Tips Memilih Warna Pakaian untuk Muslimah

Posted by Anik Cantik Menawan on

Tampil cantik dan percaya diri, tentu jadi impian setiap perempuan. Tidak hanya ditunjang dari perawatan diri, namun juga pilihan pakaian yang dikenakan. Memang, cantik tidak dapat dikategorikan pada tampilan tertentu. Kuncinya adalah menjadi sehat dan percaya diri.

Salah satunya, memilih pakaian yang membuat Anda nyaman dan cocok dengan tubuh Anda. Salah memilih pakaian sering membuat pemakainya tidak percaya diri dengan apa yang dikenakan. Untuk itu, Anda harus pandai memadupadankan pilihan model, potongan baju dan warnanya dengan diri Anda. Sesuaikan dengan selera, dan tentu saja kecocokan dengan badan.

Hal penting yang sering dilewatkan adalah memilih pakaian yang dapat membuat kulit Anda terlihat lebih cerah alih-alih malah menjadi kusam. Kesalahan memilih warna sering terjadi karena terlalu fokus pada pilihan model dan melupakan bahwa pilihan warna juga tak kalah penting.

Tidak hanya itu, pilihan warna secara tidak langsung menunjukkan siapa diri Anda. Warna tertentu akan pas pula dengan busana untuk keperluan spesifik. Salah-salah, pemilihan warna pakaian yang tidak tepat dengan kebutuhan bisa membuat Anda terlihat aneh. Lalu, bagaimana cara memilih warna baju agar menunjang penampilan Anda?

Mencari Tahu Warna yang Cocok

Manusia diciptakan dengan berbagai perbedaan, warna kulit, rambut mata hingga bentuk tubuh. Perbedaan diri ini menjadikan tiap orang cocok dengan warna yang berbeda pula. Untuk mencari tahu warna yang tepat, Anda dapat menyesuaikannya dengan warna tubuh Anda pula.

Mencari Warna Pakaian yang Cocok dengan Tone Warna Kulit

Kesalahan yang sering dilakukan adalah hanya melihat dengan sekilas warna kulit, lalu menentukan dari gelap-terangnya warna kulit untuk memilih pakaian. Padahal, seharusnya warna pakaian disesuaikan dengan skintone kulit, yakni apakah kulit tergolong berwarna hangat atau dingin. Untuk mencari tahu warna pakaian yang pas untuk Anda, bisa dilihat dari warna kulit. Caranya, lihat nadi tangan dibawah sinar matahari. Apakah warna urat nadi Anda terlihat kebiruan atau kehijauan?

Bila nadi di lengan Anda terlihat berwarna ungu atau kebiruan, maka Anda memiliki undertone kulit dingin. Warna yang tepat untuk Anda adalah warna merah mawar, hijau emerald, ungu pekat dan biru muda, warna-warna ini akan membuat kulit Anda terlihat lebih cerah. Anda juga bisa menggunakan warna abu-abu, putih dan dongker karena terlihat netral pada Anda. Yang penting, jangan gunakan warna oranye dan kuning karena akan terlalu berlawanan dengan kulit Anda.

Sedangkan bila pembuluh darah di tangan Anda berwarna kehijauan, Anda memiliki kulit dengan warna yang hangat. Pilihlah pakaian dengan warna-warna yang hangat pula, misalnya krem, cokelat, hijau zaitun atau warna-warna creamy. Hindari warna biru atau warna-warna yang terlalu mencolok karena tidak serasi dengan warna kulit Anda.

Sebenarnya, aturan ini bukanlah aturan baku. Cara paling tepat adalah mencoba berbagai warna dan melihat langsung, apakah terlihat cocok di Anda atau tidak.

Memilih Warna Pakaian Berdasarkan Suasana

Salah satu aturan dalam memilih warna pakaian adalah menyesuaikan dengan suasana yang ingin dihadirkan. Jangan sampai, Anda memakai pakaian yang membawa suasana berkebalikan dengan kondisi sekitar, misalnya memakai baju berwarna ceria di acara duka.

Warna apa saja yang mencerminkan suasana tertentu? Perhatikan list berikut untuk pilihan warna baju di acara yang tepat.

  • Suasana santai dan kasual dapat menggunakan warna-warna pastel.
  • Merah menandakan keberanian, cocok digunakan untuk urusan bisnis.
  • Tampilan kreatif dengan warna-warna terang untuk pesta.
  • Warna-warna biru yang lembut untuk suasana cool dan percaya diri.
  • Warna netral seperti krem atau putih untuk kesan profesional.

