Tips Aman Kondangan Selama Pandemi Corona

Posted by Husnul Cantik Menawan on

Pandemi COVID-19 atau yang dikenal dengan sebutan “pandemi Corona,” adalah pandemi berkelanjutan yang disebabkan oleh penyakit SARS-cov-2 (severe acute respiratory syndrome coronavirus 2). Penyakit ini sangat berbahaya. Sehingga, setiap orang harus tahu bagaimana cara menjaga diri dan melindungi keluarga dari corona.

Akibat pandemic coronavirus, menggelar resepsi yang menimbulkan kerumunan, atau menghadiri kondangan, dilarang di sejumlah daerah. Terutama, di daerah yang berstatus “zona merah.”

Jika terpaksa harus menghadiri resepsi di zona hijau atau kuning. Kamu harus meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, virus menyebar dengan mudah dan cepat melalui kerumunan. Agar lebih aman, selalu terapkan prokes dan ikuti tips kondangan selama pandemi berikut ini.

Kenali Cara Virus Corona Menyebar

Covid-19 adalah penyakit menular yang menyebar dengan sangat cepat. Bagi sebagian orang, penyakit ini cukup mematikan. Terutama, bagi orang di usia lanjut. Khususnya orang-orang yang sudah berusia 60 tahun keatas.

Penyakit ini juga bisa meningkatkan risiko kematian pada orang-orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu seperti, penyakit kardiovaskular, obesitas, diabetes, penyakit pernapasan kronis, dan penderita kanker.

Masker corona

Meskipun anak-anak dan orang yang masih muda beresiko lebih rendah mengalami kematian akibat corona. Namun, kita tetap harus waspada karena terpapar virus corona dapat menimbulkan dampak yang tidak sedikit.

Misal, resiko menularkan penyakit kepada keluarga sendiri maupun orang-orang dekat, beresiko dikarantina sehingga kita tidak bisa menemui keluarga dan orang-orang yang kita cintai, beresiko mengalami masalah ekonomi karena tidak bisa bekerja akibat karantina, dan berbagai resiko yang lainnya juga harus menjadi bahan pertimbangan.

Cara virus corona menyebar pada umumnya melalui percikkan cairan (droplets) yang berasal dari saluran pernapasan atau mulut ketika batuk atau bersin.

Droplets bisa mengenai tangan atau anggota tubuh lainnya dari penderita maupun orang (lain) yang ada di hadapannya. Droplets juga bisa jatuh dan menempel di benda-benda tertentu atau melayang-layang di udara.

Selain menghirup langsung, seseorang juga bisa tertular virus apabila menyentuh droplets yang ada di benda atau tubuh. Sebelum kemudian masuk ke saluran pernapasan melalui hidung, lubang kelenjar air mata, ataupun melalui mulut.

Karena itu, biasakan mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer setelah kontak dengan orang lain dan setelah menyentuh benda asing.

Tips Menghadiri Kondangan Selama Pandemi

  1. Mandi sebelum berangkat ke pesta

    Tujuan kita mandi sebelum pergi ke pesta adalah untuk membersihkan diri sendiri agar virus yang menempel di tubuh bisa luruh bersama sabun.

    Dengan tubuh yang bersih, kita telah membantu mengurangi penyebaran virus kepada orang lain.

  2. Pakai masker rekomendasi pemerintah atau WHO

    Kebanyakan masyarakat hanya tahu bahwa, menggunakan masker bisa membantu mencegah tertular dan menularkan virus.
    Masker rekomendasi WHOSayangnya, banyak masyarakat yang tidak tahu bahwa masker yang tidak diperlakukan dengan benar dan tidak dirawat/dicuci justru bisa menjadi media penularan virus.

    Bagaimana cara merawat dan menggunakan masker yang benar?
    1. Gunakan masker kain atau masker medis atau yang sesuai dengan rekomendasi Kemenkes dan WHO
    2. Untuk masker kain, pastikan masker tersebut terdiri atas 3 lapis. Pilih yang terbuat dari bahan-bahan yang direkomendasikan
    3. Cuci tangan dengan sabun atau gunakan hand sanitizer sebelum memakai masker
    4. Kembali cuci tangan dengan sabun atau gunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah mencopot masker
    5. Hindari menyentuh area depan dan samping masker. Jika perlu memperbaiki posisi atau letaknya, lakukan dengan memegang tali masker
    6. Hindari menurunkan masker ke area dagu atau leher. Karena dikhawatirkan terdapat virus di dagu atau leher. Menurunkan masker ke dagu atau leher dapat membuat virus berpindah ke bagian dalam masker. Menggunakan kembali masker yang sudah terkontaminasi virus dapat menyebabkan pengguna masker terinfeksi virus corona
    7. Selalu sediakan masker cadangan
    8. Ganti masker apabila basah atau terlalu lembab
  3. Pakai kendaraan pribadi

    Menggunakan kendaraan pribadi akan mengurangi kontak dan membantu menjaga jarak dengan orang lain.

