7 Masker Alami untuk Meluruskan Rambut

Posted by Husnul Cantik Menawan on

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meluruskan rambut secara alami. Mulai dari, mengeringkannya dengan menggunakan udara dingin, menggunakan minyak esensial minyak almond, serta menggunakan masker alami.

Jika pada artikel sebelumnya kami sudah membahas cara meluruskan rambut dengan berbagai trik. Kali ini, kami akan membahas beberapa masker alami yang dapat membantu meluruskan rambut.

Karena pada dasarnya, rambut lurus memiliki banyak manfaat, hingga banyak orang yang menginginkannya. Selain terlihat rapi, rambut lurus juga, bebas kusut, mudah ditata, terasa enak saat disentuh, berkilau, serta cocok dengan hampir semua jenis potongan rambut. Berikut adalah masker alami untuk meluruskan rambut yang bisa kamu coba.

1. Masker rambut dari minyak kelapa murni

Masker rambut dari minyak kelapa murni

Minyak kelapa adalah salah satu bahan alami terbaik yang dapat membantu melembutkan dan menjinakkan rambut yang bergelombang. Minyak kelapa sangat mudah diserap karena mengandung asam lemak, mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk meningkatkan rambut, dan mengandung filter UV yang berguna untuk mencegah kerusakan pada rambut akibat paparan sinar matahari, serta memiliki sifat pelembab yang akan mencegah rambut dari kekeringan.

Ada beberapa cara menggunakan minyak kelapa untuk meluruskan rambut. Cara pertama, bisa digunakan sebelum mandi. Yaitu dengan mengaplikasikannya mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut kemudian didiamkan selama kurang lebih 10 menit sebelum dibilas dan dibersihkan dengan sampo. Ini merupakan salah satu pilihan cara merawat rambut yang bermanfaat untuk memperkuat rambut mulai dari akar hingga ujungnya.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakannya sebagai pengganti conditioner. Kamu bisa mengaplikasikannya mulai dari bagian tengah hingga ujung rambut. Cara yang kedua ini bermanfaat untuk melembabkan rambut sekaligus mencegah agar rambut tidak kusut.

Jika dioleskan langsung ke kulit kepala, minyak kelapa memiliki manfaat sebagai antimikroba yang akan membantu melawan ketombe, membuka pori-pori, serta meningkatkan pertumbuhan rambut.

Apapun metode yang kamu pilih, pastikan kamu menggosok-gosokkan minyak kelapa terlebih dahulu di kedua tangan sebelum diaplikasikan.

Minyak kelapa juga sangat bermanfaat untuk meluruskan rambut karena teksturnya yang berat. Kalau kamu punya rambut yang tipis, kamu cukup menggunakan satu sendok teh saja. Tapi kalau rambutmu cukup tebal, kamu bisa menggunakan sebanyak satu sendok makan.

2. Masker susu dan madu

Masker susu dan madu sangat cocok bagi kamu yang punya rambut halus dan agak tipis. Masker ini bisa membantu mencegah agar rambut tidak rusak karena mengandung keratin. Salah satu manfaat keratin adalah untuk memperkuat rambut, sehingga tidak mudah patah.

Masker susu dan madu

Disamping itu, masker rambut yang terbuat dari susu dan madu ini juga bermanfaat untuk mendorong regenerasi sel di kulit kepala serta memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi gejala iritasi.

Selain itu, kombinasi antara susu dan madu juga akan memberikan banyak nutrisi bagi rambut serta kulit kepala. Karena, di dalamnya terdapat kandungan protein, vitamin B12, asam amino, zat besi, dan seng.

Bagaimana cara membuat masker susu dan madu untuk meluruskan rambut?

  • Pertama, kamu perlu menyediakan botol semprot
  • Kemudian masukkan satu cangkir susu dan satu sendok makan madu ke dalam botol, lalu kocok hingga tercampur sempurna. Setelah itu,
  • Semprotkan campuran tersebut ke seluruh bagian rambut dan biarkan selama kurang lebih 20 menit sebelum dibilas menggunakan air hangat agar hasilnya bisa membuat rambut jadi lebih halus dan berkilau

Bagi kamu yang punya rambut tebal, kamu perlu menambahkan lebih banyak susu. Kalau kamu punya rambut yang agak kasar, kamu bisa menggunakan susu krim. Tapi kalau kamu punya rambut yang tipis dan halus menggunakan susu skim adalah pilihan yang tepat.

3. Masker pisang dan minyak zaitun

Pisang matang dan buah zaitun adalah dua bahan alami yang sangat mudah didapatkan sekaligus bisa memberikan keajaiban pada rambut.

Selain bisa membantu melembabkan rambut, mengatasi rambut kusam, dan mencegahnya dari kerusakan, pisang juga bermanfaat karena, kaya vitamin dan mineral seperti potassium yang akan membantu memperkuat rambut serta menyeimbangkan pH kulit kepala.

