7 Gaya (Style) Rambut yang Layak Anda Coba

Posted by Husnul Khotimah on

Gaya rambut bukan hanya sekedar pelengkap penampilan agar terlihat menarik, namun model rambut juga bisa dimanfaatkan untuk memunculkan karakter kita yang sesungguhnya. Beberapa orang sengaja mengubah penampilan rambut untuk membuat wajah mereka terlihat lebih cantik, dewasa, atau lebih muda. Selain manfaat di atas, 7 gaya (style) rambut yang layak Anda coba berikut ini bisa juga dimanfaatkan untuk mengurangi rasa gerah dan/atau untuk meningkatkan rasa percaya diri.

7 Gaya (Style) Rambut yang Layak Anda Coba

Dari waktu ke waktu, haircut style terus mengalami perubahan. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga, gaya rambut yang dahulu pernah eksis beberapa dekade sebelumnya, saat ini kembali nge-trend. Karena, baik fashion maupun gaya potongan rambut, keduanya saling melengkapi dan berputar layaknya roda. Model rambut yang mungkin saat ini sedang hits bisa saja beberapa puluh tahun kemudian kembali diminati, tentunya dengan perubahan dan penambahan gaya di sana-sini.

Ngomong-ngomong soal style rambut, kadang kita merasa bingung menentukan gaya rambut seperti apa yang cocok kita adopsi? Apakah rambut pendek, berponi, bob style, shaggy, keriting, bergelombang, mermaid hairstyle, lurus, atau pixie?

Banyaknya pilihan model rambut yang bisa diterapkan kadang-kadang bikin kita kebingungan. Alih-alih mencoba salah satunya, kadang kita malah terjebak di model rambut yang itu-itu aja-karena kita anggap gaya itulah yang paling cocok dan paling banyak disukai (atau paling sering dipuji) oleh teman-teman.

Padahal, menerapkan potongan rambut baru bisa saja membuat karakter, aura, sifat, peruntungan, hingga bawaan kita jadi ikut berubah.

Nah, bagi Anda yang ingin tampil lebih cantik dengan gaya rambut baru yang lagi ngetrend atau hanya sekedar ingin coba-coba saja, Anda wajib mengidentifikasi terlebih dahulu bentuk wajah Anda.

Mengapa kita perlu mengenali bentuk wajah sebelum memilih gaya rambut?

Karena rambut bisa dimanfaatkan untuk mengubah fitur wajah sehingga wajah yang tadinya bulat bisa terlihat lebih oval, atau wajah yang aslinya berbentuk kotak bisa terlihat sedikit membulat.

Berikut adalah beberapa pilihan hair cut untuk perempuan saran dari para desainer rambut terkemuka di dunia, yang dianggap paling cocok untuk berbagai bentuk wajah.


7 Gaya Rambut yang Layak Anda Coba


Model rambut yang cocok untuk wajah oval


Kalau Anda punya wajah berbentuk oval, beberapa gaya rambut yang bisa Anda terapkan dan akan terlihat cocok di antaranya adalah:
  • Medium length hair. Adalah potongan rambut dengan panjang sebahu atau sedikit lebih panjang, berbentuk lurus dengan belahan di samping kiri atau kanan.

  • Potongan rambut yang sesuai untuk bentuk wajah oval yang kedua, pilihannya adalah light waves haircut. Anda yang ingin terlihat lebih modern bisa mencoba model rambut light waves. Rambut setengah lurus dan setengah bergelombang (tengah hingga bagian akhir rambut) ini akan terlihat sangat menarik jika dipadukan dengan muka oval

  • Pilihan ketiga adalah bob haircut yang akan membuat wajah terlihat lebih fresh dan muda. Model rambut yang satu ini, banyak dipilih oleh wanita karir karena terkesan modern, mudah diatur, simple, sekaligus terlihat sedikit agak formal


Model rambut yang cocok untuk wajah bulat


Jika Anda punya wajah bulat, Anda tetap bisa tampil menawan dengan beberapa pilihan model rambut kekinian seperti: long wavy ponytail hingga long fringe.

7 Gaya (Style) Rambut yang Layak Anda Coba

Rambut lurus memang sangat cocok apabila diterapkan pada wajah berbentuk bulat karena bisa membantu membuat wajah terkesan lebih ramping. Sebaliknya, model wajah bulat tidak dianjurkan untuk memotong rambut hingga terlalu pendek, seperti model bob, karena akan membuat muka semakin terlihat bulat.

