8 Peralatan Mandi yang Wajib Anda Miliki untuk Merawat Kecantikan

Posted by Dea Cantik Menawan on

Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik selain melalui perawatan kulit secara alami menggunakan bahan tradisional  seperti yang telah kami tulis pada artikel sebelumnya, merawat bagian tubuh terluar ini juga bisa dilakukan pada saat mandi. Mandi yang kita lakukan minimal 1 kali sehari dan umumnya kita lakukan 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore hari adalah kegiatan rutin.

Namun seperti kegiatan rutin lainnya, mandi selalu kita lakukan begitu-begitu saja. Hampir tidak ada hal spesial yang kita lakukan pada saat mandi. Padahal, mandi bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan.

mandi untuk kecantikan

Kita bisa menambahkan nilai 'plus' pada saat mandi untuk meningkatkan kecantikan dengan memaksimalkan berbagai bentuk peralatan mandi. Sehingga, kita tidak hanya mendapatkan manfaat untuk membersihkan tubuh, tapi juga untuk menjaga kecantikan.


Merawat kecantikan melalui kegiatan mandi

Sebelum masuk ke kamar mandi, sesekali cobalah untuk menyiapkan beberapa perangkat-mandi yang bisa dimanfaatkan untuk membuat acara mandi jadi lebih menyenangkan dan lebih intens. Agar acara mandi tidak hanya berfungsi untuk membersihkan tubuh, berikut adalah 9 peralatan mandi yang wajib anda miliki Dan gunakan agar terlihat lebih cantik dan menarik setiap hari.


Spons/puff

Spons adalah peralatan wajib yang harus kamu miliki. Aslinya, spons terbuat dari sejenis tumbuhan (Karang) laut. Namun kini sebagian besar spons mandi terbuat dari bahan sintetis. Spons bisa membantu membersihkan tubuh lebih baik dibandingkan hanya dengan menggosok menggunakan tangan. Selain daki, alat ini juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati.

Video: Namun spons juga bisa jadi sarang bakteri apabila tidak dirawat dan dibersihkan dengan benar. Nah, jika anda terbiasa mandi dengan menggunakan spons, perhatikan beberapa tips berikut ini untuk menjaga agar spons tetap bersih.
  • Gantilah spon mandi secara rutin setiap beberapa bulan sekali

  • Jangan gunakan puff untuk badan di wajah

  • Rendam spons dengan air panas yang dicampur satu sdm- (sendok makan) air lemon setidaknya seminggu sekali selama 15 menit

  • Selesai digunakan, cucilah spons hingga bersih Lalu peras dan keringkan di luar kamar mandi. Jangan biarkan spons dalam keadaan lembab terlalu lama agar tidak menyerap bakteri


Mittens

Peralatan mandi untuk merawat kecantikan

 

Mittens adalah sejenis sarung tangan yang biasanya terbuat dari serat sisal bertekstur kasar. Fungsi utamanya adalah untuk eksfoliasi (mengangkat sel kulit mati) sekaligus untuk membersihkan tubuh. Selain itu, sarung tangan mandi ini juga bermanfaat untuk memberikan pijatan pijatan lembut pada kulit yang akan memberikan perasaan rileks.

Cara menggunakannya, setelah dibasahi dengan air kemudian tuangkan cleansing gel cair atau Sabun Mandi cair lalu gosok tubuh secara lembut.


Sikat punggung

Sikat punggung atau back brush biasanya dirancang dengan tangkai yang panjang agar bisa digunakan untuk menjangkau kulit bagian punggung yang sukar dijangkau dengan menggunakan tangan. Sehingga, tidak hanya bagian-bagian tubuh yang mudah dibersihkan saja yang akan menjadi bersih dan terawat melainkan bagian-bagian yang sulit dijangkau pun juga ikut terawat.


