7 Rahasia Menjaga Rambut Kelihatan Berkilau dan Cantik

Posted by Dea Cantik Menawan on

Cara merawat rambut agar terlihat berkilau, cantik, dan sehat sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu secara rutin untuk melakukan perawatan rambut dengan bahan-bahan alami; atau dengan cara melindunginya dari penyebab rambut kusam, kering, rapuh, dan bercabang.

Rahasia Menjaga Rambut Kelihatan Berkilau dan Cantik


Tidak bisa dipungkiri, rambut yang tebal, sehat, terlihat berkilau dan cantik selalu bisa membuat kita merasa bangga dan sangat percaya diri. Anda bahkan mungkin akan sangat suka berjalan-jalan di saat cuaca sedang berangin, yang akan membuat rambut Anda berkibar dengan indahnya.

Memiliki rambut panjang, tebal, berkilau, serta cantik bukan lagi sekedar impian jika Anda mau mempraktekkan beberapa rahasia menjaga rambut agar terlihat berkilau dan cantik berikut ini.


1. Cara mengatasi rambut rusak

 Merawat rambut rusak


Cara meningkatkan kekuatan dan kesehatan rambut rusak agar terlihat lebih bersinar adalah:

  • Ketika rambut masih keadaan basah setelah mandi, terapkan conditioner ke area-area yang tampak rusak
  • Berinvestasilah dengan membeli produk perawatan rambut (deep conditioning yang berkualitas), yang bisa Anda terapkan seminggu sekali
  • Jika rambut Anda keriting dan Anda sering meluruskannya dengan catok. Anda tetap bisa memanfaatkan catok dan blow drayer. Meskipun tampaknya blow dryer atau alat pelurus rambut (catok) dapat menyebabkan kerusakan pada rambut, namun apabila digunakan dengan benar, kedua benda tersebut justru bisa menguntungkan.

    Menurut seorang ahli kesehatan rambut bernama Labrecque, dia membeberkan 1 rahasia penting mengenai pemanfaatan blow dryer yaitu, sebenarnya rambut kita tetap membutuhkan panas untuk memperlancar kutikula. Dalam hal ini, blow dryer bisa dimanfaatkan untuk tujuan tersebut.

    Cara menggunakannya: setting-lah blow dryer pada pengaturan high setting, kemudian gunakan catok rambut sambil menerapkan serum frizz-taming untuk rambut keriting agar menjadi lurus.
  • Cara lain untuk membuat rambut menjadi lebih lurus dan cantik adalah, tambahkan spritz hairspray ke sikat rambut sebelum menggunakannya untuk mengikat rambut. Spritz hairspray sangat bermanfaat untuk mempertahankan agar rambut lurus lebih lama.


2. Cara menjaga rambut terlihat berkilau (untuk rambut lurus)

 

Menjaga Rambut Berkilau dan Cantik


Jika Anda memiliki rambut yang lurus, Anda beruntung. Menurut Paul Labrecque, seorang pemilik salon ternama di New York mengatakan, rambut lurus punya sifat alami yang dapat membuatnya terlihat cantik dan bersinar karena memiliki kutikula yang datar, ringan, serta reflektif.

Untuk merawat rambut lurus agar terlihat lebih bersinar, caranya adalah dengan:

  • Cuci rambut menggunakan air dingin lalu terapkan conditioner. Diamkan selama kurang lebih 3 detik. Ini akan bermanfaat untuk menyegel conditioner agar membuat rambut lebih mudah diatur dan berkilau
  • Keringkan rambut sambil menyisirnya dengan sikat rambut yang lembut
  • Sambil menyikat rambut, terapkan light finishing serum di bagian ujung rambut
  • Lalu untuk sentuhan akhir, gunakan hairspray yang bisa meningkatkan kilau rambut


3. Tips merawat rambut yang di styling

 

Menjaga Rambut Cantik


Jika Anda terlanjur menggunakan produk styling dalam waktu yang lama dan menyebabkan penumpukan, hingga membuat rambut terlihat kusam. Anda masih bisa mengembalikan kilau rambut Anda dengan menggunakan shampoo. Salah satu jenis shampoo yang direkomendasikan adalah Aussie Citrifier Shampoo. Terapkan selama kurang lebih 7 hari, kemudian setelah itu terapkan sekali seminggu.


4. Merawat rambut dengan telur

 

Telur untuk merawat rambut


Rahasia menjaga rambut agar terlihat tetap berkilau dan cantik serta sehat selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan alami seperti telur. Telur sangat bermanfaat untuk menutrisi akar rambut dan membuat rambut terlihat lebih berkilau dalam hitungan menit.

Selain itu, telur juga bisa berfungsi sebagai sumber protein, asam lemak, dan lesitin yang akan membantu memperbaiki kerusakan pada rambut, mencegah kusam, menambah kelembaban, dan membuat rambut terlihat bersinar. Manfaat lainnya, rambut akan menjadi lebih kuat dan lebih tebal.

