Cara Memakai, Merawat, dan Menyimpan High Heels

Posted by Husnul Cantik Menawan on

Mengenakan high heels adalah salah satu cara wanita mengekspresikan dirinya. Berjalan pakai high-heels membuat banyak wanita merasa lebih pede, cantik, dan bangga dengan femininitas-nya. Tapi sayang, meski menawarkan banyak benefits, sepatu hak tinggi hadir dengan segudang problema. Mulai dari, sulit dipakai berjalan, bikin kaki sakit dan badan pegal, serta perlu dirawat dan disimpan dengan baik agar awet. Menjaga sepatu agar awet dan tahan lama adalah sebuah keharusan. Mengingat, sepatu hak tinggi yang bagus umumnya berharga mahal. Nah, agar high-heels yang kamu pakai terasa nyaman dan awet, sebaiknya ikuti beberapa tips memakai high heels dan cara merawat serta menyimpannya berikut ini.

Tips Memakai High Heels agar Tidak Sakit

Seperti yang telah disampaikan di atas. Meskipun high heels menawarkan banyak manfaat, namun sepatu jenis ini seringkali agak sulit untuk digunakan berjalan, kerap menimbulkan rasa sakit pada kaki, pinggang dan punggung pegal, dan berbagai masalah lainnya.

 

sepatu high heels

 

Mengurangi penggunaan high heels adalah cara yang paling dianjurkan untuk mencegah rasa sakit tersebut. Tapi bagi kamu yang sehari-hari terpaksa harus mengenakan high heels, kamu bisa mencoba beberapa tips memakai high heels agar tidak sakit berikut ini.

1. Satukan jari tengah dan jari manis

 

Tips Pakai high heels agar kaki tidak sakit

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan pada tahun 2017 silam, seorang ahli penyakit kaki bernama Joan Oloff menjelaskan bahwa, memakai sepatu berhak tinggi dapat menyebabkan jari-jari kaki terasa sakit akibat penyempitan pada ujung sepatu dan akibat tekanan yang diberikan pada jari-jari kaki.

Rasa sakit tersebut berasal dari saraf intermetatarsal kecil yang berada di antara tulang-tulang kaki itu sendiri. Terlalu sering atau terlalu lama memakai sepatu hak tinggi akan menyebabkan saraf tersebut teriritasi dan membengkak.

Saraf kaki yang paling umum teriritasi adalah saraf yang berada di antara jari kaki ke-3 dan ke-4. Jika ingin mengurangi rasa sakit saat menggunakan sepatu hak tinggi, menempelkan kedua jari kaki nomor 3 (jari tengah) dan 4 (jari manis) membantu mengurangi rasa sakit.

2. Pilih sepatu high heels yang tepat

 

Tips memilih high heels

 

Coba perhatikan gambar di bawah ini. Kamu bisa melihat perbedaan penempatan heel (hak) pada sepatu tersebut, bukan? Yang Pertama ditempatkan tepat agak menjorok ke dalam, sedangkan yang kedua ditempatkan di bawah tumit. Ternyata, perbedaan tempat heel pada sepatu tersebut bisa berpengaruh terhadap rasa sakit yang kita alami ketika menggunakannya.

 

Perbedaan posisi hak sepatu

 

Apabila kamu merasakan sakit pada pergelangan kaki saat memakai sepatu hak tinggi, ahli penyakit kaki bernama Abby Towfigh menyarankan untuk memilih sepatu dengan heel yang tepat berada di bawah tumit seperti yang terdapat pada gambar kedua.

3. Hindari sepatu dengan hak yang terlalu tinggi

 

Sepatu high heels yang terlalu tinggi

 

Sepatu dengan hak lebih dari 3 inci atau setara dengan 7 cm selain sulit digunakan, juga akan membuat kaki sangat mudah pegal. Sepatu dengan hak yang sangat tinggi akan menyebabkan pergeseran keseimbangan dan biometrik pada kaki. Praktis, menggunakan sepatu dengan hak lebih dari 7 cm akan membuat kaki bertumpu pada tumit dan ujung-ujung jari.

4. Hindari sepatu high heels dengan ujung runcing

 

Efek sepatu berujung runcing

 

Sepatu high heels dengan ujung runcing memang terlihat sangat mewah dan menawan. Tapi dibalik kemewahannya tersebut, memakai sepatu seperti ini akan membuat kaki terasa lebih sakit karena jari-jarinya berhimpitan.

