7 Tips dan Rahasia Tubuh Langsing

Posted by Dea Cantik Menawan on

Wanita cantik selain dinilai dari bentuk wajah, bentuk dan keindahan tubuh juga merupakan faktor yang tidak kalah pentingnya. Artinya, memiliki tubuh yang langsing dan ideal tidak kalah pentingnya dengan memiliki paras wajah yang cantik.

Dalam postingan kali ini kami akan jabarkan 7 tips untuk mendapatkan dan menjaga agar tubuh tetap langsing.

 Perut Langsing

Tips Punya Tubuh Langsing 1: Sumber Makanan 

Mau tahu kenapa orang Asia mayoritas lebih langsing dari orang bule? 

"We are what we eat” bentuk tubuh, sifat, kecerdasan dan indentitas lainnya dari seseorang bisa kita bedakan dari makanan yang mereka sering makan.

Mayoritas orang Asia khususnya Indonesia, Jepang, China, Malaysia dan Singapura memiliki tubuh yang lebih langsing dari orang barat misalnya Amerika dan Australia. Ternyata salah satu penyebanya yaitu jenis makanan dan pola makannya.

Orang Asia, lebih suka makan ikan atau sea food, ini merupakan keberuntungan geografis karena kawasan Asia sebagian besar wilayahnya dikelilingi oleh laut atau perairan, atau negara kepulauan. Disamping itu iklim tropis yang mendukung, menjadikan Asia kaya akan sumber daya laut khususnya ikan, ikan laut relative mudah di cari dan murah.

Seperti dijabarkan dari beberapa penelitian, ikan kaya dengan Omega 3 dengan kandungan DHA dan EPA. DHA memegang peranan penting untuk kesehatan otak, sedangkan EPA sangat berfungsi untuk menurunkan berat badan. Daging ikan lebih sedikit mengandung kolesterol dan juga sangat membantu dalam pembakaran lemak.

 ikan laut

Orang bule biasanya lebih senang makan daging, daerahnya lebih luas karena bagian dari kepulaan besar seperti Amerika dan Australia, mereka biasanya memiliki area peternakan khususnya pedaging seperti sapi, kambing, babi, dan lannya yang sangat luas. Daging di negara mereka lebih murah dibandingkan ikan. Ikan biasanya diimport dari Asia, dan sebaliknya, kita di Asia untuk mendapatkan kualitas daging yang bagus yang biasanya dipakai di hotel-hotel dan restaurant yang super wahid, biasanya diimport dari luar contohnya dari Australia. Selain itu, pengaruh cuaca juga sangat berperan, orang barat punya 4 musim, dimana saat musim dingin biasanya mereka mengkomsumsi daging lebih banyak.

Selanjutnya, makanan yang di fermentasi, seperti tahu, tempe,  Miso Jepang, Natto, taucho, kimchi, yogurt dan tape sangat membantu menyehatkan saluran pencernaan.

Selain ikan, sayuran dan buah adalah makanan yang harus, lebih-lebih sayuran dan buah yang banyak airnya, karena tubuh kita sebagian besar kira-kira 75% terdiri dari air, jadi buah dan sayuran lebih banyak diserap oleh tubuh dan tidak banyak yang diendapkan sebagai lemak yang berlebihan (sumber kegemukan).

So, silahkan pilih sumber makanan kamu, lebih banyak makan ikan, buah dan sayur daripada daging terutama yang mengandung lemak banyak.

 

Tips Punya Tubuh Langsing 2: Pengolahan Makanan 

Anda suka makan gorengan?

Memang enak ya..tapi kiranya dihindari dikit demi sedikit, seperti sering diberitakan, minyak bersaudara baik dengan kolestrol ...haha.
Terlalu sering makan gorengan berbahaya bagi kesehatan apalagi kalau pakai minyak yang dipakai berulang kali. Kolesterol yang ada dalam minyak goreng yang dipakai berulang-ulang akan menjadi lebih tinggi karena akibat dari pengendapan yang terjadi pada minyak. Lemak trans tidak bisa dikonsumsi oleh tubuh dan akan diendapkan dalam jaringan tubuh, seterusnya akan meningkatkan kolesterol dan kegemukan mengerikan kan ya!

Penggunaan minyak goreng kiranya maksimum 2 kali aja. Atau cari alternatif lain untuk cara masak makanan seperti di panggang, distim atau direbus.

Sebagai tambahan, kurangi juga makan makanan fast food atau junk food yang kaya lemak seperti dari McDonald dan KFC.

 

Tips Punya Tubuh Langsing 3: Porsi Makanan 

Pernah dengar berhenti makan saat masih lapar?

Makan yang berlebihan terjadi saat kita merasa lapar sekali dan kita cenderung mengambil makanan yang bayak dan makan dengan cepat, karena lambung dan perut perlu waktu untuk mengasi response ke otak kalo perut mulai full. Jadi saat sudah makan banyak (karena enak..hmm) dengan cepat, sering otak merespon dengan perasaan masih lapar. Idealnya saat makan jangan tergesa gesa, supaya perut atau lambung ada waktu untuk kasi perintah ke otak untuk merasa kenyang. Atau, stop makan saat kita masih lapar.

Pilih makanan yang lebih kecil, misal dengan memilih magkok atau piring ukuran yang lebih kecil.

 

Tips 4: Waktu dan Pola Makan

Makan pagi atau breakfast, makan-makanan yang ringan dan mudah dicerna perut, misal: salad, variasi beberapa buah (buah local lebih sehat), telur dadar telur rebus, serial, oat dan bubur.