Tips menggunakan sikat tubuh untuk mandi

  • Hindari menggosok terlalu keras agar kulit tidak luka atau teriritasi

  • Pilihlah sikap yang kualitasnya baik. Ciri-ciri sikat mandi berkualitas baik adalah: serabutnya terbuat dari sisal yang lembut dan tidak terlalu kasar serta tidak mudah tercabut

  • Jangan menyikat bagian kulit yang mengalami luka terbuka

  • Jangan menyikat wajah karena kulit tubuh lebih kasar dibandingkan dengan kulit wajah


Loofah

peralatan mandi untuk kecantikan

 

Loofah yang alami terbuat dari tanaman labu yang dikeringkan. Fungsinya kurang lebih sama seperti spons mandi. Yaitu, untuk membantu kita membersihkan tubuh dengan lebih mudah. Selain itu, loofah juga berfungsi sebagai exfoliator untuk meluruhkan sel-sel kulit mati yang tidak terangkat secara sempurna ketika kita menggosok tubuh dengan tangan.


Back stip

Bentuk alat mandi ini tampak seperti handuk berupa lembaran kain yang memanjang dan memiliki pegangan pada kedua ujungnya. Alat ini bisa kita manfaatkan untuk menggosok bagian punggung dengan cara menggesek-gesekkan dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah. Fungsinya kurang lebih sama dengan sikat punggung.


Hand roller

Hand roller adalah alat mandi yang bisa kita manfaatkan untuk memperlancar aliran darah sekaligus menstimulir darah serta kelenjar limfatik. Keuntungan menggunakan alat ini adalah, bagian-bagian yang dipijat menggunakan hand roller akan berubah lebih kencang dan mengurangi selulit.

Cara menggunakan hand roller sangat sederhana. Anda hanya perlu menggenggam alat ini dengan menggunakan tangan lalu luncurkan di sepanjang paha sampai betis. Agar lebih efektif, barangnya penggunaan hand roller dengan krim atau gel anti selulit.


Foot roller

Alat ini bisa kita manfaatkan untuk mengganti pijat reflexology. Cara memanfaatkannya, anda hanya perlu meletakkannya di lantai kemudian injak dengan telapak kaki lalu gulirkan ke depan dan ke belakang sehingga telapak kaki akan mendapatkan pijatan lembut dari alat ini.


Tips menggunakan spons, mittens, dan loofah

Agar kulit tidak teriritasi atau terluka, terlebih dahulu basahi tubuh lalu sabun lah seluruh tubuh terlebih dahulu. Kemudian terapkan juga sabun cair atau shower gel pada alat mandi sebelum digosokkan ke seluruh tubuh. Agar hasil lebih maksimal, gosokan alat mandi tersebut dengan gerakan melingkar dari luar tubuh ke arah pusat (jantung). Manfaatnya adalah untuk menstimulasi aliran darah sehingga darah akan menjadi lebih lancar dan kulit pun akan jadi lebih kencang serta terlihat lebih segar.

Selain manfaat tersebut, cara ini akan membuat tubuh jadi lebih segar dan sehat. Setelah menggunakannya, bilas hingga tidak ada sisa busa lalu keringkan di tempat yang bersih, kering, serta hangat.


Tips tampil cantik sempurna

Setelah acara mandi untuk membersihkan tubuh dan merawat kecantikan selesai, keringkan tubuh dan wajah dengan menggunakan handuk yang bersih. Hindari menggosok-gosokkan handuk dengan kasar, sebaliknya, gunakanlah untuk mengeringkan sisa air di tubuh dengan cara ditepuk-tepukkan. Lanjutkan dengan menerapkan pelembab pada kulit tubuh maupun kulit wajah Karena sabun yang kita gunakan menyebabkan kelembaban kulit terkikis.

Setelah itu, bungkus tubuhmu dengan busana yang trendy dan berkualitas. Pilihlah yang terbuat dari bahan-bahan terbaik dan bergaya kekinian. Selain memilih busana yang cantik, jangan lupa mengenakan aksesoris yang dapat membuat Penampilanmu makin sempurna seperti, jam tangan cantik untuk wanita, tas favorit, sepatu; serta beberapa perhiasan yang sebaiknya tidak berlebihan seperti gelang, kalung, cincin, dan anting.

 

 


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.