5. Pilih sepatu dengan hak yang lebih tebal

 

Sepatu hak tinggi dengan heel lebar

Menyeimbangkan tubuh di atas sepatu wanita dengan hak berukuran kecil yang biasanya disebut stiletto jauh lebih sulit dibandingkan dengan sepatu yang hak-nya agak lebar.

6. Sisipan gel atau bantalan yang empuk

 

Heels pad

Ada banyak jenis bantalan sepatu hak tinggi yang empuk dan bisa digunakan untuk meminimalisir rasa sakit pada kaki. Tapi ingat, jangan sampai bantalan tersebut membuat kaki tidak bisa bergerak sama sekali. Jadi, pastikan ada sedikit ruang di dalam sepatu agar kaki bisa digerakkan sehingga kamu bisa mencari posisi yang nyaman.

7. Lakukan peregangan sebelum dan sesudah memakai high heels

Terbiasa dan sering memakai sepatu hak tinggi ternyata dapat menyebabkan tendon achilles menebal. Hal ini telah dibuktikan melalui sebuah studi pada tahun 2010.

Pada studi tersebut, R. Csapo et al menemukan bahwa, tendon achilles pada wanita yang sering memakai high heel lebih tebal dibandingkan dengan wanita yang sering menggunakan sepatu flat (sol datar).

Tendon achilles yang lebih tebal dan kaku pada pengguna sepatu hak tinggi jadi sulit untuk meregang dan tidak bisa mengakomodasi betis yang memendek akibat keseringan memakai sepatu hak tinggi. Kondisi ini ternyata menyebabkan orang-orang yang terbiasa memakai high heels jadi mudah pegal dan kerap merasakan sakit kaki saat menggunakan sepatu flat.

 

Peregangan kaki

 

Untuk menghindari agar hal tersebut tidak terjadi, para ahli menyarankan siapapun yang sering memakai high heels agar melakukan peregangan sebelum dan sesudah memakainya. Peregangan harus dilakukan secara teratur mulai dari jari-jari kaki hingga lutut.

Cara Merawat dan Menyimpan High Heels

Kalau kamu ingin mempertahankan sepatu kesayanganmu agar awet dan bisa tahan lama, kamu harus merawatnya dan menyimpannya dengan cara yang tepat. Adapun metode perawatan dan cara menyimpannya bisa kamu lihat di bawah ini.

  • Jaga kebersihan heels sepatu. Bersihkan apabila ada kotoran dengan menggunakan bahan khusus yang diformulasikan sesuai material sepatu. Apapun jenis pembersih yang kamu gunakan, pastikan pembersih tersebut tidak menyebabkan kerusakan material atau menyebabkan warna sepatu memudar
  • Tempatkan di tempat yang kering. Jika sepatu agak lembab karena kehujanan, letakkan di ruangan yang kering selama 1 atau 2 hari. Dan, jika sepatu berbau tak sedap, menggunakan soda kue untuk menghilangkan baunya lalu tempatkan di tempat yang sejuk dan kering
  • Sepatu hak tinggi sebaiknya disimpan di dalam rak sepatu yang tertutup dan pastikan sepatu tidak kehujanan atau kepanasan pada siang maupun malam hari

Kesimpulan

Sebagai seorang wanita, kita tentu selalu ingin tampil cantik dan menarik. Da, sekali-sesekali ingin lihat lebih seksi. Selain memanfaatkan riasan dan busana, tampil cantik dan seksi juga bisa didapatkan dengan menggunakan sepatu high heels. Sayangnya, selain sulit digunakan karena akan mengubah keseimbangan tubuh kita, sepatu high heels juga sering kali meninggalkan rasa sakit pada ujung-ujung jari kaki, panggul, dan juga punggung. Agar tidak meninggalkan rasa sakit yang berlebihan, kita perlu tahu cara memakai sepatu high heels yang benar. Misalnya, dengan berjalan lebih perlahan dan elegan, melakukan peregangan sebelum dan setelah menggunakan sepatu, meregangkan sisi sepatu menggunakan alkohol sebelum digunakan, membeli bantalan sepatu high heels yang empuk, serta memilih sepatu dengan posisi heels yang tepat. Selain harus tahu bagaimana cara menggunakan high heels, kamu juga harus tahu bagaimana cara merawat dan menyimpannya agar sepatu cantik tersebut bisa awet.


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.