10 Cara Merawat Kecantikan Sendiri Di Rumah Yang Hasilnya Tak Kalah Dari Salon

Posted by Nurus Cantik Menawan on

Merawat kecantikan tidak selalu harus mahal. Kita tetap bisa tampil cantik dan menawan sekalipun hanya mengandalkan perawatan wajah dari bahan alami . Menurut ahli kecantikan (trusted skincare expert) bernama Renée Rouleau yang bekerja sebagai celebrity esthetician untuk Lili Reinhart dan Demi Lovato, ia mengatakan bahwa, rahasia merawat kecantikan sendiri di rumah yang hasilnya tidak kalah dari perawatan di salon ataupun di klinik kecantikan terletak pada, ‘kapan’ dan ‘bagaimana’ kita menerapkannya.

Sebagai contoh, menurut Renée Rouleau setelah mencuci wajah dan mengeringkannya dengan handuk, kulit kita sangat rentan terhadap dehidrasi akibat proses osmosis. Proses penguapan kelembaban biasanya terjadi 60 detik setelah kita mencuci wajah. Itu artinya, selesai mandi atau setelah mencuci wajah, kita memiliki waktu kurang lebih 1 menit untuk menerapkan pelembab yang efektif untuk mencegah dehidrasi pada kulit--sehingga kulit bisa tetap kencang dan lembab.

Meskipun trik ini terkesan sederhana, namun Renée memastikan bahwa cara tersebut telah membuat Demi Lovato hingga Lili Reinhart secara pribadi mengucapkan terima kasih kepadanya karena meskipun sederhana, trik ini bisa membuat kedua artis tersebut terlihat tetap awet muda, segar, dan cantik menawan.

Agar tetap bisa tampil cantik menawan seperti Demi Lovato atau Lili Reinhart, Anda bisa mencoba melakukan 10 cara merawat wajah sendiri di rumah berikut ini.

  1. Mulailah dengan membersihkan wajah dari kosmetik, keringat, hingga debu

cara merawat kecantikan

Image Source : Hello Sehat 

Dalam membersihkan wajah, kita harus menyesuaikan dengan kondisi wajah itu sendiri. Jika Anda menerapkan riasan yang tebal, maka Anda membutuhkan cara membersihkan wajah yang berbeda dengan saat Anda menggunakan riasan tipis. Atau, metode membersihkan muka yang berbeda juga perlu diterapkan pada wajah yang tidak mengandung riasan.

  • Untuk make up yang tebal dan yang mengandung tabir surya, agar bisa bersih lebih sempurna, kita perlu menerapkan pencucian kulit dua tahap. Yang pertama, harus menggunakan minyak pembersih atau pembersih berbahan dasar minyak yang fungsinya adalah untuk meluluhkan riasan. Kemudian, diikuti dengan pembersih berbasis air seperti busa atau gel yang dapat membersihkan pori-pori hingga ke bagian dalam.

Sedangkan untuk riasan tipis, Anda bisa menerapkan lotion pembersih yang ringan, bersifat larut dalam air, dan dilengkapi dengan pengemulsi. Ketika menerapkannya, jangan lupa untuk memijat-mijat kulit wajah dengan menggunakan ujung jari dengan gerakan melingkar selama 30 detik. Cara ini cukup efektif untuk membersihkan dan menyingkirkan minyak maupun silikon yang terkandung pada make up. Sebelum kemudian dilanjutkan dengan mencuci dan memijat wajah menggunakan air hangat, lalu keringkan.

2. Jangan biarkan kulit kering hingga 60 detik setelah dicuci

cara merawat kulit wajah

Image Source : Megazine.Job-Like

Sel-sel kulit kita membutuhkan air untuk tetap hidup. Tanpa air, kesehatan kulit akan terganggu. Semakin sering kita mencuci wajah, resiko kehilangan kelembaban kulit tentu akan lebih tinggi. Karena itu, kita perlu menerapkan pelembab di saat yang tepat. Misalnya, setelah mencuci wajah yang menyebabkan wajah menjadi kering dan mengalami dehidrasi.

Seperti yang telah disampaikan di atas, setelah mencuci wajah, kulit rentan mengalami dehidrasi. Karena itu, jangan pernah membiarkan kulit mengalami kekeringan dan kehausan lebih dari 60 detik--jika Anda ingin memiliki kulit yang lembab dan kencang.

