10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Posted by Husnul Cantik Menawan on

Tampil menarik tidak hanya bisa diperoleh dengan mengenakan pakaian yang bagus dan mahal. Atau, memakai aksesoris lengkap, mulai dari cincin hingga jam tangan keren. Tapi, bisa juga diperoleh dengan merawat tubuh, mulai dari kuku, gigi, kulit, hingga rambut.

Sebagai seorang wanita, rambut adalah bagian dari kepribadian kita yang sangat penting. Dan saya yakin, kita semua pasti menginginkan rambut panjang, sehat, tebal, serta berkilau.

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Tetapi, memanjangkan rambut tidaklah mudah. Selain karena rambut memang tumbuhnya lambat, ada banyak masalah rambut yang memaksa kita untuk memangkasnya. Kalau kamu sudah mencoba namun belum berhasil juga, cobalah 10 cara memanjangkan rambut dengan cepat berikut ini.

Faktor penyebab rambut tumbuh lambat

Sebelum saya mengulas cara memanjangkan rambut dengan cepat. Mari kita bahas terlebih dahulu beberapa fakta mengenai pertumbuhan rambut.

Meski pertumbuhan rambut setiap orang berbeda-beda namun, menurut American Academy of Dermatology Association, rambut kita rata-rata tumbuh sekitar 15 cm per tahun. Atau rata-rata 1,2 cm per bulan.

Menurut ahli pewarna rambut bernama Stephanie Brown. Pertumbuhan rambut dipengaruhi oleh berbagai faktor. Mulai dari, faktor genetik, usia, pola makan, tingkat stres, fluktuasi hormon, kesehatan kulit kepala, perawatan rambut, pengobatan, dan berbagai kondisi kesehatan lainnya.

Fakta lain tentang rambut adalah, rambut pria tumbuh lebih cepat bandingkan dengan rambut wanita. Akan tetapi, rambut wanita juga bisa tumbuh lebih cepat ketika mereka hamil.

Selain itu, faktor lingkungan juga bisa berpengaruh. Menurut seorang dokter kulit dan pendiri DermWareHouse bernama Dr. Alan Parks, rambut cenderung tumbuh lebih cepat di musim panas dibandingkan dengan musim dingin. Selain itu, hormon tiroid yang kurang aktif juga dapat memperlambat pertumbuhan rambut.

Menurut Randy Veliky, seorang direktur studi klinis untuk Hairmax. Rambut kita tumbuh dengan sangat cepat di usia antara 15 hingga 20-an.

Rambut juga akan tumbuh lebih lambat apabila kamu sering menggunakan pemanas yang menyebabkan rambut rusak. Begitu pula dengan kelainan struktur genetik, yang dapat menyebabkan rambut patah ketika mencapai panjang atau ukuran tertentu.

Nah, setelah mengetahui beberapa faktor penyebab rambut tumbuh cepat dan lambat di atas. Sekarang akan lebih mudah bagi kita untuk mencari solusinya, bukan?

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Bagi kamu yang ingin mengetahui cara memanjangkan rambut dengan cepat, beberapa metode berikut ini bisa dicoba.

1. Konsumsi makanan penumbuh rambut

Rambut bisa tumbuh panjang dan kuat tidak hanya disebabkan oleh perawatan yang kita lakukan, tapi juga dipengaruhi oleh asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Pasalnya, rambut sangat membutuhkan nutrisi agar sehat dan tumbuh dengan baik.

Makanan yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut adalah makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral seperti, vitamin C, zat besi, seng, biotin, hingga niacin.

Jika menginginkan rambut panjang, cobalah mengkonsumsi beberapa makanan berikut ini secara rutin.

  • TelurĀ 
  • Ubi jalarĀ 
  • IkanĀ 
  • Bikin utuh
  • Kacang polong
  • Ikan tunaĀ 
  • Alpukat, dan
  • Makanan yang kaya protein serta biotin (vitamin H) dan omega-3

2. Pangkas rambut secara teratur

Pangkas rambut secara teratur

Menurut Michael Duenas, seorang penata rambut selebriti untuk Aloxxi di Los Angeles. Meski cara ini tampaknya berlawanan dengan tujuan awal kita yaitu memanjangkan rambut dengan cepat. Namun, memangkas rambut secara teratur ternyata bisa membantu kita mendapatkan rambut yang panjang. Pasalnya, melakukan trim atau memotong rambut bermanfaat untuk menghilangkan ujung-ujungnya yang bercabang.