Di sisi lain, minyak zaitun kaya akan asam lemak sehat dan vitamin E. Bagi rambut, minyak zaitun bisa bermanfaat untuk menambah kilau dan membuatnya jadi lebih halus. Selain itu, minyak zaitun juga bermanfaat untuk mengatasi kerusakan pada rambut dan mencegahnya agar tidak bercabang.

Berikut adalah cara membuat masker rambut alami dari pisang dan minyak zaitun.

  • Sediakan 1 buah pisang yang sudah matang. Kemudian haluskan. lalu campur dengan 1 sdm minyak zaitun
  • Oleskan masker rambut tersebut ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala dengan menggunakan jari sambil dipijat-pijat lalu biarkan selama kurang lebih 15 menit sebelum dibilas

4. Masker rambut alpukat dan minyak zaitun

Masker untuk meluruskan rambut lainnya adalah masker yang terbuat dari campuran alpukat dan minyak zaitun. Adapun cara membuatnya adalah,

  • Sediakan setengah daging buah alpukat yang sudah matang, kemudian haluskan
  • Tambahkan 5 sdm minyak zaitun
  • Aduk hingga rata
  • Oleskan pada bagian tengah rambut hingga ujungnya
  • Diamkan selama kurang lebih setengah jam

5. Masker kuning telur

Manfaat utama masker kuning telur adalah untuk menutrisi rambut agar lebih tahan terhadap kerusakan. Karena telur mengandung vitamin A vitamin E, biotin dan asam folat yang sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan rambut yang sehat dan subur.

Mengaplikasikan masker kuning telur rambut tidak hanya akan menutrisi rambut, tapi juga akan membuatnya jadi lebih lembab dan lebih lurus. Adapun cara mengaplikasikan masker kuning telur pada rambut adalah: 

  • Sediakan satu bagian kuning telur
  • Kocok atau aduk-aduk
  • Aplikasikan mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut
  • Diamkan selama kurang lebih 1 jam sebelum dibilas dengan menggunakan air dingin. Hindari membilas dengan menggunakan air hangat karena dapat membuat kuning telur mengental

6. Masker yoghurt

Kalau kamu sering bermasalah dengan rambut kusut, kamu bisa mempertimbangkan untuk mulai menggunakan masker yang terbuat dari yoghurt plain.

Pasalnya, yogurt mengandung asam laktat yang dapat membantu menghidrasi rambut, membuatnya jadi lembab, mencegahnya dari kerusakan, dan membuatnya jadi lebih lurus.

Yogurt juga bisa membantu bersihkan sel kulit mati yang ada di folikel rambut. Selain digunakan secara mandiri, yogurt juga bisa dikombinasikan dengan beberapa bahan lain seperti minyak kelapa murni atau madu untuk mencegah rambut rontok atau untuk memberikan kelembaban pada rambut kering.

Cara membuat masker yogurt untuk meluruskan rambut adalah:

  • Campurkan satu cangkir yogurt dengan 1 SDM minyak zaitun
  • Oleskan campuran tersebut bagian rambut dan Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat

7. Masker minyak kelapa dan minyak zaitun

Kalau kamu menginginkan rambut lurus yang berkilau, kamu bisa mempertimbangkan mengkombinasikan kan antara minyak kelapa dan minyak zaitun untuk membuat masker alami pelurus rambut.

Yang merupakan emolien alami yang dapat menjaga rambut tetap terhidrasi, membuat rambut jadi lebih halus dan lembut, serta membuatnya terlihat lebih berkilau.

Adapun cara menggunakan masker minyak kelapa dan minyak zaitun untuk meluruskan rambut setelah:

  • Campuran seperempat cangkir minyak zaitun dengan satu sendok makan minyak kelapa yang sudah dihangatkan
  • Aplikasikan ke seluruh bagian rambut lalu Diamkan selama kurang lebih 10 menit sambil menggunakan shower cap
  • Setelah itu bilas dengan air hangat

Kesimpulan

Masker alami untuk meluruskan rambut di atas adalah pilihan terbaik kalau kamu ingin mendapatkan rambut yang lebih halus, sehat, lembab, dan lurus secara alami tanpa melibatkan bahan-bahan kimia yang dapat merusak rambut.

Menerapkan masker alami pelurus rambut buatan sendiri di atas selain bermanfaat untuk menyehatkan dan membuat rambutmu jadi lebih lurus, juga bisa kamu manfaatkan untuk menghemat budget ke salon. Uangnya bisa kamu tabung atau bisa juga kamu belikan perhiasan hingga pakaian yang kamu butuhkan seperti sepatu, tas model terbaru, kacamata, jam, atau kebaya.


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.