Agar kulit tak mengalami dehidrasi, segera terapkan toner bebas alkohol untuk menghantarkan air ke sel-sel yang kehausan--karena mengalami kekeringan setelah proses pencucian wajah. Lalu ikuti dengan menerapkan serum ataupun pelembab favorit Anda.

  1. Jangan abaikan kulit leher dan dada

cara merawat kecantikan kulit leher dan dada

Image Source :Facetofeet 

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak wanita saat melakukan perawatan kecantikan sendiri di rumah adalah, mereka kerap melupakan area kulit leher dan dada--dan hanya fokus pada kulit wajah saja. Padahal, leher dan dada adalah perpanjangan dari wajah kita sehingga tidak boleh diabaikan begitu saja.

Yang perlu Anda tahu adalah, kulit leher lebih tipis dibandingkan dengan kulit wajah. Dan, kulit leher juga cenderung sering terpapar sinar matahari langsung, terutama jika Anda tidak memakai hijab/jilbab hingga kulit leher terlihat lebih gelap dibandingkan dengan kulit wajah. Menyebabkan kulit kita jadi terlihat belang.

Untuk perawatan kulit leher dan dada, Anda bisa mencoba menerapkan beberapa tips berikut ini.

  • Jangan lupa mengoleskan tabir surya ke bagian leher, terutama di bagian tengkuk serta bagian-bagian yang terbuka, termasuk area dada setiap kali membutuhkannya
  • Saat melakukan eksfoliasi menggunakan scrub, terapkan juga ke bagian leher (secara memutar ke belakang) untuk mengelupas sel-sel kulit yang sudah mati
  • Terapkan produk perawatan kulit berbahan retinol untuk bagian leher dan dada secara rutin agar kulit di bagian ini lebih halus
  1. Menerapkan make up di siang hari juga termasuk cara merawat kecantikan

merawat kecantikan dengan make up

Image Source : Makeup

Sekalipun berada di rumah, Anda tak perlu ragu untuk tampil cantik dan menawan. Pasalnya, orang-orang di sekitar Anda tentu akan lebih suka melihat Anda terlihat cantik dibandingkan dengan tampil biasa-biasa saja, bukan?

Memanfaatkan make up untuk merawat kecantikan memang terdengar aneh, akan tetapi jika Anda membaca ulasan di bawah ini, segera Anda akan menyadari bahwa make up memiliki peranan yang sangat penting dalam proses perawatan kecantikan.

Saat berada di rumah, Anda tidak membutuhkan make up yang tebal, sebaliknya Anda hanya membutuhkan make up yang tipis, dan sebisa mungkin pilihlah make up yang bisa memberi asupan nutrisi untuk kulit.

  1. Hindari melakukan eksfoliasi setiap hari

eksfoliasi kulit wajah

Image Source : Fimela

Mengangkat sel kulit mati setiap hari tidak direkomendasikan karena dapat membuat kulit menjadi sangat tipis, lebih berminyak, kering, dan mudah mengalami tanda-tanda penuaan. Jika ingin melakukan pengelupasan kulit, cobalah membatasinya 3 kali dalam seminggu.

Mengangkat sel kulit mati bisa dilakukan dengan menggunakan scrub buatan sendiri. Misalnya dengan menggunakan campuran gula pasir dan madu. Meski demikian, bahan yang dipilih juga perlu disesuaikan dengan jenis kulit.

  • Untuk kulit normal, Anda bisa menggunakan campuran masing-masing 1 sdt oatmeal giling, madu, dan susu
  • Untuk kulit berminyak, exfoliator alami bisa dibuat dari campuran 1 sdt gula pasir, madu, dan air dan an
  • Kulit kering sangat dianjurkan menggunakan exfoliator alami yang terbuat dari campuran 1 sdt almond giling, madu, dan minyak zaitun
  1. Jangan lupa menerapkan tabir surya sebelum keluar rumah

menggunakan tabir surya untuk wajah

Image Source : Kholic

Sinar UV yang berasal dari matahari merupakan musuh terbesar kulit kita. Karena itu, sekalipun cuaca mendung, apabila akan keluar rumah, pastikan Anda menerapkan tabir surya terlebih dahulu.

Tidak ada kata terlambat. Sekalipun Anda selama ini mungkin jarang atau tidak pernah menerapkan tabir surya, jangan ragu untuk memulainya saat ini juga. Karena dengan menggunakan tabir surya, kita akan memberikan kesempatan bagi sel-sel kulit bebas dari sinar UV sehingga bisa memperbaiki dirinya sendiri.

