8 Kesalahan Mencuci Rambut Yang Sering Kamu Abaikan Mau Tahu Apa Saja?

Posted by Anik Cantik Menawan on

 

Siapa sih wanita yang tidak ingin memiliki rambut indah? Hampir semua wanita mendambakan memiliki rambut indah dan tentunya sehat. Tapi pada kenyataannya, tidak sedikit dari kamu yang masih suka mengabaikan kesalahan kecil yang bisa berakibat fatal untuk kesehatan rambut.

Jadi, jangan sampai hal itu terjadi di kamu ya! Yuk kita intip apa saja sih kesalahan mencuci rambut yang sering kita abaikan.

1.   Salah Memakai Shampo

 salah_sampo

Images: Sukabumiupdate.com

Diantara kamu pasti ada yang asal memilih shampo karena wanginya, atau harganya. Eits, kamu jangan meremehkan soal ini ya. Meski sepele, kamu justru perlu memperhatikan shampo mana yang cocok dengan kulit kepala kamu. Shampo dengan label clarifying cocok bagi kamu yang memiliki kulit kepala berminyak. Nah, bagi kamu yang punya jenis rambut kering, pilihlah shampo dengan label hydrating atau moisturizing agar rambut kamu kembali lembut dan halus.

2.   Tidak Menggunakan Vitamin Rambut

Vitamin rambut

Images: Dewiku.com

Tak perlu selalu ke salon kecantikan, merawat rambut pun bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah. Salah satu perawatan yang dapat diterapkan dirumah adalah dengan menggunakan vitamin rambut.

Perlu kamu ketahui kalau vitamin rambut mempunyai banyak sekali mafaat bagi kesehatan rambut kamu. Menggunakan kondisioner saja tidak cukup. Untuk memiliki rambut halus, lembut, dan sehat kamu bisa mulai membiasakan diri untuk menggunakan vitamin rambut saat keramas.

Fungsi dari vitamin rambut ini adalah:

  1. Membuat akar rambut kuat
  2. Melebatkan rambut
  3. Menutrisi rambut
  4. Membuat rambut berkilau
  5. Mengatasi masalah ketombe pada kulit kepala
  6. Megatasi masalah rambut bercabang dan rontok

Eits, walaupun vitamin rambut punya banyak manfaat untuk kesehatan rambut kamu, namun vitamin rambut juga punya efek samping apabila digunakan terlalu sering. Apa saja efek samping dari menggunakan vitamin rambut yang berlebihan?

a. Rambut akan jadi rusak

Kenapa bisa? Karena vitamin rambut juga mengandung bahan kimia, apabila rambut kamu selalu terkena paparan bahan kimia, justru akan membuat rambut kamu jadi rusak. Jadi, jangan berlebihan ya!

b. Menghambat pertumbuhan rambut

Vitamin A, C, dan E terkandung pada vitamin rambut.  Penggunaan vitamin rambut secara berlebihan dapat menimbulkan resiko menghambat pertumbuhan rambut karena penumpukan vitamin pada kulit kepala.

 

3. Memijat Kepala Secara Berlebihan

Kesalahan yang ketiga yaitu memijat kepala secara berlebihan.

Boleh-boleh saja kalau kamu memijit kepala saat mencuci rambut. Itu akan menimbulkan kepuasan tersendiri bagi kamu. Tapi, perlu kamu ketahui kalau memijat kepala terlalu keras justru akan membuat rambut kamu rusak dan mengalami kerontokan yang tidak sedikit. Faktanya kamu justru dianjurkan untuk melakukan pijatan ringan saat mencuci rambut karena bagus untuk melancarkan peredaran darah

4.   Terlalu sering mencuci rambut

Cuaca panas dan polusi saat beraktivitas bisa jadi membuat kamu gerah dan merasa kucel. Setelah aktivitas seharian kamu ingin mencuci rambut sebelum tidur agar kesegaran kepala kembali terasa. Tapi apa kamu tahu jika mencuci rambutmu setiap hari, akan membuat rambutmu rusak? Itu semua karena keramas terlalu sering menyebabkan minyak di rambutmu akan hilang..

