Rahasia Tampil Cantik Menawan Dengan Cara Tidur Menurut Ahli Nutrisi dan Kebugaran

Posted by Dea Cantik Menawan on

Kurang tidur tidak hanya dapat menyebabkan kita kesulitan berkonsentrasi, melainkan dapat juga menyebabkan berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan maupun kecantikan wajah dan kulit.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bukti-bukti yang kuat mengenai, kurang tidur dapat mengakibatkan masalah kulit hingga kenaikan berat badan. Fakta di atas menunjukkan bahwa tidur yang berkualitas, atau tidur dalam waktu yang cukup sangat penting. Cara Rahasia “tidur” untuk kecantikan wajah (sleep beauty) menurut ahli nutrisi dan kebugaran bernama Kathleen Alleaume terletak pada pilihan makanan dan aktivitas yang kita lakukan.

Jika pada artikel sebelumnya kami telah membahas cara alami membuat wajah cantik berseri, pada artikel ini, kami akan membahas beberapa rahasia sleep beauty yang dibeberkan oleh Kathleen Alleaume. Terutama yang berkaitan dengan, cara mendapatkan tidur yang nyenyak dan apa saja faktor penyebab gangguan/kesulitan tidur.

Cara Tidur untuk Mempercantik Wajah Menurut Ahli Nutrisi dan Kebugaran


Tidur menurut sains


Menurut penelitian, tidur memiliki 2 tingkatan/fase yaitu, Rapid Eye Movement (REM) dan Non-REM (slow wave sleep). Pada fase pertama, kita akan masuk ke mode Non-REM, di mana detak jantung dan tekanan darah secara dramatis akan turun. Setelah tertidur selama 45-60 menit, kita akan memasuki fase yang kedua yaitu Rapid Eye Movement. Saat memasuki memasuki fase kedua tersebut, detak jantung dan tekanan darah akan berfluktuasi. Pada saat itu, kita juga biasanya akan mulai bermimpi. Fase kedua ini biasanya berlangsung selama 90 menit atau lebih.


Berapa jam waktu tidur paling ideal?

Karena tidur dianggap sebagai penunjang kesehatan, konsentrasi, kesehatan otak, hingga kecantikan, maka wajar apabila setiap kita pasti ingin tahu berapa jam-kah waktu ideal untuk tidur setiap hari?

Menurut para ahli, waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa berkisar antara 7-9 jam per hari. Hanya saja, tidur dalam waktu yang cukup tidak selalu memberikan efek positif. Pasalnya, kita membutuhkan tidur yang nyenyak untuk mendapatkan benefit dari waktu istirahat tersebut. Nyenyak dan tidaknya tidur dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti: makanan yang kita konsumsi sebelum tidur, lingkungan, tingkat stres, proses pemulihan (otot), suasana hati, hingga berat badan.


Stamina dan pemulihan

Anda mungkin sudah tahu bahwa, melakukan latihan kebugaran (olahraga) bisa membantu kita tidur lebih baik (lebih nyenyak); Atau sebaliknya, tidur nyenyak bisa membantu kita agar lebih bertenaga dan berstamina saat berolahraga. Rutin melakukan olahraga atau kegiatan yang membutuhkan kekuatan/tenaga seperti angkat beban, bisa membantu memperkuat dan memperbesar otot serta memadatkan tulang. Tapi tahukah Anda, progress pertumbuhan tulang dan otot sangat dipengaruhi oleh jam tidur dan kualitas tidur kita? Kurang tidur, kesempatan tubuh untuk melakukan: recovery, merilis hormon (misal, hormon pertumbuhan), membangun tulang, dan membakar lemak, jadi berkurang.

Dari fakta di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa tidur tidak hanya penting untuk memulihkan tenaga, melainkan penting juga untuk memberikan kesempatan bagi otot hingga tulang untuk berkembang. Waktu tidur dan kualitas tidur bisa mempengaruhi metabolisme glukosa (sumber tenaga) yang dapat mempengaruhi level energi tubuh. Kurang tidur, secara signifikan akan menyebabkan kita kesulitan mencapai level tertinggi atau kesulitan mengeluarkan kemampuan maksimal saat berolahraga.

Tidur dan lapar

Selama kita tertidur, tubuh kita akan mengontrol rasa lapar dengan menyeimbangkan hormon ghrelin dan leptin. Jadi, apabila kita kurang tidur atau tidur tidak teratur, hal tersebut akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Akibatnya, kita akan merasa lebih mudah dan lebih sering lapar. Itulah sebabnya mengapa orang-orang yang kurang tidur cenderung lebih mudah mengalami kenaikan berat badan.


