10 Tips Beli Jam Tangan Wanita untuk Tampil Modis

Posted by Husnul Cantik Menawan on

Memperbaiki penampilan agar terlihat lebih modis sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Hanya dengan mengubah style outfit, mengubah warna rambut, atau dengan mengenakan aksesoris seperti jam tangan, sebenarnya sudah bisa mengupgrade penampilan. Tapi, mengapa penampilan itu penting? 

Pada dasarnya, kita semua menghargai penampilan yang menarik. Entah itu di dunia kerja ataupun dalam interaksi sosial sederhana sekalipun. Penelitian telah membuktikan bahwa, orang yang tampil menarik cenderung, lebih dihargai, dipercaya, diperlakukan dengan baik, dan lebih mudah diterima.

Untuk tampil menarik, mengenakan jam tangan adalah salah satu caranya. Agar bisa memilih jam yang tepat, coba terapkan tips beli jam tangan wanita agar tampil modis berikut ini.

Jam Tangan Wanita

Tidak dapat disangkal apabila desain jam tangan pria dan wanita pada awalnya sangat mirip. Karena memang, dahulu jam tangan untuk perempuan dibuat berdasarkan desain jam tangan pria. 

Para desainer biasanya hanya menambahkan beberapa aksesoris untuk membuat jam wanita terlihat lebih feminim. Seperti, menambahkan aksesoris batu mulia ataupun bentuk hiasan kupu-kupu yang lucu misalnya.

Namun semua itu berubah karena wanita modern menginginkan lebih dari sekedar jam tangan pria yang ditempeli aksesoris feminim. Mereka menginginkan arloji yang sesuai dengan gaya hidup mereka.

Mereka menginginkan desain jam yang terlihat lebih cantik, tali jam yang lucu, dan desain yang benar-benar mencerminkan keindahan seorang wanita.

Meski demikian, Beth Hannaway, seorang kepala perhiasan dan jam tangan di Harrods Limited mengatakan bahwa, memilih jam tangan tidak melulu harus berdasarkan gender.

Karena di era modern ini, banyak wanita yang menyukai jam tangan pria. Dan, tidak sedikit pria yang membeli jam tangan yang pada awalnya didesain untuk wanita--seperti jam tangan Chanel model J12 misalnya.

Chanel model J12

Tampil Modis dengan Jam Tangan

Kalau kamu ingin tampil modis dengan menggunakan jam tangan. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membeli. Jangan sampai, jam tangan pilihanmu justru membuat Penampilanmu Jadi terlihat berantakan. Nah, agar tak salah beli jam tangan, beberapa tips berikut ini sebaiknya kamu ingat.

1. Utamakan gaya daripada merk

Di era modern ini, seringkali model jam tangan lebih menarik perhatian daripada mereknya. Terbukti, tidak jarang seorang wanita terlihat lebih menyukai jam tangan buatan desainer seperti Calvin Klein dibandingkan buatan perusahaan jam tangan mewah kelas atas seperti Rolex. Mengapa?

Jam tangan wanita merk Calvin Klein

Karena memilih gaya atau desain sebuah jam tangan itu sangat penting dalam dunia fashion dan lifestyle modern.

Misal, kalau kamu adalah wanita yang aktif travelling. Kamu akan sangat cocok mengenakan jam tangan model kasual. Jam tangan kasual pada umumnya ditandai dengan bentuk plat yang tidak terlalu tebal.

Jam tangan kasual juga tidak dilengkapi dengan aksesoris atau perhiasan, yang jelas akan terlihat kurang ideal untuk pemakaian sehari-hari atau tidak sesuai dengan baju kerja.

Jam tangan kasual cewek

Sedangkan wanita yang aktif berolahraga cenderung lebih cocok menggunakan jam tangan yang fungsional. Seperti jam tangan digital yang dapat mengukur detak jantung dan memberikan berbagai informasi penting lainnya seputar kesehatan. Umumnya, jam tangan sporty adalah jam tangan yang mudah dibaca dan dibekali dengan plat yang agak tebal.

Jam tangan sporty untuk cewek aktif

Di sisi lain, seorang wanita yang suka tampil elegan dan berkelas, akan terlihat sangat pantas jika memilih jam tangan yang didesain layaknya sebuah perhiasan. Dekorasi jam tangan mereka cenderung lebih indah dan berornamen agar terkesan elegan dan mahal.

Jam luxury wanita

Untuk fashionista. kamu akan sangat cocok jika menggunakan jam trendi seperti yang banyak dirilis oleh brand fashion ternama. Jam tangan ini biasanya adalah jam tangan yang cocok digunakan dengan dress code casual dan acara-acara formal. Penekanan jam tangan para fashionista biasanya terletak pada tren, daya tarik visual, dan (sedikit) pada merek.

