Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted by Husnul Khotimah on

Melengkapi artikel kami sebelumnya yang membahas 7 Langkah agar Cantik Alami, berikut kami akan mengulas manfaat dan cara menggunakan buah pisang untuk meningkatkan kesehatan dan kencantikan wajah. Buah pisang (banana fruit) merupakan salah satu jenis buah yang paling populer di seluruh dunia. Tidak hanya karena rasanya yang enak, melainkan, karena buah ini juga memiliki banyak manfaat. Saat berolahraga misalnya, pisang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi karena kaya gula dan karbohidrat. Tidak hanya itu, pisang juga kaya mineral--seperti magnesium yang berperan penting dalam meningkatkan kemampuan tubuh saat berolahraga. Di dunia kecantikan, pisang dikenal sebagai buah yang bisa membantu menjaga kulit agar terlihat awet muda dan sehat. Berbagai manfaat buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan tersebut bisa Anda dapatkan dengan cara mengkonsumsinya setiap hari atau menggunakannya sebagai skin-pack (masker kulit wajah).


Khasiat buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan

 

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Menurut penelitian, pisang aman dikonsumsi setiap hari. Bahkan, buah ini bisa juga dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat alternatif yang sehat selain nasi. Buah ini bisa memberikan rasa kenyang yang yang lebih lama, karena pisang banyak mengandung serat. Manfaat lainnya, pisang bisa digunakan untuk menjaga berat badan ideal atau untuk menurunkan berat badan (diet). Untuk mengetahui lebih banyak khasiat buah ini, berikut adalah ulasan lengkap mengenai manfaat buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan.


Menyehatkan jantung

 

Pisang Menyehatkan jantung


Pisang mengandung potassium dalam jumlah yang tinggi dan sekaligus rendah natrium, merupakan makanan terbaik untuk menjaga kesehatan jantung. Satu buah pisang berukuran sedang bisa memenuhi 9% kebutuhan potasium harian kita, yang sangat bermanfaat untuk:

  • Menjaga agar sel-sel di tubuh kita berfungsi dengan baik

  • Bermanfaat sebagai sumber energi, serta

  • Berguna juga untuk meningkatkan kekuatan kontraksi otot (bisep) dan otot (jantung).

 

Meningkatkan imun tubuh

 

Meningkatkan imun tubuh


Seperti kebanyakan buah dan sayuran, pisang kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan--yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Mengkonsumsi 1 buah berukuran sedang bisa memenuhi 15% kebutuhan vitamin C harian kita. Rutin memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari sangat bermanfaat untuk menjaga level sistem imun tubuh agar tetap prima dalam melawan radikal bebas dan berbagai sumber penyakit, termasuk penyakit jantung dan berbagai macam kanker.


Bermanfaat sebagai energi booster

 

Pisang Bermanfaat sebagai energi booster


Pada saat berolahraga atau ketika melakukan aktivitas berat, kadang-kadang di tengah-tengah aktivitas kita merasa kehabisan tenaga. Pada saat itu, mengkonsumsi buah pisang adalah pilihan tepat. Karena buah pisang bisa membantu meningkatkan energi dalam waktu singkat (energy booster). Terutama pisang hijau yang banyak mengandung gula serta karbohidrat. Namun tidak seperti gula pada umumnya, gula yang bersumber dari pisang bisa langsung diserap oleh tubuh dan masuk ke aliran darah pada saat itu juga. Inilah yang akan membuat tubuh berenergi kembali dalam waktu singkat.


Diet pisang bisa membantu menurunkan berat badan

 

Pisang untuk menurunkan berat badan


Satu buah pisang bisa memenuhi 10% kebutuhan serat harian kita. Kandungan serat soluble dan insoluble serta pati resisten yang terdapat pada buah ini sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Serat soluble misalnya, berguna untuk memperlambat proses mencerna makanan, memperlama rasa kenyang, dan mencegah gula darah naik. Sedangkan serat insoluble, bermanfaat sebagai sumber makanan bagi bakteri baik di dalam usus sehingga buang air besar jadi lebih lancar. Dan yang terakhir, pati resisten. Berguna untuk meningkatkan metabolisme lemak tubuh. Sehingga bobot tubuh mudah turun dan tubuh pun akan jadi lebih mudah langsing.


Sumber nutrisi yang lengkap

 

Nutrisi lengkap


Para ahli kesehatan sepakat bahwa pisang adalah sumber makanan yang sarat akan gizi. Buah ini sarat vitamin esensial dan mineral seperti: kalsium, kalium, magnesium, mangan, zat besi, folat, niacin, vitamin B6, hingga riboflavin. Semua itu berkontribusi besar dalam memaksimalkan fungsi tubuh sekaligus menjaga agar tubuh tetap fit.