Rahasia tampil cantik menawan dengan tidur

Cara tidur untuk mempercantik wajah, memperhalus kulit, dan agar awet muda, menurut para ahli adalah dengan tidur cukup dan nyenyak setiap hari. Untuk mendapatkannya, para ahli merekomendasikan:
  • Hindari mengkonsumsi kafein setidaknya 4 jam sebelum tidur. Karena kafein dapat menyebabkan kita kesulitan tidur atau tidur terlambat.
  • Hindarilah mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar (banyak) pada malam hari, setidaknya 2 jam sebelum tidur.
  • Hindari mengkonsumsi makanan-makanan pedas karena dapat menyebabkan sulit tidur dan tidur tidak nyenyak
  • Hindari melakukan aktivitas berat seperti olahraga atau latihan antara 2-3 jam sebelum tidur. Karena latihan berat dapat meningkatkan temperatur tubuh sehingga menyebabkan kita merasa tidak nyaman ketika tidur
Jika ingin tidur lebih nyenyak dan lebih mudah di malam hari, Kathleen Alleaume menyarankan kita untuk mengkonsumsi:
  • Makanan sumber karbohidrat. Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat bisa meningkatkan level tryptophan di dalam darah, yang akan diubah oleh tubuh menjadi serotonin-- yaitu sejenis zat yang dapat mempengaruhi kimia otak. Fungsi zat tersebut adalah untuk menurunkan impuls saraf dan membuat kita jadi lebih relax. Beberapa contoh makanan sumber karbohidrat yang bisa membantu kita tidur lebih nyenyak di antaranya adalah: pasta, kacang-kacangan, ubi jalar, dan gandum.
  • Teh chamomile. Ini merupakan herbal yang tidak hanya baik untuk kesehatan, melainkan juga bisa membantu kita tidur lebih nyenyak. Teh bebas kafein ini mengandung antioksidan yang bisa memberikan rasa rileks. Sehingga, sangat efektif untuk membantu mengatasi insomnia dan gangguan tidur. Teh chamomile bisa jadi alternatif terbaik untuk menggantikan kopi, green tea, atau teh pada umumnya.
  • Buah ceri. Ceri merupakan makanan alami yang banyak mengandung melatonin, yaitu sejenis zat yang bisa mempengaruhi hormon di dalam tubuh kita dan membantu kita tidur lebih teratur. Melatonin sendiri diproduksi di otak dengan mengubah trypthophan menjadi serotonin lalu diubah kembali menjadi melatonin. Hormon melatonin tersebut akan bekerja menurunkan temperatur tubuh dan menempatkan tubuh ke dalam kondisi santai (relax). Jika hormon tersebut meningkat, maka secara otomatis tidur akan jadi lebih teratur dan lebih nyenyak.
  • Buah pisang. Pisang merupakan buah yang banyak mengandung magnesium dan potasium. Kedua kandungan tersebut secara alami bisa membantu merilekskan dan mempercepat proses pemulihan otot serta membantu menenangkan saraf. Buah pisang juga dikenal banyak mengandung vitamin B yang bisa membantu mengubah/mengkonversi hormon trypthophan menjadi hormon serotonin.
  • Susu hangat. Jika Anda ingin memiliki kulit yang mulus dan segar, maka tidur nyenyak setiap malam wajib Anda miliki. Selain beberapa makanan dan minuman yang telah disebutkan di atas, menurut penelitian, mengkonsumsi susu hangat sebelum tidur juga sangat baik. Pasalnya, susu bisa membantu kita tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Susu hangat mengandung beberapa bahan yang bisa meningkatkan hormon trypthophan. Selain susu, beberapa makanan alternatif yang juga dipercaya memiliki manfaat sama adalah, ayam kalkun (turkey), ikan tuna, dan telur.


Tips tampil segar dan cantik setiap hari

Punya kulit mulus dan sehat; tubuh langsing dan bugar; serta wajah berseri saja belum cukup untuk tampil cantik sempurna. Jika Anda ingin tampil sempurna dalam berbagai situasi, Anda juga perlu memperhatikan fashion atau gaya berpakaian yang Anda terapkan. Karena, sempurna dan tidaknya penampilan kita terkadang ditentukan oleh gaya berpakaian yang kita pilih. Untuk itu, ikutilah mode yang lagi #ngehits atau beli dan gunakan pakaian yang terbuat dari bahan berkualitas. Jika perlu, pilihlah pakaian model terbaru yang cantik. Cara ini selalu bisa membuat kita tampil lebih fresh dan menawan (cantik sempurna) setiap hari.

 


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.