Tips Membeli dan Memakai Perhisasan Cantik

Posted by Dea Cantik Menawan on

Kita semua tahu mengenakan perhiasan adalah cara paling mudah untuk meningkatkan penampilan. Bisa membuat siapapun yang mengenakannya merasa senang dan sumringah, tidak peduli apabila perhiasan tersebut adalah cincin yang cantik, kalung yang jungly, atau anting-anting yang gemerlap; asli atau palsu, besar atau kecil, berbagai jenis perhiasan tetap bisa membuat setiap wanita tampak lebih menarik untuk dipandang.



Trend mode terus berubah-ubah sehingga membuat kita seringkali terpaksa harus membeli berbagai jenis perhiasan cantik yang baru agar tetap bisa tampil modis dan cantik. Tapi kalau kamu merasa kesulitan jika harus terus-menerus membeli berbagai jenis perhiasan baru demi mengikuti trend, ada beberapa tips membeli dan mengenakan perhiasan cantik yang bisa kamu coba agar selalu tampil cantik dan trendi setiap hari.

  • Belilah perhiasan dengan cerdas
  • Perhiasan tidak selalu harus berupa emas, berlian, atau yang mahal. Kamu juga bisa tampil cantik saat menggunakan perhiasan berharga murah atau yang terbuat dari bahan-bahan imitasi
Tapi ingat! Walaupun berstatus sebagai aksesoris tambahan dalam berpakaian, perhiasan tidak bisa kenakan sembarangan. Apabila digunakan dengan tepat, perhiasan justru akan membuat kita bisa tampil maksimal, terlihat unik, menarik, dan bahkan bisa dimanfaatkan untuk membuat pakaian yang biasa-biasa saja jadi terlihat trendy. Sebaliknya, salah memilih asesoris bisa membuat kamu berakhir jadi bahan bully (cibiran) bahkan ditertawakan.

Cara cerdas membeli perhiasan

Sebelum kita membahas lebih jauh bagaimana cara menggunakan perhiasan agar tampil cantik dan tidak norak, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu bagaimana memilih perhiasan yang benar-benar cocok dan pas. Jadi, kalo suatu saat kamu tertarik untuk membeli perhiasan cantik di toko online (online shop), kamu sudah punya referensi dan sedikit gambaran sehingga perhiasan yang kamu beli tidak sia-sia atau tidak terlihat norak saat kamu kenakan.

Perhiasan sama seperti pakaian, sebenarnya bisa dipilih berdasarkan kegiatan sehari-hari, warna kulit, bentuk wajah, atau koleksi pakaian. Misalnya, perhiasan yang digunakan untuk pergi ke kantor tentu saja harus sedikit berbeda dengan perhiasan yang akan digunakan ke pesta-pesta, menghadiri acara formal, bermain, jalan-jalan, dan lain-lain.

Tips memilih asesoris berdasarkan moment

Perhiasan untuk pergi ke kantor atau bekerja. Jenis perhiasan yang cocok untuk digunakan pergi bekerja adalah berbagai jenis perhiasan yang tidak mengganggu aktivitasmu di tempat kerja. Misalnya dengan memilih anting-anting yang simpel dan menempel di kuping, bukan anting-anting yang menjuntai.

Cara memilih asesoris berdasarkan koleksi pakaian

  • Koleksi pakaian dengan berbagai bentuk, corak, dan warna harus menjadi pertimbangan utama sebelum kamu membeli aksesoris. Kalau kamu punya banyak koleksi pakaian dengan corak yang ramai, kamu perlu mempertimbangkan perhiasan yang tidak terlalu mencolok.
  • Sebaliknya, jika kamu lebih banyak memiliki koleksi pakaian yang polos atau pakaian-pakaian sederhana, maka kamu perlu mempertimbangkan perhiasan yang tampak kreatif untuk membuat penampilan jadi lebih berwarna.
  • Ingat, perhiasan adalah tambahan untuk pakaian. Jadi, perhiasan tersebut jangan sampai terlihat saingan dengan pakaian.
  • Jika pakaian yang kamu miliki sudah dihiasi dengan permata atau manik-manik, sebisa mungkin jangan kenakan kalung, sebaliknya cobalah memilih anting-anting yang sederhana.
  • Atau, perhiasan juga bisa ditonjolkan bersama-sama dengan pakaian yang kamu kenakan. Contohnya, kalau kamu pakai gaun (pakaian) berwarna hitam yang dipadukan dengan sepatu berwarna merah, sebaiknya kamu memilih perhiasan berwarna merah sehingga terlihat match.

Tips membeli kalung


Sebelum membeli kalung, perhatikan leher (kerah) koleksi pakaianmu. Jangan sampai, kalung yang kamu beli terlihat saingan dengan kerah pakaian. Tips:

  • Kalau kamu ingin menggunakan pakaian dengan leher berbentuk huruf "V," kamu bisa memilih kalung panjang yang dilengkapi dengan liontin. Panjang kalung harus di pertimbangkan, pilihlah kalung yang liontinnya jatuh tepat di atas belahan dada.
  • Kalau kamu punya banyak koleksi pakaian sweetheart neckline, pilihlah kalung dengan desain-desain pendek.
  • Kalau kamu suka pakai kaos atau pakaian-pakaian yang memiliki kerah sederhana, kamu bisa memadukannya dengan statements necklaces (sejenis kalung yang tampak bold atau yang berlapis-lapis).
Tips memilih anting

Karena anting-anting dikenakan di bagian sisi dari wajah kita, maka wajah perlu menjadi acuan sebelum memilih berbagai jenis anting-anting. Tips:

  • Wajah oval dan panjang. Pilihlah anting-anting yang pendek atau berbentuk kancing yang menempel.
  • Wajah persegi atau wajah bulat. Anting yang menjuntai dengan liontin akan terlihat bagus.