Jam tangan fashion

2. Ukuran jam tangan dan pergelangan

Lingkar pergelangan tangan wanita biasanya berukuran sekitar 12 cm hingga 17 cm. Dan ukuran jam tangan wanita pada umumnya berkisar antara 22 mm hingga 34 mm (tergantung model dan atu desain).

Ukuran jam tangan wanita

Kalau kamu punya tangan yang agak mungil, jam tangan berukuran 22 mm s/d 28 mm akan lebih cocok untuk kamu kenakan. Sedangkan jam tangan berdiameter 28 mm hingga 34 mm umumnya lebih cocok digunakan oleh kamu yang punya ukuran tangan agak besar.

3. Jam tangan analog vs digital (smart watch)

Perbedaan paling mencolok dari jam tangan digital dan Analog terletak pada tampilannya. Jam tangan analog akan menampilkan waktu melalui jarum jam. Sedangkan jam tangan digital, Akan menampilkan waktu dalam bentuk digit angka melalui layar LCD, LED, atau VFD.

Jam tangan digital juga umumnya didesain lebih futuristik sesuai dengan era saat ini yang terkesan lebih maju. Jam tangan digital lebih akurat dalam menghitung waktu dan dapat menampilkan waktu hingga ke mode milidetik.

jam tangan analog wanita

Sedangkan jam tangan analog yang dianggap sebagai representasi tradisional, umumnya hanya akan menampilkan waktu hingga ke mode detik saja.

Meskipun tujuan utama membeli jam tangan analog atau pun digital adalah untuk mengetahui waktu. Namun, kedua jenis jam tangan ini memiliki fungsi dasar yang berbeda.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Secara umum, jam analog masih lebih disukai oleh sebagian banyak fashionista dibandingkan dengan jam digital. Alasannya adalah, karena jam analog terkesan lebih kasual, dewasa, elegan, serta terlihat lebih klasik. jika harus mengenakan jam tangan digital, umumnya para fashionista akan memilih smartwatch.

4. Strap atau tali jam

Ada beberapa jenis strap yang digunakan pada jam tangan cewek. Ada yang menggunakan stainless steel tahan karat, karet, kulit, atau kombinasi emas dan platinum.

Sedikit berbeda dengan strap jam tangan pria, strap jam tangan wanita umumnya didesain lebih ramping. 

Tak jarang, strap jam tangan cewek berukuran sangat kecil hingga menyerupai sebuah gelang. Pilihan ini sangat cocok bagi kamu yang menginginkan jam tangan paling feminim.

Sedangkan jam tangan dengan tali kulit adalah pilihan tepat bagi kamu yang ingin tampil gaya dan elegan ingin terlihat lebih kasual.

Kalau kamu ingin terlihat sedikit lebih formal, kamu bisa memilih jam tangan yang dilengkapi dengan stainless steel mesh strap atau model rantai (chain strap).

5. Material dan warna

Hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan ketika membeli jam tangan wanita adalah, tampilan dan material pembuatannya.

Meski emas masih menjadi material jam yang paling diinginkan. Namun faktor harga membuat jam tangan emas hanya bisa dibeli oleh kalangan tertentu.

Karena itu, memilih jam tangan yang terbuat dari stainless steel (baja anti karat) adalah pilihan tepat jika ingin jika kamu menginginkan harga jam tangan murah.

Jam tangan perhiasan

Untuk warna, jam tangan warna emas atau rose gold kerap dipilih karena terlihat lebih feminim. Selain warna emas, warna-warna yang menjadi favorit banyak wanita diantaranya adalah, warna silver, emas putih, dan emas merah muda.

Jam tangan berwarna putih atau silver umumnya lebih cocok digunakan oleh wanita yang berkulit cerah atau wanita yang sering memakai pakaian berwarna terang.

Sebaliknya, jam tangan berwarna gelap seperti warna hitam. Cocok sekali digunakan oleh wanita yang juga berkulit gelap atau kecoklatan (sawo matang atau kuning langsat).

Jika menginginkan warna-warna netral, yang bisa cocok digunakan untuk berbagai warna kulit, sebaiknya pilih jam tangan berwarna perak atau krem.

Kalau kamu menginginkan jam tangan yang terkesan lebih halus dan sopan, cobalah untuk memilih warna emas dan warna platinum. Warna ini memiliki aura yang lebih lembut dibandingkan dengan warna ekstrim seperti warna hitam atau warna putih.

Kesimpulan

Sebelum memutuskan membeli jam tangan wanita modis dan keren. Pastikan kamu mengidentifikasi warna kulit dan koleksi busanamu di lemari.

Pasalnya, pemilihan warna sangat berpengaruh terhadap cocok tidaknya jam tersebut saat kamu kenakan. Jadi, selain mempertimbangkan desainnya, pastikan kamu mempertimbangkan warnanya. Agar, jam tersebut terlihat cocok dengan kulit dan pakaian yang kamu gunakan. Dengan begitu, jam yang melingkar di pergelangan tanganmu akan membuat kamu tampil lebih modis dan trendy.


Share this post



← Older Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.