Makan siang bisa lebih bervariasi tapi jangan over juga.

Snack hendaknya pilih yang ringan, kacang kacangan dan buah, sebisa mungkin hindari kue-kue yang kaya cokelat, muffin, ice cream dan cookies,

Makan malam, biasanya lebih lengkap, hendaknya makan 2-3 jam sebelum tidur. Ini akan memberikan tubuh dan sistem metabolisme untuk mencerna makanan dengan sempurna. Duduk yang tegak akan membantu pencernaan lebih bagus dari pada posisi tidur, karena efek gaya gravitasi akan membantu makan turun dan dicerna lebih baik dalam perut.  Kalau makan berat dan langsung tidur apalagi banyak karbohidrat yang kaya kalori, tubuh tidak akan mencernanya dengan baik berakhir pada peningkatkan berat badan.

Pada saat tidur seharusnya semua metabolisme tubuh juga ikut beristirahat, namun jika habis makan langsung tidur saat organ pencernaan sedang bekerja keras bisa mengurangi efek kelelapan tidur, tidur menjadi tidak nyaman dan mengurangi waktu tidur ideal anda. Bisa menyebabkan kelelahan dan malas bangun tidur, mungkin in juga akar dari kemalasan ya….

 

Tips 5: Minum atau Minuman

Tidak ada yang lebih bagus dari air putih, hindari minum minuman soft drink yang banyak kandungan gula dan soda, beberapa penelitian menunjukan sangat besar sekali akibatnya terhadap kegemukan dan effek kesehatan lainnya. Silakan bisa liat hasil studi di Harvard di sini

Minum Air Putih

 

Minum-minuman yang hangat, teh atau teh hijau lebih bagus akan membantu pembakaran lemak.

Sebagai tambahan, minuman local seperti jamu yang ada unsur jahe, ginseng dan bahan alami lainnya yang murah sangat  membantu menjaga kesehatan dan beberapa berkhasiat untuk melangsingkan tubuh (membakar lemak).

Namun tak kalah pentingnya yaitu cara minum, minum air disesuaikan dengan berat badan. Bisa dilihat di sini lebih lengkapnya bagaimana menghitung berapa liter idealnya minum sesuai dengan berat badan. Minum yang bagus yaitu sebelum makan, dan 30 - 60 menit sesudah makan.

 

Tips 6: Olahraga dan Gerak

Sudah menjadi pengetahuan umum olahraga menjadikan tubuh sehat, exercise atau olahraga yang teratur akan membantu membakar kalori atau gula yang berlebihan dari makanan.  

Olahraga tidak perlu terlalu berat apalagi mahal, namun bisa dilakukan dengan cara yang mudah seperti pilih jalan kalo berpergian yang dekat, atau gunakan tangga lebih sering daripada lift atau escalator saat di mall atau di bangunan office yang berlantai.

Bergabung dengan club seperti Yoga club dan Aerobic akan membuat kita lebih termotivasi untuk terus aktif berolahraga.

Hindari duduk yang lama, istirahat sejenak dan berdiri atau jalan-jalan beberapa menit setelah duduk kurang lebih 2 jam. Ini akan membantu mempelancar darah dan membantu pembakaran lemak lebih bagus.

Mari kita liat dan praktek 7 menit gerakan yang mudah dari video di bawah untuk mendapatkan perut dan tubuh ramping:

 

                 

Tips 7: Pilih Pakaian Yang Sesuai

Semua uraian di atas yang sudah disimak merupakan faktor internal yang bersumber dari keinginan dan motivasi (mindset).

Sebagai tambahan kita juga bisa tampil percaya diri dengan memilih pakaian yang membuat kita tampil lebih langsing. Pahami bentuk tubuh sebelum memutuskan untuk membeli pakaian, sebagai contoh dengan memilih model baju dengan bentuk V pada bagian lehernya (V Neck) agar terlihat lebih ramping atau kenakan sesuatu yang terlihat vertikal agar tubuh terlihat lebih kurus, menghindari pakaian yang longgar karena bisa membuat yang ukuran badan sedikit gede terlihat (maaf)...lebih gemuk. Jadi selalu pilih pakaian yang pas dengan ukuran tubuh.

Di samping hal tersebut, pemilihan warna pakaian juga berpengaruh. Pilihlah warna yang cenderung gelap untuk menyamarkan lipatan lemak pada tubuh sehingga anda terlihat lebih langsing dan bagi pencinta legging, pilihan legging yang sesuai akan sangat membantu kerpercayaan diri anda. Beperapa pilihan pakaian yang sesuai bisa di liat di www.cantikmenawan.com.

 pakain ketat

Kesimpulan

Untuk mendapatkan dan menjaga tubuh tetap langsing memang tidak mudah dan perlu disiplin dan motivasi yang kuat. Seperti kata Bruce Lee "Knowledge is something, applying what you know is everything". Tahu aja tidak akan membuat anda tambah langsing, namun dengan mempraktekan apa yang anda sudah baca di atas adalah segalanya, semoga membawa manfaat.

 

Salam Cantik.

 


Share this post



← Older Post Newer Post →


4 comments

  • Trimakasih tips nya :)

    Senta Purba on
  • terimakasih ya atas informasi nya

    nova sari dewi on
  • Trima kasih..sangat bermanfaat

    Indah on
  • terimaksih tipsnya, bermanfaat sekali

    fina farihatul fitriyah on

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.