  • Style rambut berdasarkan bentuk wajah yang cocok untuk wajah bulat yang pertama adalah a long straight hair. Sesuai dengan namanya, model rambut ini lurus dan panjang. Biasanya dibiarkan menjutai untuk menutupi sisi wajah sebelah kiri dan kanan. Fungsinya adalah untuk membuat wajah yang tadinya bulat terlihat lebih kotak.

  • Kalau Anda suka dengan model rambut dengan kesan alami, Anda bisa mempertimbangkan long fringe hairstyle. Model rambut ini sedikit bergelombang sehingga kesan alaminya lebih menonjol dibandingkan dengan long straight.

  • Kalau Anda kebetulan sudah menerapkan gaya long fringe, dan merasa bosan serta ingin ganti gaya, mungkin Anda akan tertarik untuk melakukan sedikit memodifikasi menjadi long wavy ponytail.

  • Model rambut yang ketiga ini akan membuat wajah terlihat sedikit lebih panjang, namun dengan area ekspose yang luas sehingga karakter asli wajah tidak terlalu banyak berubah


Tren rambut pria cocok untuk wajah persegi panjang


Gaya rambut terbaru yang layak dicoba oleh pemilik wajah persegi panjang di antaranya adalah: long hair with fringe, medium waves with fringe, atau bob haircut with fringe. Ketiga model rambut tersebut bermanfaat untuk menyamarkan wajah yang punya sudut kaku dan tegas, sehingga terlihat sedikit lebih bulat dan lembut.
  • Long hair with fringe adalah model rambut panjang dan lurus dengan poni

  • Untuk pilihan yang lebih alami, medium waves with fringe bisa Anda coba

  • Kalau Anda ingin terlihat lebih stylish dan simple, Anda bisa mencoba model bob with a fringe


Gaya rambut wanita terbaru untuk wajah kotak

Wajah berbentuk kotak dengan sudut yang jelas--wajib mencoba beberapa potongan rambut yang bisa membuat sudut-sudut tersebut jadi lebih samar dan halus. Pipi adalah area yang perlu ditutupi dengan menggunakan rambut untuk memanipulasi wajah dengan shape kotak agar terlihat sedikit lebih membulat.
  • Pilihan haircut untuk wajah kotak yang pertama adalah multiple layers. Potongan rambut dengan layer adalah pilihan tepat jika Anda kebetulan punya rambut lurus yang cantik. Model ini akan membuat wajah Anda terlihat lebih dinamis, lebih muda, dan aktif

  • Long curly adalah pilihan potongan rambut selanjutnya yang bisa Anda terapkan jika ingin tampil lebih alami. Model rambut ini bergelombang di bagian ujungnya atau keriting mulai dari pangkal rambut hingga ujung rambut

  • Short sideways fringe bisa Anda terapkan untuk menciptakan ilustrasi wajah yang lembut pada muka berbentuk kotak. Dengan poni menyamping, wajah tidak akan terlihat lebih lembut dan tidak terlalu kaku


Potongan rambut untuk wajah model diamond


Style rambut yang layak Anda coba jika Anda memiliki wajah berbentuk diamond di antaranya adalah: pixie haircut, medium length with tick fringe, atau medium length with side parting. Ketiga model rambut tersebut akan membuat wajah Anda tidak terlalu lancip.
  • Pixie style haircut sangat cocok Anda aplikasikan apabila ingin tampil sedikit lebih maskulin dan modern. Model rambut ini bisa memunculkan kesan ceria, bebas, sekaligus santai

  • Kalau Anda kebetulan punya rambut yang agak lurus dan panjang, Anda bisa mempertimbangkan potongan rambut model medium length with tick fringe. Model rambut ini adalah kebalikan dari pixie haircut yang maskulin. Dengan gaya medium length with tick fringe Anda akan terlihat cantik mempesona dan sangat feminim

  • Untuk pilihan ketiga sekaligus yang lebih alami, Anda bisa mencoba tren gaya rambut bergelombang dengan poni untuk menciptakan ilustrasi wajah oval. Dengan model rambut ini wajah Anda yang berbentuk diamond akan tampil lebih lembut dengan aura wajah yang lebih mature

Agar penampilan anda makin lengkap, gunakan berbagai aksesoris yang cocok dengan warna kulit anda mulai dari gelang kalung, cincin, hingga anting-anting. Lihat di sini beberapa contoh perhiasan yang direkomendasikan untuk menyempurnakan penampilan.


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.