5.   Menggunakan air hangat untuk mencuci rambut

keramas_dengan_air_hangat

Images: Merdeka.com

Kamu tau nggak sih? Mencuci rambut menggunakan air hangat bukan hal yang baik diterapkan karena efeknya justru bisa membuat rambut kamu menjadi rusak. Loh kenapa ya? Itu sebabnya karena tingginya suhu air akan menyebabkan akar rambut menjadi rapuh yang berakibat pada kerontokan.

Padahal nggak sedikit orang yang justru menyukai keramas dengan menggunakan air hangat. Namun jika dibiasakan itu akan membuat rambut mudah kering dan mati. Tapi tips yang bisa kamu aplikasikan di rumah jika ingin tetap keramas dengan air hangat adalah dengan memadukannya dengan air dingin. Mulai membasahi rambut dengan air hangat untuk membuka pori-pori rambut untuk membuang kotoran lalu membilasnya dengan air dingin.

6.   Rambut kurang basah

rambut_kurang_basah

Images: Bersamadakwah

Kadang saat terburu-buru namun harus keramas kita sering melakukan hal-hal yang justru membuat kita bertingkah konyol. Rambut belum seluruhnya basah, kita tidak sabar menuangkan shampo dan cepat-cepat menggosoknya. Terdengar remeh, namun ini bisa membuat fungsi shampo yang kamu aplikasikan ke rambut tidak maksimal. Tanpa busa, fungsi shampo yang sebenarnya sebagai vakum penghisap kotoran tidak akan bekerja dengan baik. Jadi jangan lupa basahi kepalanya terlebih dahulu sebelum menggosok rambut ya!

7.   Mencuci rambut pada malam hari

keramas_malam_hari

Images: Lentera.co.id

Kesibukan dalam berakvifitas seharian membuat kita jarang bahkan malas untuk mencuci rambut pada pagi hari. Tak jarang selepas berakivitas itulah kita menggunakan momen saat mandi di malam hari untuk keramas. Setelah keramas kita akan merasakan sensasi kepala segar dan mengantuk. Badan payah karena seharian beraktivitas membuat kita tak sabar untuk istirahat malam. Perbedaan waktu untuk keramas bukanlah masalah serius, yang menjadi permasalahan apabila setelah keramas kamu langsung tidur. Tidur setelah keramas akan membuat rambut kamu menghasilkan minyak yang berlebihan. Hal ini disebabkan karena tekanan kepala saat rambut basah kepada bantal akan memicu minyak yang lebih banyak dibandingkan membiarkan kering terlebih dahuu. Maka disarankan bagi  kamu agar menghindari keramas pada malam hari. Masalah lain yang dapat timbul adalah munculnya jamur yang berpotensi membuat kulit kepala berketombe, dimana jamur menyukai lingkugan lembab.

8.   Kurang bersih membilas shampo

kurang_bersih_membilas_sampo

Images: Akurat.co

Shampo yang kurang bersih terbilas akan mudah membuat kulit kepala kamu menjadi gatal. Hal tersebut disebabkan karena sisa busa shampo akan menjadi ketombe di kulit kepala kamu. Apalagi jika setiap keramas kamu selalu memberikan bilasan yang kurang optimal, sisa busa shampo yang dulu jadi bertumpuk dan ketombe kamu jadi semakin banyak. Jadi saat kamu keramas, jangan sampai kamu malas untuk memastikan apakah shampo yang kamu gunakan sudah terbilas bersih atau belum.

Sebagai kesimpulan, untuk mendapatkan rambut yang sehat dan cantik kita perlu memperhatikan kesalahan-kesalahan yang sering kita lakukan baik dengan sengaja maupun tak sengaja yang sudah dijabarkan di atas. 

Semoga bisa memberi manfaat untuk mendapatkan rambut yang cantik dan sehat seperti impian kamu.

Oh ya, kalo mau mendapatkan tips cantik lainnya yuk masukan email kami di bawah, kami akan kirimkan tips kecantikan berikutnya.

 

 


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.