3. Hindari pewarna rambut

Ahli pewarna rambut di salon Cutler - New York bernama Elizabeth Hiserodt mengatakan bahwa, semakin sedikit perawatan kimiawi yang diterapkan ke rambut, akan semakin baik bagi pertumbuhan rambut.

Meski mewarnai rambut adalah cara termudah untuk meningkatkan penampilan agar terlihat lebih cantik. Akan tetapi, seindah-indahnya penampilan rambut pirang, mewarnai rambut sangat tidak direkomendasikan kalau kamu berniat untuk memanjangkannya.

Pasalnya, pemutih atau bleach dapat menyebabkan kerusakan padahal rambut dan menyebabkan ujung rambut lebih mudah bercabang.

4. Hindari menyampo rambut setiap hari

Tahukah kamu, kulit kepala memainkan peranan besar dalam pertumbuhan rambut. Menyampo rambut setiap hari bisa membuat rambut kering karena kehilangan minyak alaminya.

Jika ingin memanjangkan rambut, seorang penata rambut selebriti di LA bernama Ken Paves, menyarankan kita untuk keramas maksimal 3 kali seminggu.

Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan pada minyak alami rambut untuk melembabkan dan memberikan kesempatan pada rambut untuk memperbaiki dirinya.Ā 

Agar kulit kepala tetap sehat, seorang pakar penipisan dan rambut rontok bernama Angelo David menyarankan kita untuk menggunakan produk yang tidak terlalu banyak mengandung kimia abrasif.

Dan pada saat keramas, luangkan waktu memijat kulit kepala yang bermanfaat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

5. Hindari diet ketat

Seorang dokter kulit di Columbia Doctors dan asisten profesor dermatologi di Pusat Medis Universitas Columbia bernama Dr. Lindsey Bordone mengatakan bahwa, diet ketat dapat menurunkan sumber daya dan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut untuk tumbuh.

6. Gunakan produk perawatan rambut yang mengandung kafein

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa, kafein tidak hanya bisa memberikan kita energi tapi juga memiliki efek dapat mempercepat proses pertumbuhan rambut. Bahkan, menurut penelitian tersebut. Kafein dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut pada pria maupun wanita.

7. Pijat kulit kepala secara teratur

Cara memanjangkan rambut dengan cepat lainnya adalah dengan memberikan pijatan pada kulit kepala secara teratur karena bisa memberikan perasaan rileks dan dapat membantu meringankan stres. Selain itu, hasil sebuah studi pada tahun 2016 menunjukkan bahwa, memijat kulit kepala bisa membantu meningkatkan kesehatan rambut.

Pijat kulit kepala secara teraturMenurut penelitian tersebut, rambut akan tumbuh lebih sehat dan tebal apabila dipijat setiap hari selama kurang lebih 4 menit.Ā 

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa, memijat kulit kepala bisa membantu memperlebar pembuluh darah di bawah kulit kepala. Diantara manfaatnya adalah, dapat membuat rambut tumbuh lebih tebal dan kuat serta tidak mudah patah atau rusak.

Kesimpulan

Meskipun faktor genetik berperan dalam cepat dan lambatnya pertumbuhan rambut seseorang, namun beberapa faktor lain juga ikut berperan.Ā 

Agar bisa memanjangkan rambut dengan cepat, kita perlu mengetahui apa saja yang dapat memperlambat pertumbuhan rambut. Dan sebaliknya, mengenali apa saja faktor yang dapat mempercepat proses pertumbuhan rambut seperti yang telah disebutkan di atas.

Meski rambutmu saat ini belum sepanjang yang kamu inginkan, jangan putus asa. Karena kamu bisa tetap tampil cantik dengan memilih potongan rambut yang tepat serta memakai pakaian trendy yang cocok dengan warna kulit serta kepribadianmu.


Share this post



ā† Older Post Newer Post ā†’


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.