Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa Rebonding

Posted by Husnul Cantik Menawan on

Setiap wanita pasti mimpikan rambut panjang, tebal, dan sehat. Impian tersebut sebenarnya mudah diwujudkan. Apalagi, kalau kamu membaca artikel kami yang membahas beberapa cara memanjangkan rambut dengan cepat dari para ahli rambut.

Selain memimpikan rambut panjang, banyak wanita yang juga menginginkan rambut lurus. Karena banyak yang menganggap rambut lurus itu bagus, mudah diatur, cantik, dan keren.

Rambut lurus alami

Sayangnya, keinginan memiliki rambut lurus membuat banyak wanita menempuh cara yang tidak sehat. Misalnya dengan menggunakan pemanas atau catok. Meski bisa meluruskan rambut. Sayangnya, cara ini bukanlah pilihan terbaik. Karena itulah, kami mencoba mengumpulkan beberapa metode meluruskan rambut secara alami tanpa rebonding berikut ini.

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Membuat rambut terlihat lebih rapi dan lurus menggunakan alat styling atau catok sangat berbahaya karena, bisa menghilangkan kelembaban rambut dan membuat rambut jadi mudah patah. Seiring waktu, penggunaan hair dryer hingga catok dapat menyebabkan kerusakan yang akan membuat rambut jadi kering dan kasar.

Kabar baiknya, bagi kamu yang punya rambut bergelombang dengan tekstur yang halus. Ada beberapa trik meluruskan rambut tanpa harus dicatok atau dikeringkan dengan menggunakan hair dryer. Berikut adalah caranya. 

1. Keringkan dengan udara dingin

Kamu selama ini kamu sudah terbiasa mengeringkan rambut dengan menggunakan hair dryer yang menyemburkan udara panas. Kamu bisa mempertimbangkan untuk mengubah metode caramu mengeringkan rambut tersebut, yaitu dengan menggunakan udara dingin.

Caranya sangat mudah. Pertama, biarkan rambut mengering secara alami hingga sekitar tiga perempat bagian. Kemudian, bagi rambut menjadi 3 bagian.

Atur hair dryer agar berjalan pada mode dingin. Kemudian, gunakan untuk mengeringkan rambut dari mulai akar hingga ujungnya. Pastikan kamu terus-menerus menggerakkan hair dryer dari akar hingga ujung rambut dan berilah jarak sekitar 15 cm.

Meskipun metode ini tidak 100% bisa membuat semua helai rambut menjadi lurus. Namun setidaknya, cara meluruskan rambut ini lebih aman dan tidak merusak batang rambut jika dibandingkan dengan meluruskan menggunakan catok hair dryer dengan settingan udara panas.

2. Gunakan produk pelurus rambut

Ada beberapa produk pelurus rambut yang bisa dengan mudah kita temukan di toko kecantikan ataupun toko online. Mulai dari shampo, conditioner, hair spray, produk conditioner tanpa bilas, hingga serum pelurus rambut.

Berbagai produk tersebut selain bermanfaat untuk meluruskan rambut juga bisa dimanfaatkan untuk menenangkan rambut sekaligus merilekskan-nya.

Produk berupa conditioner atau pelurus rambut yang mengandung keratin sangat direkomendasikan karena selain akan melindungi rambut dengan melapisinya, juga bermanfaat untuk membuat rambut jadi lebih berat sehingga rambut yang tadinya ikal akan jadi lebih lurus.

3. Gunakan masker rambut

Masker rambut buatan sendiri selain bisa memberikan tampilan yang lebih berkilau pada rambut, juga bisa membuat rambut jadi lebih lurus.

Pilihan masker rambut alami yang direkomendasikan untuk meluruskan rambut adalah yang banyak mengandung protein. Seperti masker rambut yang terbuat dari telur, madu, atau alpukat.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa murni yang dihangatkan atau minyak almond untuk memijat-mijat kulit kepala agar rambut tumbuh lebih sehat dan lurus.