Tips membeli cincin dan gelang


Saat memilih anting-anting dan gelang, kamu juga perlu mempertimbangkan bentuk pergelangan dan jari tanganmu sebelum menentukan cincin mana yang akan kamu beli.

  • Kalau kamu punya jari-jari pendek, untuk membuatnya terlihat lebih panjang, gunakan cincin yang terlihat sempit dan panjang, begitu juga dengan gelang.
  • Tapi kalau jari-jarimu sudah kurus dan kecil-kecil, ada baiknya kamu memilih aksesoris seperti gelang atau cincin yang sedikit bold(gemuk).
Saran: Kalau kamu punya cincin tunangan atau cincin kawin, kenakan cincin tersebut di tangan kiri. Sedangkan di tangan kanan, sematkan cincin yang terlihat mencolok dan menarik.

Tips mengenakan perhiasan cantik

Memilih titik fokus

  • Kalau kamu tertarik mengenakan berbagai jenis aksesoris seperti kalung, cincin, dan gelang secara bersamaan, kamu harus memilih salah satu asesoris tersebut sebagai fokus perhatian. Misalnya, jika kamu memilih anting-anting sebagai titik fokus, sebaiknya kenakan gelang atau cincin berukuran mungil dan sederhana.
  • Jika kamu menggunakan kalung sebagai titik fokus, sebaiknya kenakan gelang dan cincin minimalis serta anting-anting yang sederhana dan menempel, bukan yang menjuntai.
  • Kamu juga bisa menjadikan dua aksesoris sekaligus sebagai fokus apabila tempatnya berdekatan. Misalnya, kamu bisa menjadikan jam tangan dan gelang sekaligus sebagai titik fokus. Namun ingat, aksesoris di bagian yang lain seperti anting-anting dan kalung jangan sampai terlihat bersaing dengan aksesoris di pergelangan tanganmu.
Tips memilih perhiasan berdasarkan warna baju (pakaian)

  • Warna perhiasan tidak harus sama persis dengan warna pakaian. Jika ingin tampil lebih berani, kamu bisa menggunakan aksesoris warna-warni saat mengenakan pakaian yang kaya warna.
  • Kalau kamu ingin menggunakan perhiasan berbahan metal kamu perlu sedikit berhati-hati dalam memilih warna pakaian yang akan kamu kenakan. Sebaliknya perhiasan dari bahan berlian bisa cocok dipadukan dengan berbagai warna pakaian.
  • Jika kamu mengenakan pakaian pakaian berwarna netral seperti abu-abu, hitam, dan putih, sebaiknya kenakan perhiasan berwarna cerah agar kamu tampil lebih berwarna dan lebih berkarakter.
Tips memilih perhiasan berdasarkan warna kulit

Agar terlihat pantas kamu kenakan, berbagai jenis aksesoris juga perlu dipilih berdasarkan warna kulitmu.

  • Asesoris berwarna rose gold cocok untuk segala jenis kulit.
  • Untuk kulit yang hangat (kuning) sebaiknya menggunakan aksesoris seperti berlian kuning, ruby, asesoris pink, batu delima, atau aksesoris berwarna olive.
  • Warna kulit yang dingin (kulit putih) sangat cocok mengenakannya aksesoris seperti emerald, opal, amethyst, aquamarine,hingga zirkon.

Tips memilih perhiasan yang pantas dikenakan

Tentu saja ada begitu banyak pilihan perhiasan yang bisa digunakan setiap hari, mulai dari gelang, kalung, anting, jam tangan, hingga cincin. Berbagai perhiasan tersebut memiliki bentuk, rupa, dan warna yang bermacam-macam.



Namun ingat, apapun yang kamu pilih, perhiasan tersebut harus bisa match dengan style, kepribadian, dan juga pakaian yang kamu kenakan. Rahasianya, mulailah dengan memilih anting-anting yang lengket di kuping, setelah itu ikuti dengan mencoba beberapa perhiasan lain.

Tips menggabungkan dan mencampurkan berbagai jenis aksesoris

Banyak orang kadang merasa malu-malu mencampurkan berbagai jenis asesoris yang terbuat bahan berbeda seperti emas, perak, tembaga, dan lain-lain. Jangan takut! Sebenarnya kamu tetap bisa memadumadankan berbagai jenis perhiasan termasuk ukuran, tekstur, dan warna.

Agar tidak tampil norak ketika memadukan berbagai jenis perhiasan dari bahan yang berbeda-beda tersebut, cobalah tips berikut ini:

  • Gunakan atau tumpuk cincin di jari yang sama
  • Gabungkan jam tangan emas di tangan yang sama dengan berbagai gelang berbentuk tipis.
  • Gabungkan berbagai asesoris warna-warni di satu tangan.
  • Gunakan gelang dan cincin yang berwarna senada.

Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.