Panduan Memilih Warna Pakaian dengan Color Wheel

 Padupadan (Color Wheel) Pakaian

Roda warna atau color wheel bisa jadi panduan Anda untuk memasangkan warna pakaian, misalnya warna atasan dengan bawahan, atau warna baju dengan hijab. Untuk melakukannya, perhatikan roda warna dibawah ini dan pilihlah berbagai kombinasi yang Anda inginkan. Kombinasi yang berbeda akan menghasilkan nuansa warna yang berbeda pula. Bagaimana cara memadukan warna-warna yang ada?

  • Memadukan warna-warna primer untuk menghasilkan paduan warna yang tegas dan eye-catching, Anda bisa memilih memadukan tiga warna primer sekaligus atau dua diantaranya.
  • Menggunakan pakaian dengan gradasi warna untuk nuansa tenang, semisal biru muda dan biru tua atau oranye dan kuning.
  • Anda dapat melihat dari roda warna, bahwa warna-warna terbagi menjadi warna hangat dan warna dingin. Warna dengan kesan hangat terdiri dari merah, oranye hingga kuning dan warna dingin seperti biru dan hijau.

 

Ide Padanan Warna Pakaian Muslimah

Dalam keseharian Anda, tentu tidak hanya satu item fashion yang Anda kenakan. Mulai dari hijab, atasan hingga bawahan, paduan warna dari semua item yang Anda kenakan tentu harus diperhatikan dengan baik. Salah pilih, pakaian yang Anda kenakan bisa saja terlihat tidak pas dikenakan.

Pakaian Monokrom untuk Tampilan Berkelas

 Pakaian Monokrom untuk Hijab

Perpaduan warna hitam putih memang tidak pernah ketinggalan jaman. Perpaduan antara hitam dan putih terlihat mewah dan berkelas ketika dikenakan. Anda juga tidak perlu bingung dalam memilih warna hijab ataupun sepatu yang dikenakan, karena hitam dan putih dapat dipadu-padankan dengan berbagai warna aksesoris.

Baju warna hitam juga akan membuat Anda terlihat lebih kurus. Anda dapat memainkan beragam pola untuk membuat tampilan hitam-putih Anda jadi lebih menarik.

Pakaian Muslimah Warna Pastel

Pakaian Muslimah Warna Pastel 

Sederhananya, warna pastel adalah warna apapun dengan campuran warna putih sehingga menjadi lebih soft. Pakaian gamis dengan warna biru muda, pink hingga krem memang sedang naik daun akhir-akhir ini. Baju muslimah dengan warna pastel menimbulkan kesan lembut dan menenangkan.

Dalam padu-padan warna pastel, Anda dapat menggabungkan berbagai warna untuk kombinasi warna jilbab, atasan dan bawahan. Ketika menggunakan baju gamis yang menyatu antara atasan dan bawahan, Anda hanya perlu memikirkan pasangan warna jilbab yang bisa dikenakan. Menggunakan warna jilbab yang lebih terang dibandingkan warna pakaian bisa Anda lakukan untuk membuat kulit wajah terlihat lebih cerah.

Namun harus diperhatikan bahwa warna pastel lebih cocok digunakan untuk kulit dengan undertone dingin. Kulit dengan tone warna hangat seringkali kurang pas bila menggunakan pakaian berwarna pastel.

Pakaian Muslimah Warna Kontras

 Pakaian Muslimah Warna Kontras

Pakaian dengan warna cantik seperti warna merah, kuning atau biru terang akan membuat Anda terlihat menarik dan percaya diri. Warna-warna ini menunjukkan keceriaan dan kreativitas dari diri Anda. Bila warna-warna seperti pastel ataupun monokrom terkesan aman, memadu-padankan warna pakaian yang cukup kontras memang sedikit beresiko. Tetapi, dengan pilihan warna yang tepat, Anda akan tampil menarik dan terlihat berbeda.

Untuk memilih warna, Anda bisa gunakan panduan roda warna dan memilih warna-warna yang bertolak belakang, seperti ungu dengan kuning atau merah dan biru. Bila Anda ingin memakai satu warna yang kontras, bisa memanfaatkan warna dasar hitam dan warna kontras sebagai pilihan blazer maupun hijab Anda. Mencoba berbagai paduan warna akan membantu Anda untuk mengeksplorasi dan menemukan style yang cocok dengan Anda.

 

Kalo mau lihat model baju gamis terbaru dan pakaian wanita muslim lainnya silahkan bisa check di SINI ya...

Mau Cincin GRATIS? KLIK DI SINI

Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.