Cara memanfaatkan telur untuk membuat rambut sehat dan berkilau adalah:


Cara yang pertama


  • Campuran 1 sdm (sendok makan) putih telur, minyak zaitun, dan madu dengan perbandingan yang sama.
  • Aduk hingga rata lalu terapkan mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut
  • Setelah itu tutup kepala Anda dengan menggunakan shower cup selama 30 menit
  • Setelah 30 menit, cuci rambut dengan menggunakan air dingin dan shampoo ringan


Cara yang kedua


  • Sediakan 2 butir telur, kemudian kocok hingga berbusa
  • Tambahkan 2 sdm minyak almond dan setengah cangkir yogurt, lalu aduk hingga rata
  • Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan rambut
  • Tutup rambut dengan shower cup. Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  • Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin serta gunakan shampoo ringan untuk keramas

Tips perawatan rambut dengan menggunakan bahan alami di atas bisa Anda terapkan seminggu sekali agar rambut terlihat lebih berkilau dan terasa lebih lembut. Ingat! Jangan bilas rambut dengan menggunakan air panas setelah menggunakan masker telur. Karena air panas akan menyebabkan telur menggumpal dan sulit untuk dibersihkan.

Baca juga Manfaat Cuka sari apel untuk kecantikan dan kesehatan


5. Cara merawat rambut dengan menggunakan mayonaise

 

Mayonnaise untuk  perawatan rambut


Mengapa mayonaise bisa dimanfaatkan untuk memperindah rambut? Jawabannya adalah karena mayonaise memiliki kandungan asam amino, antioksidan, protein, dan kandungan-kandungan lain yang akan membuat rambut menjadi lebih berkilau, sehat, lembut, dan kuat. Cara memanfaatkan mayonnaise untuk merawat rambut adalah:

  • Sediakan satu setengah cangkir mayonaise jika Anda memiliki rambut panjang. Jika rambut Anda lebih pendek, Anda bisa mengurangi jumlah mayonaise tersebut
  • Sebelum menerapkan mayonaise, basahi terlebih dahulu kulit kepala hingga ujung rambut dengan air dingin
  • Terapkan mayonnaise mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut sembari memberikan pijatan-pijatan lembut
  • Setelah itu, tutup rambut Anda dengan menggunakan shower cup dan diamkan kurang lebih 30 menit
  • Cuci dan bersihkan rambut dengan menggunakan air dingin dan shampoo ringan
  • Ulangi metode ini seminggu sekali agar rambut lebih lembab, terhidrasi, dan berkilau


6. Berinvestasilah pada glossing treatment profesional

 

Glossing rambut


Jika Anda benar-benar ingin memiliki rambut yang berkilau dan sehat, pertimbangkan untuk membeli produk glossing rambut profesional (professional glossing treatment) yang sangat bermanfaat untuk merawat rambut. Produk ini dirancang secara khusus untuk memberikan perawatan pada rambut secara mendalam tanpa merusak warna asli rambut. 

Perbedaan sebelum dan sesudah perawatan rambut yang mungkin bisa memotivasi anda.


Produk hair glossing bersifat sementara, biasanya hanya bertahan hingga 4 atau 5 kali cuci (dengan shampoo). Produk jenis ini, bisa Anda manfaatkan untuk membuat rambut terlihat lebih berkilau dan cantik tanpa harus pergi ke salon.


7. Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup dan konsumsilah makanan bergizi

 

Makanan sehat untuk rambut berkilau


Rambut yang sehat, kuat, dan tebal, serta bebas dari berbagai masalah, membutuhkan air dalam jumlah yang banyak. Menerapkan pelembab secara eksternal saja masih belum cukup. Anda juga perlu menghidrasi rambut dari dalam dengan minum setidaknya 8 gelas air per hari atau lebih, jika Anda sering melakukan aktivitas berat dan berkeringat.

Selain minum air putih, Anda juga direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan bergizi yang kaya vitamin A dan vitamin E. Makanan-makanan tersebut akan membantu menyehatkan rambut sekaligus membuatnya terlihat lebih berkilau. Selain makanan yang tinggi kadar vitamin A dan vitamin E-nya, Anda juga perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein seperti telur dan kacang-kacangan untuk menyuburkan dan membantu pertumbuhan rambut.

Kesimpulan: 

Selain rambut yang indah, anda juga perlu memperhatikan beberapa aksesoris yang menempel di tubuh anda untuk menunjang kecantikan diri. Untuk pilihan aksesoris, anda bisa melihatnya di link ini. Semoga bermanfaat..


Share this post



← Older Post Newer Post →


3 comments

  • Trima kasih untuk tipsnya, sya akan mencoba

    Natalia on
  • Tips untuk rambut rontok?

    Tiana on
  • Rambut saya masih tetap rontok,padahal saya sudah potong pendek rambut saya.
    Solusiny gmn mb?

    Tiana on

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.