Manfaat buah pisang untuk kecantikan kulit

 

Masker pisang untuk kecantikan


Pisang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan apabila dikonsumsi secara rutin (setiap hari). Melainkan, buah yang terasa lezat dan sering digunakan sebagai campuran berbagai macam kue dan roti ini--juga sangat baik apabila dimanfaatkan sebagai obat luar seperti skinpack (masker wajah) misalnya. Berikut adalah 4 manfaat utama pisang untuk kesehatan kulit.

 

  1. Pelembab alami. Pisang bisa dimanfaatkan untuk melembabkan kulit karena kaya kalium dan moisture. Kandungan tersebut akan menghidrasi dan melembabkan kulit yang kering. Efeknya, kulit akan menjadi lebih lentur dan lembut. Jadi, jika Anda memiliki kulit yang kering dan mengelupas, terapkan saja masker buah pisang di seluruh wajah Anda.

    Cara membuat masker buah pisang untuk mengatasi kulit kering:

    • Sediakan satu buah pisang yang sudah matang dan satu mangkok berukuran kecil

    • Lumat atau lembutkan pisang tersebut dengan menggunakan garpu

    • Lalu terapkan ke seluruh kulit wajah (hindari daerah sekitar mata dan mulut)

    • Diamkan selama 10 menit 15 menit kemudian bilas dengan air dingin

  2. Mengontrol kelebihan minyak. Jika Anda memiliki kulit wajah berminyak, Anda bisa memanfaatkan masker pisang untuk mengatasinya. Pisang juga bisa dimanfaatkan sebagai exfoliator untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mengatasi sebum berlebihan. Manfaat tersebut tidak lepas dari kandungan kalium, vitamin A dan vitamin C, serta moisture, yang secara khusus bisa membuat kulit terlihat lebih cerah dan bercahaya. Cara memanfaatkannya:

    • Lembutkan pisang yang sudah matang dengan menggunakan garpu lalu,

    • Tambahkan 1 sdm (sendok makan) madu mentah dan setengah sdt (sendok teh) air lemon (aduk rata)

    • Terapkan ke seluruh bagian kulit wajah selama kurang lebih 10 menit lalu bersihkan dan bilas dengan air dingin

  3. Mengatasi dan mencegah agar jerawat tidak datang kembali. Baik daging pisang maupun kulitnya, bisa dimanfaatkan sebagai obat anti jerawat atau untuk mengatasi agar jerawat tidak datang kembali. Anda bisa langsung menerapkan bagian dalam kulit pisang ke kulit yang berjerawat untuk mengurangi peradangan dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan daging pisang untuk mengatasi jerawat dengan cara:

    • Buatlah masker pisang dengan menumbuk pisang yang sudah matang

    • Tambahkan sedikit bubuk kunyit dan madu

    • Kemudian terapkan di kulit wajah. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin

  4. Menyamarkan bintik bintik hitam atau bintik-bintik gelap. Bintik-bintik gelap di wajah, entah itu bekas jerawat, tahi lalat kecil, bintik-bintik karena usia, atau bintik-bintik hitam karena salah menggunakan kosmetik, semuanya bisa Anda atasi/samarkan dengan memanfaatkan masker pisang. Caranya: Terapkan masker pisang setidaknya dua kali seminggu ke seluruh wajah.

 

Tips kesehatan dan kecantikan


Untuk menjaga kesehatan, para ahli kesehatan merekomendasikan kita untuk berolahraga secara rutin setidaknya 45 menit setiap hari, atau 5 jam dalam seminggu. Karena olahraga tidak hanya bisa membantu merilis stress dan meningkatkan semangat, melainkan, bermanfaat juga untuk menjaga organ tubuh tetap sehat, meningkatkan imun tubuh, mencerahkan kulit, mengatasi berbagai macam penyakit, dan bisa juga membantu menurunkan berat badan.

Pakaian olahraga wanita cantik

 

Jika Anda merasa malas berolahraga, cobalah mencari beberapa ide untuk meningkatkan semangat--agar Anda mau rutin berolahraga. Salah satu caranya adalah dengan membeli pakaian olahraga yang cantik dan trendy. Sehingga, Anda akan terlihat makin kece dan tetap menarik bahkan ketika berkeringat sekalipun. Selain ide tersebut, Anda juga mungkin perlu mengajak teman, entah itu pasangan, tetangga, atau bisa juga teman sekantor. Sehingga, ketika Anda malas olahraga, akan ada orang lain yang mau menyemangati Anda untuk melakukan kegiatan baik ini.


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.