan garam laut atau garam epsom (magnesium sulfat). Adapun cara membuatnya adalah,

  • Sediakan setengah cangkir gula merah
  • Setengah cangkir minyak kelapa atau bisa juga minyak zaitun atau minyak almond. Dan,
  • Tambahkan sedikit minyak esensial kalau kamu ingin menikmati efek relaksasi sambil mandi

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan-bahan tersebut ke dalam mangkok, lalu aduk hingga rata
  2. Tambahkan 1 atau 2 tetes minyak esensial yang kamu sukai. Tambahan ini sifatnya opsional saja. Jadi, kamu bisa melewatinya jika tidak menginginkannya atau jika tidak punya minyak esensial di rumah
  3. Setelah tercampur rata, kamu bisa membalurkan lulur tersebut ke seluruh tubuh setelah membasahi kulit dan tangan

3. Lulur garam

Garam laut yang biasanya kita gunakan untuk memasak juga dapat dimanfaatkan sebagai lulur alami untuk mengangkat sel kulit mati. Lulur yang terbuat dari garam punya banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk menyehatkan kulit karena memiliki sifat antibakteri.

Jenis garam yang bisa digunakan untuk lulur adalah garam halus, agar tidak menyebabkan kulit abrasif. Lulur yang terbuat dari garam umumnya tidak cocok untuk kulit sensitif karena sifatnya yang sangat abrasif.

Selain itu, cobalah untuk menghindari agar lulur tidak mengenai kulit kepala karena bisa menimbulkan rasa perih. Cara membuat lulur garam bisa kamu lihat di bawah ini.

  1. Campuran setengah cangkir garam halus dengan setengah cangkir minyak alami seperti, minyak biji anggur, minyak almond, zaitun, jojoba, atau minyak kelapa murni
  2. Karena garam tidak memiliki aroma, kamu bisa menambahkan aroma minyak esensial jika ingin lulur DIY ini tercium lebih wangi
  3. Setelah bahan-bahan tersebut diaduk dan tercampur rata, selanjutnya kamu bisa menggunakannya untuk mengangkat sel kulit mati di tubuhmu

4. Scrub gula dan teh hijau

Teh hijau dikenal kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi. Sebuah studi pada tahun 2013 menyebutkan bahwa, teh hijau bisa membantu mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari. Untuk membuat scrub dari bahan teh hijau dan gula, caranya adalah sebagai berikut.

  1. Sediakan sebuah mangkuk. Lalu masukkan satu cangkir air panas ke dalamnya. Setelah itu, masukan 2 kantong (celup) teh hijau. Biarkan teh terendam hingga airnya dingin
  2. Campur dengan 1 cangkir gula merah dan 1/4 cangkir minyak kelapa, lalu aduk hingga rata
  3. Jika campuran tersebut terlalu lembek, kamu bisa menambahkan sedikit gula atau jika terlalu rapuh, kamu bisa menambahkan lebih banyak minyak kelapa

5. Eksfoliasi gula dan madu

Madu dikenal memiliki sifat antibakteri dan memiliki sifat antioksidan serta antimikroba. Karena itulah, madu sering digunakan sebagai masker hingga bahan campuran exfoliator untuk kulit.

Manfaat utama madu adalah untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan melindunginya dari bahaya sinar ultraviolet serta membantu membunuh kuman yang ada pada kulit. Adapun cara membuat eksfoliasi alami dari gula dan madu adalah sebagai berikut.

  1. Sediakan wadah, lalu campurkan setengah cangkir gula merah dan seperempat cangkir minyak kelapa serta 2 sendok makan madu
  2. Jika hasilnya terlalu rapuh, kamu bisa menambahkan lebih banyak minyak kelapa sampai kamu mendapatkan kekentalan yang pas

Kesimpulan

Eksfoliasi atau lulur alami di atas dimaksudkan untuk kulit tubuh, bukan kulit wajah. Karena kulit wajah umumnya lebih sensitif dibandingkan dengan kulit tubuh. Jika kulitmu mengalami efek terbakar, pecah-pecah atau tergores, dan merah atau bengkak-bengkak, hentikan pemakaian eksfoliasi alami tersebut.

Membuat lulur alami di rumah bisa menjadi alternatif untuk mengisi hari-hari di rumah selama pandemi covid-19 yang membosankan. Selain membuat lulur alami, kamu juga bisa memanjakan diri dengan mengenakan baju wanita model terbaru yang trendy, bagus, lembut, dan berkualitas meski kamu tinggal di rumah aja.


Share this post



ā† Older Post Newer Post ā†’


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.