  1. Selalu sediakan serum vitamin C yang larut dalam air dan minyak

serum vitamin c untuk wajah

Image Source : Grid.ID

Manfaat menerapkan serum vitamin C yang bisa larut di dalam air dan minyak adalah untuk memberikan perlindungan antioksidan bagi sel-sel kulit.

  1. Mumpung di rumah, terapkan masker wajah alami untuk merawat kecantikan

masker wajah alami

Image Source : Skin 

Masker wajah alami apabila diterapkan dengan benar bisa membantu mengatasi berbagai masalah pada kulit, bisa membuat kulit menjadi lebih rileks, dan bisa menjadi sumber nutrisi dan pelembab yang sangat dibutuhkan oleh sel-sel.

Menurut Dr. Adriana Lombardi, menerapkan masker bisa dilakukan kapanpun dan tetap akan memberikan dampak yang positif bagi kulit wajah maupun tubuh secara keseluruhan.

Kandungan yang terdapat di dalam masker sudah pasti bisa menembus kulit dan masuk ke sel-sel layaknya lotion yang kita gunakan setiap hari. Disamping itu, masker juga secara tidak langsung memiliki fungsi sebagai pelindung wajah.

  • Untuk kulit kering, pilihlah masker yang dapat menghidrasi kulit seperti campuran madu dan pisang matang
  • Untuk kulit berminyak, Anda bisa menerapkan masker putih telur yang dicampurkan dengan oatmeal dan sebaiknya diterapkan selama 10 s/d 15 menit saja
  • Untuk kulit wajah sensitif atau kulit kombinasi, Anda bisa menerapkan perpaduan masker alami yang terbuat dari madu dan jus wortel atau mentimun
  1. Lakukan perawatan dari dalam

cara merawat kulit dari dalam

Image Source : Lensa Banten

Fokus menjaga kecantikan bagian luar saja tidaklah cukup. Kita juga perlu memelihara agar kulit tetap halus dan lembut, lembab, serta sehat, dari dalam. Caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi serta menghindari makanan yang berpotensi menyebabkan kulit mudah mengalami penuaan, kerusakan, atau iritasi.

Minum air putih 8 gelas per hari atau lebih jika Anda membutuhkannya; mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan; hingga mengkonsumsi makanan sehat yang berasal dari biji-bijian, kacang-kacangan (nuts), hingga lemak sehat seperti ikan ataupun buah alpukat; merupakan cara untuk merawat kulit dari dalam.

Sebaliknya, hindari atau kurangi mengkonsumsi makanan yang digoreng serta hindari juga mengkonsumsi makanan yang terbuat dari daging olahan, makanan-makanan yang rendah nutrisi atau yang biasa disebut junk food, hingga minuman bersoda atau berkarbonasi dan mengandung banyak pemanis dan bahan sintetis.

  1. Berikan kesempatan kepada sel-sel kulit untuk melakukan regenarasi dan beristirahat

tidur untuk regenerasi kulit

Image Source : Beautynesia

Tidur adalah cara terbaik untuk memberikan kesempatan pada sel-sel kulit kita untuk melakukan regenarasi. Sehingga, kulit akan tetap awet muda dan sehat serta kencang dalam jangka waktu yang lebih lama.

Manfaat tidur tak hanya baik untuk meregenerasi sel, tapi juga bisa membantu mencegah keriput, memberikan kesempatan bagi tubuh untuk memproduksi melatonin, memulihkan otot internal yang mungkin pegal akibat olahraga atau aktivitas selama di rumah, serta memberikan kesempatan bagi kulit untuk memproduksi kolagen agar awet muda.

Kesimpulan Cara Merawat Kecantikan di Rumah Sendiri dengan Hasil yang Tak Kalah dari Salon

Memelihara kecantikan itu ibarat lari marathon, bukan sprint. Itu artinya, merawat kecantikan perlu dilakukan secara konsisten dan continue. Dan tentu saja, hasilnya tak akan datang secara instan. Merubah kebiasaan-kebiasaan kecil yang merugikan, dan menggantinya dengan melakukan kebiasaan baik, meskipun terdengar sederhana pasti akan memberikan pengaruh yang positif. Karena merawat kecantikan adalah proses jangka panjang. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk melakukan perubahan positif, mulai dari membiasakan diri berolahraga, minum cukup air setiap hari, rutin menerapkan pelembab hingga tabir surya, dan beristirahat cukup dengan tidur antara 6 s/d 8 jam per hari.


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.