  4. Bawa hand sanitizer

    Meski di sebagian besar tempat yang akan kita datangi akan disediakan tempat cuci tangan yang dilengkapi dengan sabun. Tapi sayangnya, tempat cuci tangan tersebut seringkali tidak didesain agar tetap steril. Sehingga, berpotensi menjadi media menyebarnya virus.
    Hand sanitizer cegah corona
    Oleh sebab itu, membawa hand sanitizer sendiri adalah pilihan terbaik untuk mengurangi kontak dengan benda-benda berpotensi menjadi media penyebaran virus.

  5. Cuci tangan sebelum masuk ke area pesta

    Kita tidak pernah tahu apa yang ada di telapak tangan kita. Karena itu, mencucinya hingga bersih dengan menggunakan sabun dan air mengalir adalah cara terbaik untuk menghilangkan kotoran maupun sumber penyakit yang ada di telapak tangan.

    Karena itulah, membiasakan diri mencuci tangan sebelum masuk ke pesta atau tempat-tempat tertentu adalah langkah bijak.

    Namun, menggunakannya hand sanitizer yang kamu bawa sendiri sendiri, lebih direkomendasikan dengan alasan yang sama seperti yang telah kami sebutkan pada poin 4.

  6. Terapkan Protokol kesehatan

    Prokes Covid-19

    Kami telah menyebutkan beberapa protokol kesehatan (prokes) pada poin sebelumnya. Diantara yang telah kami sebutkan adalah, membersihkan diri sebelum berangkat, menggunakan masker, dan mencuci tangan. Selain prokes tersebut, berikut adalah beberapa prokes lain yang perlu diterapkan.

    1. Gunakan face shield. Kekuatan masker sebagai tameng mencegah virus akan meningkat apabila kamu menggunakan face shield
    2. Gunakan sarung tangan. Mengenakan sarung tangan memang tidak umum dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Namun, selama new normal. Sarung tangan bisa menjadi opsi pelindung terbaik untuk mencegah penularan virus melalui tangan
    3. Hindari kontak langsung. Hindari bersalaman meskipun dengan saudara atau teman dekat serta orang asing selama berada di tempat acara
    4. Jaga jarak. Selalu jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter
    5. Jangan berlama-lama di tempat acara
    6. Pilih area outdoor dengan sirkulasi udara yang baik dan hindari area indoor yang tertutup dengan sirkulasi darah yang rendah

  7. Pilih waktu lengang

    Datang di waktu-waktu lengang ketika tidak banyak orang yang hadir sangat direkomendasikan. Karena pada saat itu, kamu akan lebih mudah menerapkan protokol kesehatan seperti physical distancing maupun menghindari kontak langsung

  8. Datang lebih awal

    Ada beberapa keuntungan datang lebih awal (pagi hari pertama) ke kondangan. Seperti misalnya,

    1. Alat makan masih bersih karena belum digunakan oleh orang lain
    2. Fasilitas masih steril
    3. Lebih sedikit orang yang hadir

  9. Bersihkan diri setelah pulang dari acara

    Urutan membersihkan diri setelah pulang dari acara kondangan di antaranya adalah:

    1. Cuci tangan atau gunakan hand sanitizer sebelum membuka masker dan baju
    2. Segera cuci baju pesta dan masker yang kamu gunakan menggunakan deterjen dan air panas
    3. Cuci tangan atau gunakan hand sanitizer kembali setelah membuka masker dan baju. Atau setelah menaruhnya (masker dan busana) di tempat cucian
    4. Mandi dengan air mengalir dan gunakan juga sampo serta sabun

  10. Hindari menyentuh dan menggunakan fasilitas umum

    Menghindari menggunakan fasilitas umum seperti toilet, mushola, dan beberapa fasilitas lainnya bisa membantu menghindari penyebaran virus. Gunakanlah fasilitas hanya dalam keadaan darurat tetap patuhi protokol kesehatan seperti yang telah kami sebutkan diatas.

  11. Isolasi dan karantina mandiri
    Inkubasi virus bisa berlangsung selama 2 minggu (14 hari). Jika tertular virus corona selama masa tersebut, (penderita) sering kali merasa sehat dan tidak sakit atau tidak mengalami gejala apapun.

    Demi menghindari penularan penyakit kepada orang lain. Kita harus mau mengisolasi diri sendiri secara sukarela. Hindari kontak dan jaga jarak dengan orang lain selama masa karantina.

Kesimpulan

Menghadiri kondangan saat pandemi tidak begitu direkomendasikan. Karena, kerumunan orang adalah media yang ditengarai menjadi tempat penyebaran virus. Jika harus menghadiri pesta, pastikan kamu menerapkan prokes Covid-19 seperti yang telah kami sebutkan di atas. 

Mulai dari, langsung ganti dan cuci baju pesta sesaat setelah sampai di rumah, selalu gunakan masker dan face shield, biasakan untuk mencuci tangan, jangan lupa membawa hand sanitizer, jaga jarak dengan orang lain, hindari kontak langsung, meminimalisir penggunaan fasilitas umum, dan tinggalkan tempat pesta sesegera mungkin.


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.