4. Oleskan minyak esensial

Ada beberapa jenis minyak esensial yang bisa membantu meluruskan rambut. Minyak esensial direkomendasikan untuk meluruskan rambut karena minyak jenis ini sangat mudah diserap oleh rambut.

Beberapa contoh minyak esensial yang bagus untuk meluruskan rambut di antaranya adalah, minyak kelapa murni, minyak almond, hingga minyak macadamia. Berbagai pilihan minyak tersebut dipercaya dapat menembus folikel rambut serta dapat memperbaiki sel-sel di dalamnya.

Sebelum digunakan, ada baiknya kamu menghangatkan minyak esensial tersebut dengan menggosoknya diantara dua telapak tangan. Selain bermanfaat untuk menghangatkan minyak, cara ini juga memudahkan kamu aplikasikan minyak ke seluruh bagian rambut.

Fokuslah pada ujung rambut. Dan ingat! Jangan menggunakan minyak esensial secara berlebihan. Gunakanlah secukupnya saja--sekedar menambah aroma dan kilau di ujung rambut serta untuk memberikan rambut sedikit beban agar jadi lebih lurus.

5. Sikat rambut hingga mengering

Meluruskan rambut

Setelah keramas, sebelum rambut benar-benar kering, cobalah untuk menyikatnya (menyisirnya) selama kurang lebih 5 menit. Sisirlah secara perlahan menggunakan sikat rambut sambil menahannya selama beberapa detik agar rambut jadi lurus. Kamu juga bisa melakukannya di depan kipas angin agar lebih cepat. Tapi ingat, kamu harus menyisir rambut secara terus-menerus.

6. Henna bisa digunakan untuk meluruskan rambut

Cara meluruskan rambut secara alami tanpa rebonding selanjutnya adalah dengan memanfaatkan henna. Henna cukup banyak digunakan oleh wanita di berbagai belahan dunia untuk meluruskan rambut.

Selain membuat struktur rambut jadi terlihat lebih tebal. Henna juga bisa dimanfaatkan untuk meluruskan rambut keriting karena membuat ujung rambut jadi lebih berat. 

Selain bermanfaat untuk meluruskan rambut, henna juga bisa digunakan untuk mengobati ketombe dan mencegah ujung rambut agar tidak bercabang.

7. Meluruskan rambut dengan lidah buaya

Aloe vera atau yang lebih kita kenal dengan sebutan tanaman lidah buaya adalah sejenis tanaman serbaguna yang bisa dimanfaatkan sebagai obat luar maupun obat dalam.

Gel tanaman lidah buaya mengandung enzim yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga rambut tetap lembut serta halus. 

Seperti halnya beberapa minyak esensial yang telah kami sebutkan di atas, lidah buaya juga bisa menembus rambut, melembabkannya secara menyeluruh, serta mengurangi kemungkinan kusut atau ikal.

Cara memanfaatkan lidah buaya untuk meluruskan rambut sebenarnya sangat mudah. Kamu hanya perlu: 

  1. Mencampurkan setengah cangkir minyak hangat dengan setengah cangkir lidah buaya
  2. Oleskan campuran tersebut ke seluruh bagian rambut
  3. Tunggu hingga 30 menit kemudian cuci bersih rambutmu

Kesimpulan

Rambut keriting atau ikal selain dipengaruhi oleh faktor genetik juga bisa disebabkan kesehatan rambut yang tidak terjaga. Atau bisa juga disebabkan karena metode perawatan yang salah.

Nah, untuk mendapatkan rambut yang lebih lurus. Pastikan kamu memilih sisir yang tepat, keringkan rambut dengan cara yang benar, serta cobalah untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat menjaga kesehatan rambut seperti alpukat, ikan tuna, ubi jalar, hingga telur.

Setelah berhasil meluruskan rambut dan membuatnya terlihat lebih indah serta berkilau, jangan lupa sempurnakan penampilanmu dengan mengenakan baju wanita model terbaru, kenakan aksesoris yang tepat, dan jadilah pribadi yang murah hati.


Share this post



← Older Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.